Astaga! Bak Orang Kaya Mah Bebas, Heboh Konvoi Mobil Mewah Berhenti di Tol Ganggu Pengguna Jalan Lain, Ini Alasan Polisi Tak Berikan Sanksi Tilang

Selasa, 25 Januari 2022 | 11:39
Tribunnews

Ganggu pengguna jalan lain, konvoi mobil mewah berhenti di tol tak ditilang polisi, kenapa?

Suar.ID - Viral di media sosial aksi konvoi mobil mewah yang sengaja berhenti di Jalan Tol Depok-Antasari di Km 02+400 Andara, Jakarta Selatan, Minggu (23/1/2022).

Konvoi mobil mewah di Tol Andara ini sempat membuat macet.

Alasan konvoi mobil mewah berhenti di Tol Andara rupanya untuk membuat konten video.

Meski demikian, pihak kepolisian tidak menilang pengendara yang terlibat konvoi mobil mewah di Tol Andara itu.

Kasat Patroli Jalan Raya Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Sutikno mengatakan, sesuai aturan seharusnya konvoi mobil mewah itu ditilang karena melanggar aturan larangan berhenti di jalan tol.

Dia menjelaskan, konvoi mobil mewah tersebut melanggar ketentuan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Namun pihaknya tidak melakukan tindakan tilang kepada mereka dengan alasan para pengemudi mobil tersebut kooperatif kepada polisi saat diminta membubarkan diri.

Konvoi yang dibubarkan Sat PJR Ditlantas Polda Metro itu melibatkan influencer Akbar Rais dan Kiki Anugraha.

"Seharusnya kena tilang, cuma karena tadi kooperatif. Nurut diarahkan untuk bubar," kata Sutikno saat dikonfirmasi, Senin (241/2022).

Kepada para pengendara mobil mewah tersebut pihaknya hanya memberikan teguran. Mereka langsung menurut ketika diberi teguran oleh petugas PJR yang menyetop rombongan konvoi itu.

"Ditegur (saja), karena memang begitu polisi datang, sudah mau membubarkan diri. Yang penting tidak mengulangi lagi," ujarnya.

Baca Juga: Konvoi Kendaraan TNI di Lumajang Ditantang Sopir Truk Akhirnya Temukan Jalan Tengah, Ini Ceritanya

Rombongan mobil-mobil mewah itu sengaja berhenti di Tol Km 02+400 Andara, Jakarta Selatan, karena sedang melakukan pengambilan gambar untuk membuat konten video.

"(Mereka) sedang melaksanakan dokumentasi di dalam tol, sehingga mengganggu pengguna jalan yang lain," ujar Sutikno.

Datangi Polda Metro

Konvoi mobil mewah berhenti di tol

Pasca-kejadian ini, perwakilan anggota konvoi komunitas mobil mewah tersebut, yakni influencer Akbar Rais dan Kiki Anugraha menyambangi Polda Metro Jaya untuk mengklarifikasi insiden kemacetan di jalan Tol Andara pada Minggu (24/1/2022) kemarin.

Kedatangan keduanya untuk memberikan klarifikasi perihal kejadian yang sebenarnya.

"Kami mengklarifikasi soal peristiwa di Tol Andara kemarin, sangat disayangkan foto yang beredar dan caption tidak sesuai dengan kejadian sebenarnya," kata Kiki di Polda Metro Jaya (24/1/2022).

Kiki menjelaskan, rombongan mobil mewah itu melintas formasi dua lajur.

Sementara untuk kecepatan rata-rata kendaraan di Jalan Tol Andara, Jakarta Selatan sekitar 60-80 km per jam.

"Di situ ada tiga line dan kami anak mobil tau diri kalau ada mobil lain kami akan buat 1 line dulu. Dan saat kosong kami buat 2 line lagi," imbuh Kiki.

Kiki juga meluruskan perihal satu mobil, yakni sedan Mercedes-Benz A35 AMG, yang bukan peserta rombongan, mengemudi 'rusuh'.

Pengemudi mobil Mecy itu disebut Kiki tiba-tiba ingin memotong jalur rombongan yang terdiri dari kawan-kawannya.

Justru, Mercy A35 AMG tersebut sedang dikejar oleh polisi dari Sat PJR.

Baca Juga: Jumawa Konvoi Sambil Bawa Berbagai Senjata Tajam untuk Balas Dendam, Kini Beginilah Nasib Para Anggota Geng Motor itu, 10 Ditangkap Sisanya Masih dalam Pengejaran Polisi!

"Mobil Mercy A35 itu mobil bukan dari rombongan kami. Dia rusuh dari belakang tiba-tiba menyalip memotong rombongan kami dan dia sedang dikejar polisi," kata Kiki.

Lebih lanjut Kiki menjelaskan, mobil A35 AMG itu melesat sangat kencang sehingga tidak terkejar polisi.

Kiki juga memperkuat kronologi itu dalam unggahannya di Instagram yang memperlihatkan A35 AMG berwarna putih sempat menyalip rombongan.

"Tapi karena mobil tersebut sangat kencang, polisi tidak dapat menangkapnya dan terjadi kesalahpahaman. Jadi yang dipalangi polisi rombongan kami. Padahal mobil A35 itu bukan rombongan kami," ungkapnya.

Ia berharap, klarifikasinya melalui media sosial dan kedatangannya ke Ditlantas Polda Metro Jaya bisa meluruskan kejadian yang viral di media sosial itu.

"Semoga hal ini dapat menjadi klarifikasi dan meluruskan kesalahpahaman yang terjadi," sambung dia.

Sebelumnya, Kepala Satuan (Kasat) PJR Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Sutikno mengatakan bahwa pihaknya telah membubarkan konvoi mobil mewah di jalan tol Andara, Jakarta Selatan.

Sutikno menyebut alasan petugas menyetop rombongan ini karena melakukan foto-foto dan pengambilan video yang menyebabkan kemacetan.

Adapun peristiwa itu terjadi diKM 02+400 Tol Andara (Jalan Tol Depok-Antasari). Petugas yang menindak adalah Aipda Yudi W, Bripka Efendi, dan Brigadir Mardiana.

"Sat PJR melakukan penindakan kepada Para Pengemudi kendaraan mobil mewah yang beriringan yang sedang melaksanakan dokumentasi di dalam Ruas Tol sehingga menyebabkan kemacetan dan mengganggu Pengemudi lain di KM 02+400 Andara," bunyi caption di unggahan akun Instagram TMC Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Sudah Lolos Ganjil Genap, Konvoi Moge ini Juga Bebas dari Pos Pemeriksaan Surat Rapid Test di Bogor, Bima Arya Langsung Berang, HDCI Pun Buka Suara: Sampai Hari ini Tak Ada Kegiatan Touring!

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya