Se-Indonesia Bakal Nyesel Baru Tahu Sekarang, Nyatanya Golongan Darah Tipe ini Lebih Mudah Terkena Diabetes dari yang Lain, Begini Penjelasana Ahli...

Senin, 26 Juli 2021 | 10:01
pixabay

Ilustrasi golongan darah

Suar.ID- Tak banyak yang tahu kalau golongan darah ini punya pengaruh yang cukup signifikan bagi kehidupan manusia.

Sebagai contohnya golongan darah O ini disebut lebih disukai oleh nyamik hingga paling sering mendapat gigitan serangga yang satu ini.

Selain itu ada juga diet golongan darah yang disebut paling ampuh menurunkan berat badan.

Namun, pernahkan Anda mendengar kalau ada golongan darah yang rentan terkena diabetes?

Baca Juga: Satu Indonesia Akhirnya Tahu Manfaatnya, Iseng Mandi Pakai Air Rebusan Daun Serai Tiap Sebelum Tidur, Sosok Ini Rasakan Manfaat Yang Luar Biasa

Diabetes ini memang terkenal sebagai penyakit yang mematikan.

Lalu orang dengan golongan darah apa yang rentan dengan terkena penyakit diabetes ini?

Dilansir SajianSedap.ID, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Rutin Makan Daun Pepaya, Wanita Ini Kaget Bukan Main Saat Mendapatkan Manfaat yang Tak Terduga Ini!

Untuk diketahui, diabetes ini adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi karena tubuh tak dapat menghasilkan atau menggunakan insulin.

Insulin ini merupakan hormon yang berfungsi membantu sel-sel tubuh mengambil gula dari darah dan mengubahnya menjadi energi.

Freepik/xb100

Ilustrasi diabetes

Melansir dari Health Line, diabetes tipe 1 ini adalah penyakit yang dianggap sebagai penyakit autoimun di mana tubuh penderita malah menyerang sel-sel di pankreas.

Baca Juga: Sudah Terciduk Basah Usai Digerebek Berduaan di Rumah, Kini Sunan Kalijaga Malah Bela Pramugari Prilia Berliani dan Selingkuhannya, Sampai Siap Jadi Kuasa Hukum Keduanya, Sebut Soal Tindak Kekerasan: Ini Negara Hukum!

Akibatnya, tubuh pun menjadi tak dapat memproduksi insulin.

Sedangkan diabetes tipe 2 merupakan ketika tubuh menjadi resisten pada hormon insulin atau tak menghasilkan cukup insulin.

Beberapa penelitian pun sempat berpikir kalau diabetes tipe 2 ini mungkin juga termasuk gangguan autoimun.

Sayangnya, anggapan ini pun kurang kuat.

Baca Juga: Sempat Dipaksa oleh Keluarga untuk Opname Karena Dikira 'Sakit', Marshanda Blak-blakan Ungkap Respon Keluarganya Ketika Ia Memutuskan Bercerai dari Ben Kasyafani

Sehingga penelitian lebih lanjutpun diperlukan untuk memahami bagaimana perkembangannya.

Mengenal hubungan antara golongan darah dengan penyakit diabetes, beberapa penelitian berikut mencoba menerkanya.

1. Sebuah studi pada 2020 yang diterbitkan dalam International Journal of Chronic Diseases menemukan kalau dalam kelompok masyarakat yang terdiri dari 424 orang,golongan darah O dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2, sedangkan golongan darah B dikaitkan dengan peningkatan risiko.

2. Studi pada 2020 lainnya yang diterbitkan dalamJournal Public Health Genomics, meneliti 750 partisipan dan menemukan kalau risiko terkena diabetes tipe 2 lebih tinggi pada pemilik golongan darah A daripada yang memiliki golongan darah lainnya.

Baca Juga: Teringat Perjuangan Kerasnya Hidup Di Ibu Kota, Maria Vania Bongkar Makna Di Balik Tato Kupu-kupu Barunya Yang Menclok Di Atas Bokongnya: Terkoyak Dulu Kulitnya Sebelum Jadi Cantik

3.Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Hematology and Blood Disorders pada 2017 dari Pakistan, para peneliti pun menemukan hasil serupa.

Para ahli ini menemukan kalau dalam 2.258 mahasiswa, kelompok partisipan dengan golongan darahB lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes dibandingkan dengan pemilik golongan darah lainnya.

freepik/lek_suwarin
freepik/lek_suwarin

ilustrasi golongan darah

Sebuah studi besar yang ditertibkanJournal Diabetologia pada Maret 2015 ini menunjukkan kalau dari82.104 wanita, partisipan dengan golongan darah O ini memiliki risiko yang lebih rendah untuk diabetes tipe 2.

Baca Juga: Kini Jadi Pemersatu Bangsa Hingga Pejabat Antri Menawarinya Jadi Istri Kedua, Siapa Sangka Presenter Seksi Maria Vania Pernah Merasakan Hidup Susah, Cuma Dijatah 10 Ribu Oleh Keluarga

Sedangkan, pemilik golongan darah A dan golongan darah B ini terbukti mempunyai risiko yang lebih tinggi untuk mengalami penyakit diabetes.

Untuk diingat kalau secara keseluruhan, data soal golongan darah dan hubungannya dengan diabetes ini masih bertentangan dan perlu penelitian lebih lanjut.

Baca Juga: Sempat Nangis Kejer Saat Masuk Panti Rehabilitasi karena Kasus Narkoba, Kondisi Terbaru Nia Ramadhani Saat Ini Bikin Publik Tak Menyangka!

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Sumber : sajiansedap.id

Baca Lainnya