Nyesal Baru Tahu, Bisa Mengurangi Kalori Sampai 50 Persen, Begini Cara Mengatasi Kegemukan dengan Masak Nasi Pakai Langkah Ini

Kamis, 05 Agustus 2021 | 11:00
Pexels/Huy Phan

Begini cara memasak nasi agar dapat mengurangi kalori sampai 50 persen.

Suar.ID - Bisa Mengurangi Kalori Sampai 50 Persen, Begini Cara Mengatasi Kegemukan dengan Masak Nasi Pakai Langkah Ini.

Ternyata ada lho, cara memasak nasi yang bisa mengurangi kalori hingga 50 persen.

Cara tersebut ditemukan oleh tim peneliti dari College of Chemical Sciences di Sri Lanka yang dipimpin oleh Sudhair James.

Dipaparkan oleh James dalam National Meeting and Exposition of the American Chemical Society, metode memasak nasi ini rupanya sangat sederhana.

Baca Juga: Bikin Kesal, Begini Cara Mengatasi Cicak Hinggap dan Makan dari Centong Nasi, Dijamin gak Bakal Kembali Lagi!

Kamu hanya perlu sepanci air mendidih.

Lalu, masukkan satu sendok teh minyak kelapa untuk setiap setengah cangkir beras yang dimasak, sebelum memasukkan berasnya.

"Setelah matang, kita biarkan dingin di kulkas selama 12 jam, begitu saja,” ujar James kepada Washington Post.

Nasi yang lebih rendah kalori ini kemudian hanya perlu dipanaskan di dalam microwave bila ingin dikonsumsi.

Baca Juga: 14 Tahun Lalu Ditolak Mentah-mentah Penyanyi Cantik Ini, Ariel Noah kini Baru Terang-terangan Singgung Nasi sudah jadi Bubur: Ini udah Kelewatan

Namun, apakah cara tersebut aman?

Sebagai informasi, pati terbagi menjadi dua tipe utama, yaitu pati tercerna (digestible starch) dan pati resistan (resistant starch).

Pati tercerna adalah tipe yang dengan cepat dikelola oleh tubuh menjadi glukosa dan disimpan menjadi lemak bila tidak dibakar.

Sementara itu, pati resistan tidak dipecah menjadi glukosa dan melewati usus seperti serat, sehingga memiliki kalori yang lebih rendah.

freepik
freepik

Nasi

Baca Juga: Fotonya Pakai Baju Pengantin dengan Ariel Noah Sempat Bikin Heboh, Nasib Pedangdut Ini Kini Memprihatinkan, Jadi Penjual Nasi Bungkus Demi Dapur Tetep Ngebul

Nasi dan kentang pada awalnya mengandung banyak pati resistan.

Namun, cara memasak yang salah sering kali mengubah pati di dalam kentang dan nasi menjadi pati tercerna.

Dalam penelitian-penelitian sebelumnya, para ahli menemukan, nasi goreng dan nasi pilaf mengandung lebih banyak pati resistan daripada nasi yang dikukus atau direbus biasa.

Sebuah studi pada 2014 menemukan, mendinginkan pasta sebelum dipanaskan kembali dan dimakan juga meningkatkan kandungan pati resistan di dalamnya.

Baca Juga: Nasi Sudah Menjadi Bubur, Gisel Tiba-tiba Singgung Tentang Kebodohan Masa Lalu, Nyesel Berhubungan Intim 5 Kali dengan Nobu?

Berbekal pengetahuan tersebut, James dan pembimbingnya, Pushparajah Thavarajah, lantas melakukan berbagai eksperimen untuk menurunkan kandungan kalori di dalam nasi.

Mereka menguji coba 8 metode memasak nasi menggunakan 38 jenis beras di Sri Lanka, dan menemukan, metode di atas adalah yang paling efektif.

Dengan menambahkan lemak, seperti minyak kelapa dan langsung mendinginkan nasi, kandungan pati di dalamnya berubah menjadi lebih banyak yang resistan.

freepik

Nasi

Baca Juga: Akhirnya Terbongkar ke Publik! Begini Cara Mengatasi Rasa Penasaran Wanginya Nasi Goreng Ala Kaki Lima, Ternyata Cukup Pakai Satu Sendok Bumbu Dapur Ini, Dijamin Ketagihan

Dalam siaran persnya, James pun menjelaskan, mendinginkan (nasi) dengan cepat selama 12 jam menyebabkan formasi ikatan hidrogen antara molekul amilosa yang berada di luar butiran nasi.

Sehingga, hal ini mengubahnya menjadi pati resistan.

Lalu, memanaskan kembali rupanya tidak mengubah pati resistan ini menjadi pati tercena.

Ke depannya, tim peneliti tersebut ingin menemukan jenis beras mana yang paling cocok dimasak menggunakan metode ini untuk mengurangi kalorinya secara signifikan.

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Washington Post

Baca Lainnya