Jadi Sosok yang Paling Ditakuti, Kini Bos KKB Papua ini Ketakutan Setengah Mati Harus Sembunyi Usai Banyak Anak Buahnya Berguguran Ditumpas TNI

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 16:33
Istimewa

Lekagak Telenggen dan anak buahnya, kekuatannya makin menyusut

Suar.ID - Lekagak Telenggen yang merupakan sosok pemimpin Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua aliass bos KKB ini jadi sosok yang paling ditakuti.

Namun, kini Lekagak Telenggen ini harus mengalami nasib tragis usai makin terdesak saat bersembunyi.

Pasalnya, sejumlah anak buahnya telah ditembak mati oleh TNI Polri.

Dilansir Surya.co.id, satu persatu anak buah Lekagak Telenggen tewas ditembak mati aparat keamanan yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi.

Baca Juga: Bikin Bangga Indonesia, TNI Berhasil Gempur Habis-habisan dan Kuasai Markas KKB Papua Berawal dari Patroli Drone, Kasatgas: Sudah Dikuasai!

Kekuatan KKB Papua pimpinan Lekagak Telenggen ini diprediksi semakin melemah.

Terlebih, persediaan logistik mereka juga kian menipis karena terkepung di pegunungan Papua.

Untuk diketahui, Lekagak Telenggen ini adalah komandan sejumlah operasi KKB di sejumlah daerah, termasuk Kabupaten Puncak Papua.

Pada 2020, Lekagak Telenggen ini juga pernah terlibat kasus penembakan di wilayah Temabagapura, Kabupaten Mimika, Papua.

Baca Juga: Bupati Puncak Papua Ungkap Ganasnya Serangan KKB Papua, Sebut Banyak Warganya yang Ngungsi Akibat Trauma dan Takut: Situasi Belum Kondusif!

Pimpinan KKB Papua ini pun kini kehilangan anggotanya lagi.

Dimulai saat Satgas Nemengkawi berburu anggota KKB Papua Lekagak Telenggen bernama Kopengga Enumbi.

Handover
Handover

Lekagak Telenggen, Komandan TPNPB-OPM/Pimpinan KKB Papua.

Perburuan ini dilakukan pada Selasa, 3 Agustus 2021.

Enumbi pun dicari dikarenakan menjadi salah satu anggota KKB Papua yang masuk ke dalam daftar pencarian orang (DPO) alias merupakan seorang buronan.

Baca Juga: Sah Jadi Suami Istri, Rizky Billar Tak Malu-malu Rekam Aktivitas Pertamanya Usai Menikah, Perlihatkan Lesty Kejora Sulit Lakukan Hal ini Untuk Sang Suami

Selanjutnya, Kasatgas Humas Nemangkawi, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kemal mengungkapkan Enumbi terlibat dalam pencurian 8 pucuk senjata api di Pospol Kulirik, Puncak Jaya, 4 Januari 2014.

"DPO atas nama Kopengga Enumbi berhasil ditangkap tim gabungan satgas Nemangkawi, TNI dan Polri," ujar Kamal dalam keterangannya, melansir dari Kompas TV, Kamis (5/8/2021).

Selain itu, Kemal juga mengungkapkan penangkapan Enumbi diliput kontak senjata.

Namun, berkat tim bantuan dari Yon Raider 613/RJA yang dipimpin Letda Dedi Sudomo, pelaku ini berhasil dilumpuhkan.

Baca Juga: Babak Belur Hingga Wajah Dan Bibir Pecah, Ryan Jombang Dikabarkan Muntah Darah Setelah Terlibat Perselisihan dengan Habib Bahar bin Smith

Satgas Nemangkawi pun berhasil mendapatkan barang bukti yaitu 11 butir amunisi jenis SS-1 kaliber 5,56 milimeter.

Tak cuma itu, ada pula bukti lain yaitusatu pisau badik, satu helm hijau, satu telepon genggam, rokok, pinang dan noken.

Kopengga Enumbi ini merupakan pemasok utama guna memenuhi kebutuhan KKB Papua pimpinan Lekagak Telenggen.

Lekagak Telenggen sendiri juga masuk ke dalam DPO.

Baca Juga: Kandungannya Alami Pendarahan, Tangis Kalina Oktarani Pecah saat Ungkap Kabar Buruk pada Vicky Prasetyo: Kemungkinan untuk Hidup Kecil

Kamal juga menambahkan penangkapan Kopengga Enumbi jadi bagian dari operasi penuntasan kelompok separatis ini di Papua.

"Dia adalah anggota KKB Papua di wilayah Yambi," tegas perwira menengah Polri dengan tiga melati di pundaknya itu.

Masih kata Kemal, Satgass Nemangkawi berusaha menangkap Kopengga Enumbi hidup-hidup, namun ia memberikan perlawanan saat hendak ditangkap.

Istimewa
Istimewa

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)di Papua - Terjadi kontak senjata antara aparat keamanan dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Senin (7/6/2021).

"Saat dilakukannya penindakan, terdapat perlawanan dari pelaku sehingga personel mengambil tindakan tegas terukur dengan menembak Kopengga Enumbi alias Tamu Enumbi yang mengakibatkan pelaku meninggal dunia di tempat," kata dia.

Baca Juga: Bikin Cewek Satu Indonesia Iri! Selain Mahar 1 Miliar, Ini Dia Daftar 'Seserahan No Kaleng Kaleng' dari Rizky Billar untuk Lesti Kejora

Satgas Nemangkawi pada Juli lalu juga berhasil menangkap anggota KKB papua Yoniku Murib atau Mbobugu (26).

Mbobugu ini ditangkap di Kampung Nigilome, Distrik Mageabume, Kabupaten Puncak, Senin (12/7).

Awalnya, ia ditangkap karena membawa amunisi tanpa izin yang sah.

Kemudian menurut laporan Direskrim Polda Papua, Kombes Faisal Ramadhani, Mbobugu ini diserahkan ke polisi dan diterbangkan ke Kabupaten Mimika guna diperiksa lebih lanjut.

Baca Juga: Terancam Dijemput Paksa Polisi, David NOAH Mangkir dari Panggilan Pemeriksaan Kasus Penggelapan Rp 1,15 Miliar, Ngeles Begini

"Tersangka ditahan karena telah melakukan tindak pidana membawa, menyimpan, menguasai amunisi tanpa izin yang sah," ujar Faisal, melalui pesan singkat, Senin (19/7/2021).

Dari hasil pemeriksaan Mbobugu ini mengetahui beberapa aksi kejahattan yang dilakukan kelompokLekagakTelenggen, Mikiter Murib, Lerimayu Telenggen, Perenggen Telenggen, Uras Telenggen serta Kasar Tabuni.

Baca Juga: Tak Ada Belas Kasihannya Sama Sekali, Ayu Ting Ting Tanpa Ampun Laporkan KD ke Polisi, sang Biduan Blak-blakan Ungkap Alasannya

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Sumber : SURYA.co.id

Baca Lainnya