Kadung Pede Sembuh dari Virus Corona, Waspadai Gejala Long Covid Menyerang, Mudah Lelah hingga Rambut Rontok

Jumat, 16 Juli 2021 | 15:07
Alodokter

Waspadai long covid yang dialami pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari virus corona

Suar.ID - Meskipun kasus Covid-19 di Tanah Air kini sudah mulai membaik, muncul fenomena baru terkait virus corona tersebut.

Di samping kasus positif Covid-19 yang semakin melonjak, fenomena long covid pun muncul.

Fenomena tersebut banyak dialami para pasien yang telah dinyatakan sembuh dari penyakit infeksi virus corona.

Baca Juga: Tak Perlu Rogoh Kocek Dalam-dalam Bagi Anda yang Sedang Isolasi Mandiri, Kini Pemerintah Bagikan Paket Obat Gratis Bagi Pasein Covid-19, Syarat dan Cara Dapatkannya Mudah Banget Loh!

Long covid sendiri merupakan infeksi covid-19 dengan gejala yang berlangsung lebih lama yaitu lebih dari seminggu hingga sebulan, meskipun infeksinya sudah hilang.

Kemungkinan mengalami long covid bisa jadi tidak terkait dengan tingkat keparahan saat terkena Covid-19.

Orang yang terinfeksi Covid-19 tanpa gejala atau mengalami gejala ringan pun dapat mengalami long covid.

Terlepas dari itu, penelitian melaporkan bahwa long covid dapat berpengaruh terhadap pekerjaan.

Sebuah penelitian yang dilakukan dalam University College London pada April 2021 menyatakan, mayoritas (lebih dari 85 persen) pasien sembuh akan mengalami long covid.

Kompas.com
Kompas.com

Stres di Tempat Kerja

Baca Juga: Jadi Biang Keladi Tsunami Covid-19 di India, Begini Gejala Khas Terinfeksi Virus Varian Delta, Ini yang Harus Dilakukan jika Mengalaminya

Gejala awal yang paling mungkin adalah kelelahan, batuk kering, sesak napas, sakit kepala, nyeri otot, dada sesak, dan sakit tenggorokan.

Gejala yang paling sering dilaporkan setelah bulan ke-6 adalah kelelahan, malaise (kelelahan atau meriyang) pasca aktivitas, dan disfungsi kognitif.

Sekitar 45,2 persen orang dengan long covid akan mengalami penurunan aktivitas bekerja.

Bahkan ada 22,3 persen yang belum mampu kembali bekerja karena keluhannya.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Preventon (CDC), gejala long covid bisa bertahan selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan, seperti:

1. Mudah lelah2. Sulit konsentrasi3. Sakit kepala4. Hilang penciuman dan perasa5. Pusing saat berdiri6. Detak jantung lebih cepat7. Nyeri dada8. Batuk9. Nyeri sendi atau otot10. Depresi atau cemas11. Demam12. Rambut rontok parah.

Adapun beberapa faktor penyebab long covid di antaranya, seperti mengalami 5 gejala atau lebih saat minggu pertama terkena Covid-19, gejala lebih berat, sesak napas sebagai gejala awal, usia tua, hingga obesitas.

Bagi para penyintas Covid-19 yang mengalami gejala long covid diharapkan untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan.

Baca Juga: Banyak yang Salah Kaprah, Ternyata Tak Perlu lagi Lakukan PCR usai Isoman karena Covid-19, Dokter Samuel Ungkap Alasan Ilmiahnya

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Sumber : GridHealth.ID

Baca Lainnya