Sering Mendengar Suara Aneh Saat Mendengar Naik Gunung? Ini Dia Penjelasan Ahli tentang Makna Mitos Suara Aneh yang Sering Terdengar Oleh Para Pendaki Gunung

Jumat, 20 Agustus 2021 | 11:03
rawpixel.com

Ilustrasi pendaki gunung

Suar.ID - Selama ini, tak jarang kita menemui beberapa mitos dari para pendaki terkait hal-hal mistis di pegunungan.

Salah satu mitos yang jamak kita jumpai adalah suara-suara aneh yang terdengar ketika para pendaki sedang menunju titik puncak gunung.

Entah itu suara teriakan seseorang, suara musik gamelan, atau suara lainnya yang cukup misterius dan aneh untuk ditemukan di titik ketinggian seperti di puncak gunung.

Lalu, dari fenomena yang jamak ini akhirnya muncul mitos yang dipercaya banyak orang bahwa gunung ini dan itu memiliki penunggu makhluk halus.

Padahal secara ilmiah, mendengar suara misterius di titik ketinggian tertentu ternyata wajar terjadi.

Dilansirkompas.com, fenomena ini ternyata tidak hanya dirasakan oleh pendaki tertentu saja, tetapi banyak yang merasakannya.

Begini penjelasannya.

Baca Juga: Katanya Lagi Diomongin di Belakang? Ini Sebenarnya Arti Mitos Telinga Merah dan Terasa Panas Secara Tiba-tiba

Dr Hermann Burgger, pimpinan Institute of Mountain Emergency Medicine di Eurac Research Italy, mengungkap atmosfer dan ketinggian gunung dapat membuat orang-orang mengalami fase ‘gila’ sesaat.

Semakin tinggi posisinya di gunung, para pendaki akan semakin mudah menangkap suara-suara misterius, yang entah berasal dari mana.

Hal ini disebabkan karena pendaki mengalami psikosis, alias gangguan mental yang membuat seseorang sulit membedakan mana kenyataan dan mana halusinasi.

Orang yang mengalami psikosis cenderung tidak sadar dengan apa yang terjadi pada diri mereka saat itu.

Selain efek psikosis, para ahli meyakini suara-suara misterius saat naik gunung juga berhubungan dengan penyakit ketinggian alias altitude sickness.

Penyakit ketinggian adalah kondisi yang biasa menyerang pendaki gunung pada ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut.

Biasanyaaltitude sicknessini terjadi ketika pendaki mulai kekurangan oksigen. Lalu adakah cara untuk mengatasinya?

Baca Juga: Sering Dianggap Pembawa Sial! Ternyata Begini Penjelasan Arti Mitos Rumah Tusuk Sate dari Kacamata Ahli Feng Shui

Gejala psikosis dan penyakit ketinggian pada pendaki dapat menyebabkan seseorang berperilaku aneh dan melakukan hal-hal yang berbahaya.

Oleh karena itu, hal ini harus segera ditangani. Misalnya, kita mendengar suara yang menyuruh untuk keluar dari jalur pendakian hingga akhirnya tersesat di gunung.

Dalam kasus yang paling parah, ada pendaki yang merasa terpanggil untuk melompat ke bawah, agar lebih cepat sampai tujuan.

Nah, salah satu pencegahan untuk menghindari hal tersebut adalah mempersiapkan perbekalan yang cukup.

Selain itu, tidak lupa untuk membawa gas oksigen portable untuk mencukupi kebutuhan oksigen yang kurang di titik tertentu.

ika kita mulai merasa pusing atau hilang fokus, beristirahatlah sejenak dan minum air putih sebanyak mungkin.

Cara ini dapat membantu memenuhi kebutuhan oksigen dan menurunkan risiko halusinasi.

Baca Juga: Masa Sih Orang Kidal Lebih Kreatif dan Cerdas? Berikut Ini Beberapa Makna Mitos Tangan Kidal yang Sering Dipercaya Banyak Orang

Editor : Moh. Habib Asyhad

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya