Dijamin Bakalan Nyesel Kalau Baru Tahu, Nyatanya Orang dengan Golongan Darah ini Malah Lebih Rentan Terkena Penyakit Mengerikan ini, Begini Cara Mudah Mencegahnya...

Senin, 12 Juli 2021 | 10:33
pixabay.com

Ilustrasi golongan darah

Suar.ID - Salah satu penyakit yang banyak ditakuti banyak orang ini adalah penyakit jantung.

Namun tahukan Anda kalau risiko penyakit jantung ini bisa dilihat berdasarkan golongan darah mereka.

Sebuah penelitian pun menyebutkan kalau orang dengan golongan darah A, B, dan AB ini memang memiliki resiko terkena penyakit jantung.

Dilansir Nakita.ID, hal ini ditulis oleh Lu Qi yang merupakan asisten profesor di Departemen Nutrisi di Harvard School of Public Health di Boston.

Baca Juga: Selama Ini Sering Dianggap Sepele, Mulai Sekarang Jangan Langsung Mandi Jika Tubuhmu Sedang dalam Kondisi Seperti Ini, BAHAYA!

Lu Qi dan para koleganya ini melaporkan temuan mereka dalam sebuah makalah yang diterbitkan onlin di salah satu jurnal America Heart Association.

Mereka pun menganalisis data dari 2 penelitian besar pada orang dewasa setidaknya selama 20 tahun.

Li dan para kolega ini pun menemukan kalau yang bergolongan darah AB ini memiliki 23 persen peningkatan resiko penyakit jantung.

Baca Juga: Waduh, Kenapa Baru Tahu Sekarang, Ternyata Mandi Air Rebusan Serai Sebelum Tidur Punya Banyak Manfaat dan Bikin Kulitmu Langsung Kayak Puteri Keraton

Kemudian bagi mereka yang bergolongan darah B memiliki peningkatan resiko sebesar 11 persen.

Untuk mereka yang bergolongan darah A ini memiliki peningkatan risiko sebesar 5 persen dibandingkan orang dengan golongan darah O.

freepik.com

Ilustrasi penyakit jantung

Kendati demikian, para peneliti ini belum mengetahui alasan golongan darah ini bisa mempengaruhi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Gerah Disebut Pelakor, Ayu Ting Ting Akhirnya Bocorkan Hubungannya dengan Raffi Ahmad, Beberkan Suami Nagita Slavina yang Dekati Duluan hingga Buat Satu Studio Heboh: Hari Sabtu Dia Main ke Rumah

Namun, bukti dari penelitian lain pun mengungkapkan beberapa petunjuk soal hal ini.

Golongan darah A ini punya kaitan dengan kadar kolesterol jahat, penyumbat arteri yang lebih tinggi.

Sedangkan, golongan darah AB ini punya kaitan dengan peradangan yang bisa mempengaruhi cara kerja pembuluh darah.

Selanjutnya, orang dengan golongan darah O ini memiliki tingkat senyawa tertentu yang memiliki efek menguntungkan pada aliran darah dan pembekuan.

Baca Juga: Akhirnya Terbongkar Ke Publik, Wenny Ariani Yang Ngaku Dihamili Rezky Aditya Di Luar Nikah Ternyata Pernah Masuk Penjara Gegara Ini

Tapi, para peneli menekankan kalau hal ini tak sesedahana yang dibayangkan.

Pasalnya, golongan darah sangat rumit dan ada banyak faktor yang berperan.

Untuk meneliti hubungan golongan darah dan penyakit jantung peneliti memeriksa data yang mencakup hampir 90.000 peserta berusia 30-75 tahun.

Penelitian ini juga diikuti selama 20 tahun lebih dalam 2 penelitian besar Amerika yang terkenal yaituNurses' Health Study (62.073 wanita) dan Health Professionals Follow- Up Study (27.428 orang dewasa).

Baca Juga: Sekian Lama tak Muncul di Layar Kaca, Mita the Virgin Mendadak Bikin Pangling Publik dengan Tampilan Baru Lebih Feminim Beserta Rambut Panjang dan Rok: Tetap Tampil Apa Adanya

Proporsi pria dan wanita dalam penelitian dengan berbagai golongan darah yang sama.

Namun, sebagian besar pesertanya berasal dari etnis Kaukasia hingga tak bisa disamakan dengan etnis lain.

Freepik
Freepik

Ilustrasi golongan darah

Meski tak dapat mengubah golongan darah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Diduga Depresi hingga Bunuh Diri, Pasien Covid-19 yang Sedang Jalani Isoman Ini Ditemukan Tewas di Kamar Mandi Rumahnya

Para peneliti pun menyarankan kita untuk mengetahui golongan darah dan memantau kadar kolesterol dan tekanan darah.

Tak cuma itu, peneliti juga menyarankan untuk menerapkan gaya hidup yang lebiisehat seperti makan dengan benar, olahraga, dan tak merokok.

Baca Juga: Bikin Nama Keluarga Besar Bakrie Tercoreng, Polisi Ungkap Fakta Menarik Bandar yang Distribusikan Narkoba ke Pasangan Selebritas Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Sumber : Nakita.ID

Baca Lainnya