Satu Indonesia Tak Sadar, Rupanya Virus Corona Varian Delta Plus Sudah Mulai Terdeteksi di Indonesia, Begini Gejala dan Juga Bedanya dengan Varian Lain...

Kamis, 29 Juli 2021 | 13:33
Pixabay

Muncul virus corona varian delta plus, apa bedanya dengan yang lain?

Suar.ID - Kasus Covid-19 di Indonesia hingga kini nampaknya masih belum juga selesai.

Kian hari kasus Covid-19 ini malah nampaknya kian bertambah.

Bahkan kini varian baru virus corona ini malah bertambah satu lagi yaitu varian delta plus dan sudah teridentifikasi di Indonesia.

Dikutip Medical News Today, virus corona varian delta plus ini dikenal denganB.1.617.2.1 atau AY.1.

Baca Juga: Jangan Panik! Ketahui Cara Mengatasi Efek Samping usai Disuntik Vaksin Covid-19, Bisa Sembuh Secara Spontan

Selain Indonesia, varian delta plus ini juga teridentifikasi di lebih dari 10 negara.

Untuk diketahui, varian delta plus ini merupakan turunan dari varian delta yang pertama kali diindentifikasi di India pada Desember 2020.

Satu-satunya perbedaan yang diketahui ini adalah mutasi tambahan,K417N pada protein lonjakan virus, protein yang memungkinkannya menginfeksi sel-sel sehat.

Mutasi ini pun ditemukan pada varian beta dan gamma yang pertama kali diidentifikasi oleh peneliti di Afrika Selatan dan Brasil.

Baca Juga: Berbahagialah Bagi Anda yang Pecinta Pedas, Ternyata Ahli Benarkan Kalau Anosmia Akibat Covid-19 ini Bisa Diatasi Cuma Pakai Sambal Bawang, Begini Caranya...

Covid-19 varian delta ini sempat menjadi momok karena dipercaya lebih cepat menular dari varian sebelumnya.

Dilansir National Geographic via Kompas.com pada 2 Juli 2021, varian delta plus ini mulai muncul di database global pada pertengahan Maret dan pada 26 April khusus varian ini diteemukan di Inggris.

Freepik
Freepik

Muncul virus corona varian delta plus, apa bedanya dengan yang lain?

Hal ini pun membuat Inggris melarang perjalanan internasional pada 4 Juni.

Badan Kesehatan Masyarakat Inggris (PHE), pertama kali menyatakannya sebagai variant of consern (VOC) dalam pengarahan 11 Juni dan pada 22 Juni, otoritas India mengikutinya.

Baca Juga: Innalillahi wa innailaihiroji'un, Sosok Ini Dapat Kabar Duka Karena Wafatnya Orang Penting dalam Hidupnya, Ternyata Baru-baru Ini Ia Merasakan Firasat Usai Kejatuhan Cicak

Namun, hingga saat adanya jejak virus corona varian delta plus ditemukan, vairan ini tampaknya tak umum, saat ini hanya menymbang sebagaian kecil dari urutan delta.

Kendati demikian, WHO tetap waspada pada virus corona varian delta plus dan varian lainnya agar tak menimbulkan peningkatan penularan.

Sama seperti WHO, INSACOG juga waspada dan juga khawatir mengenai adanya kemunculan virus corona varian delta plus:

  • peningkatan transmisibilitas
  • ikatan yang lebih kuat dengan reseptor sel paru-paru
  • potensi pengurangan respons antibodi monoklonal
Baca Juga: Statusnya Janda Anak Satu Bahkan Sekarang Tersandung Kasus Video Syur Bareng Nobu, Gisel Ternyata Sempat Minder Bertemu Ibu Wijin: Nggak Yang, Janda Dari Mana Nih?

Bagaimana pun juga mutasi semacam ini akan terus hadir di berbagai varian virus lainnya, jadi kemungkinan bukanlah sumber kekhawatiran baru ini.

Tak cuma itu, ahli virologi DR. Jeremy Kamil, dari Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Negeri Lousiana mengatakan kalau tak perlu khawatir tentang adanya virus corona varian delta plus ini karena vaksin yang sekarang beredar juga mampu melawan varian baru ini.

Lalu apa saja gejala virus corona varian delta plus ini?

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Inilah Fitria Yusuf Putri Yusuf Hamka Yang Pindah Keyakinan Karena Terinspirasi Cita-cita Ayahnya | Irfan Hakim Rugi 24 Miliar, Hampir Jotos Pencuri Arwana Mahal Temannya

Dikutip Hindustan Times, gejala yang ditimbulkan jlka seseorang ini terpapar virus corona varian delta plus ini hampir sama jika Anda terpapar virus corona varian delta dan beta:

  • Batuk
  • Diare
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Ruam kulit
  • Perubahan warna pada jari tangan dan kaki
  • Nyeri dada
  • Sesak nafas
freepik
freepik

ilustrasi pasien virus corona

Tak cuma gejala yang disebutkan di atas, para ahli juga mengumpulkan gejala lain yang dikaitkan dengan varian delta plus ini.

Baca Juga: Punya Anak Pedangdut Ternama dengan Bayaran Fantastis, Abdul Rozak Pamer Perhiasan hingga Tuai Reaksi Sahabat Ayu Ting Ting: Emang Sekaya Apa Sih?

Beberapa diantaranya adalah sakit perut, mual, dan kehilangan nafsu makan.

Baca Juga: Bikin Heboh Pamer Foto Mesra Berdua, Ayah Ariel Tatum Akhirnya Buka Suara Soal Hubungan Anaknya dengan Mantan Gisel, Dapat Lampu Hijau?

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya