Masa Sih Orang Kidal Lebih Kreatif dan Cerdas? Berikut Ini Beberapa Makna Mitos Tangan Kidal yang Sering Dipercaya Banyak Orang

Minggu, 15 Agustus 2021 | 21:03
everydayplus/ kompas.com

Ilustrasi kidal, berikut ini beberapa mitos tentang dominan tangan kiri atau kidal

Suar.ID -Di dunia ini, mayoritas manusia beraktivitas didominasi dengan tangan kanan, baik untuk menulis, makan, dan aktivitas lainnya.

Sampai akhirnya ada sebutan bagi orang-orang yang lebih nyaman menggunakan tangan kiri dengan istilah kidal.

Dilansirkompas.com, Hari Kidal Internasional diperingati pada tanggal 13 Agustus setiap tahunnya.

Hari peringatan ini untuk membuat masyarakat dunia bisa lebih bertoleransi kepada mereka yang lebih nyaman menggunakan tangan kiri daripada tangan kanannya.

Sebab di dunia, manusia dengan tangan kidal sendiri hanya sekitar 7-10% saja.

Sudah minoritas, teman-teman bertangan kidal nyatanya masih ditempeli dengan berbagai mitos.

Kira-kira apa saja ya mitos yang melekat pada orang-orang kidal?

Baca Juga: Pernikahannya Hancur Berantakan Karena Perselingkuhan, Ternyata Menurut Feng Shui Ini Disebabkan karena Mitos Kolam Ikan di Depan Rumah, Kok Bisa?

Masih mengutip darikompas.com, berikut ini beberapa makna mitos yang sering disematkan kepada orang-orang kidal:

1. Lebih kreatif di bidang seni

Beberapa orang percaya bahwa orang yang dominan tangan kiri biasanya lebih kreatif daripada mereka yang dominan tangan kanan.

Faktanyahampir sebagian besar pekerja seni kreatif justru tak didominasi oleh pengguna tangan kiri, namun pengguna tangan kanan.

Dilansir Reader's Digestviakompas.com,penelitian tahun 1995 menyebutkan bahwa laki-laki yang dominan tangan kiri memang lebih kreatif dalam mencari solusi dari sebuah permasalahan.

Namundalam kreativitas berpikir sampai hari ini belum ada bukti yang menyebutkan bahwa yang kidal lebih kreatif daripada yang dominan tangan kanan.

2. Pengguna tangan kiri mayoritas punya jiwa kepemimpinan

Mitos ini didukung dengan fakta bahwa 12 presiden Amerika Serikat adalah laki-laki yang dominan tangan kiri.

Namun dalam sebuah studi, tak ditemukan adanya hubungan antara jiwa kepemimpinan dan genetika yang membawa seseorang dominan tangan kiri.

Baca Juga: Bikin Merinding! Tengah Malam Tiba-tiba Mendengar Suara Adzan, Apakah Itu Merupakan Sebuah Pertanda yang Perlu Diwaspadai?

3. Biasanya pengguna tangan kiri adalah orang yang introvert

Bisa jadi karena minoritas, maka si dominan tangan kiri dicap lebih introvert daripada si dominan tangan kanan. Padahal tak ada penelitian resmi yang bisa mendukung mitos tersebut.

Gina Grimshaw PhD dari University of Wellington, New Zealand, menyebutkan bahwa tipe introvert dan ekstrovert tak berkaitan dengan genetika dominan tangan kanan atau tangan kiri.

4. Mitos: pengguna tangan kiri lebih cerdas

Mitos ini juga bertahan bertahun-tahun di masyarakat dunia, yaitu keyakinan bahwa si dominan tangan kiri biasanya lebih cerdas dari mereka yang dominan tangan kanan.

Namun sekali lagi, mitos tersebut dipatahkan oleh sebuah studi klinis.

Studi yang melibatkan sekitar 7000 siswa sekolah di Amerika mendapatkan data bahwa tak ada perbedaaan kecerdasan yang signifikant antara siswa yang dominan tangan kiri dan siswa yang dominan tangan kanan.

Namun, pengguna tangan kiri memang terbukti lebih kreatif mencari ide-ide baru.

Hal ini bisa jadi karena mereka terbiasa hidup di dunia yang berisi peralatan yang diperuntukkan bagi si dominan tangan kanan, sehingga mereka terbiasa berpikir kreatif untuk membiasakan diri.

Baca Juga: Sering Dianggap Keramat, Inilah Beberapa Destinasi Wisata yang Dihindari oleh Para Pasangan Muda, Mitos yang Beredar Bisa Bikin Putus!

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya