Pantas Saja! Salah Satu Alasan Kenapa Kamu Susah Kurus Karena Kamu Kurang Bahagia? Cek Faktanya Kenapa Makanan Bisa Mengatasi Mood yang Berantakan dan Bikin Kamu Gagal Diet

Minggu, 08 Agustus 2021 | 12:00
Freepik

Ilustrasi Makanan, yang konon katanya bisa menjadi sumber kebahagiaan sampai membuat gagal diet

Suar.ID -Selama ini ada sebagian orang yang nampak kesulitan untuk menurunkan berat badan meski sudah susah payah melakukan diet.

Fenomena gagal diet ini mayoritas disebabkan oleh godaan beragam makanan yang memang menggoda selera.

Hampir seluruh orang-orang yang mengaku susah kurus ini adalah mereka yang merasa bahwa makanan adalah sumber kebahagiaan.

Rasanya, setelah mereka lelah dengan aktivitas harian, tekanan pekerjaan atau tugas sekolah, mereka ingin menghadiahi diri sendiri dengan makanan.

Dari situlah orang-orang semacam ini sulit untuk menurunkan berat badan.

Lalu sebenarnya adakah hubungan antara makanan sebagai sumber kebahagiaan?

Adakah trik atau cara mengatasi pola semacam ini agar mereka bisa berhasil menurunkan berat badan?

Baca Juga: Tajir Melintir, Mayangsari Suguhkan Ini Saat Undang 30 Temannya Menginap di Kampung Halamannya: 'Gagal Diet Kita Saudara-Saudara'

Taste
Taste

Ilustrasi es krim

Dikutip dariTribunstyle, yang mengutipMake Everybody Happy menunjukkan bahwa makanan dan kebahagian pada dasarnya memiliki hubungan erat.

Oleh sebab itu makanan terbukti bisa membuat mood seseorang lebih baik ketika sedang lelah, marah, kecewa, sedih, atau tertekan.

Fungsi makanan bisa bekerja pada pusat penghargaan di dalam otak sebagai mana sistem kerja obat-obatan dalam memberi sensasi bahagia.

Makanan manis seperti es krim, merupakan salah satu jenis makanan yang sering jadi pilihan untuk menambah sumber kebahagiaan.

Sayangnya, ketika es krim telah habis dimakan, sinyal tubuh ternyata justru bisa menunjukkan suasana yang lebih buruk dari sebelumnya.

Dari situlah orang-orang yang gagal diet biasanya juga memiliki masalah pada suasana hati yang kurang bahagia.

Mereka mencari semacam 'obat penenang' melalui makanan yang enak, manis, dan juga mengandung kadar garam yang cukup tinggi.

Baca Juga: Satu Indonesia Pasti Nyesel Baru Tahu, Ternyata Begini Cara Mengatasi Berat Badan Agar Cepat Turun Cuma Pakai Ramuan Nikmat dari Bahan Dapur ini Sebelum Tidur, Seminggu Bisa Turun Sampai 5 Kg Loh!

Oleh sebab itu, salah satu cara yang bisa dlilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan memanajemen emosi dan mengatur tempo aktivitas untuk mengelola stres harian.

Jika tubuh kita lelah, pikiran kita sedang suntuk, suasana hati sedang buruk, cobalah alternatif lain untuk mengelola emosi tersebut sebelum memikirkan makanan.

Tak ada salahnya Anda melakukan relaksasi untuk sekedar mengendurkan otot dan pikiran yang tegang.

Mandi dengan air hangat misalnya, mendengarkan musik, melakukan olahraga ringan seperti yoga bisa menjadi pilihan.

Jika emosi Anda sudah tersalurkan dengan baik, maka ketika melihat makanan, Anda tak perlu lagi merasa perlu menyalurkan emosi dalam mengonsumsi makanan tersebut.

Dengan demikian target untuk menurunkan berat badan bisa lekas tercapai dan tak ada lagi kata gagal diet atau susah kurus.

Baca Juga: Luar Biasa, Wanita Ini Sukses Mengatasi Berat Badan Sampai 80 Kilogram tanpa Perlu Olahraga dengan 5 Cara Simpel Lewat Metode Diet Keto

Editor : Moh. Habib Asyhad

Sumber : Tribunstyle

Baca Lainnya