Heboh, Jerinx Mendadak Diangkat jadi Duta Narkoba, DPR: Keputusan yang Tepat

Sabtu, 06 November 2021 | 10:02
tribunnews.com

Jerinx SID diangkat sebagai duta narkoba, reaksi DPR jadi sorotan.

Suar.ID -Jerinx Mendadak Diangkat jadi Duta Narkoba, reaksi DPR jadi sorotan.

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDIP, I Wayan Sudirta menyambut baik dipilihnya musisi Jerinx SID sebagai duta anti narkoba oleh BNN.

Harapannya, kata dia, Jerinx secara aktif mensosialisasikan bahaya narkoba dan pentingnya menjauhi Narkoba.

"Serta menjauhi pergaulan yang terindikasi sebagai 'sarang' narkoba yang patut dilawan oleh masyarakat, maupun BNN dan pemerintah," kata Wayan, Jumat (5/11/2021), melansir Tribunnews.

Baca Juga: Dulu Aja Teriaki Orang-orang Sebagai 'Endorse Covid', Kini Jerinx Akhirnya Justru Edukasi Orang untuk Vaksin dan Menarik Diri dari Polemik

Meskipun demikian, BNN, kata dia, tetap perlu secara signifikan mencegah peredaran, melakukan edukasi dan menegakkan hukum secara tegas.

Selain itu, membuat indikator yang terukur agar biaya besar dari negara untuk pencegahan dan pemberantasan narkoba tidak sia-sia.

Indikator menurutnya menjadi sangat penting agar jangan sampai dipilihnya tokoh tertentu sebagai duta narkoba tidak linier dan tidak berdampak untuk pencegahan narkoba.

Baca Juga: Bukan Nora Alexandra, Ternyata Sosok Inilah yang Bikin Jerinx Luluh Mau Suntik Vaksin: Dia Yakinkan Saya Kalau Aman

"Kita harap dengan bertambahnya anggaran negara untuk penanganan narkoba, kemudian ada tokoh-tokoh masyarakat dipilih sebagai duta anti narkoba, maka jumlah penyalahgunaan dan terpidana narkoba menjadi semakin sedikit."

"Masyarakat minta agar korban narkoba menurun,"

"Terpidana narkoba di LP juga secara signifikan menurun, sampai nanti benar benar bebas dari narkoba," katanya.

Instagram
Instagram

Jerinx

Baca Juga: Keras Seperti Batu Karang, Jerinx Akhirnya Mau Divaksin Gegara Sosok ini, Sempat Juga Diancam Nora Alexandra: Bakal Menindak Tegas Kamu Pa!

Menurut dia, secara filosofis, tujuan negara adalah untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Untuk itu, keselamatan seluruh warga negara khususnya generasi muda sebagai penerus bangsa harus menjadi acuan utama.

Sementara itu, secara sosiologis, label generasi milenial yang disematkan kepada anak muda saat ini merupakan bentuk perubahan dan kemajuan jaman dan teknologi.

Baca Juga: Jerinx Ketar-ketir Bakal Masuk Bui Lagi, Reaksi Adam Deni saat Suami Nora Alexandra Ngemis Maaf Sungguh Tak Terduga

Cara bersosialisasi mereka saat ini juga cenderung lebih bebas dan mandiri.

Selain itu, cara pandang dan cara hidup generasi milenial lebih suka melihat sosok idola atau panutan yang memang dapat mengerti dan memahami kehidupan mereka.

Wayan mengatakan, generasi saat ini, tidak menyukai cara-cara formal yang mereka nilai sangat kaku.

Tribunnews
Tribunnews

Jerinx

Baca Juga: Ogah Dipenjara Lagi, Jerinx Beralasan Sakit tanpa Disertai Surat Dokter hingga tak Penuhi Pemanggilan Sebagai Tersangka Pengancaman pada Adam Deni

"Untuk itu, pengangkatan Jerinx sebagai Duta Antinarkoba Provinsi Bali menurut saya merupakan keputusan yang baik."

"BNN Bali dapat dikatakan telah membuka diri dan pandangannya bahwa diperlukan terobosan untuk merubah cara-cara kampanye anti narkoba sebelumnya yang cenderung lebih kaku dan bersifat formal," tuturnya.

Wayan mengatakan, Jerinx sebagai publik figur dinilai memiliki potensi yang cukup kuat untuk mensukseskan progam kampaye antinarkoba di Bali.

Apalagi dari data yang ada, Bali memiliki 15 ribu prevalensi penyalahgunaan narkoba, 70 persen dari mereka adalah yang masih berusia produktif yang berkisar antara 15 sampai 35 tahun.

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Tribunnews

Baca Lainnya