Hasil Tes DNA Pasien Rumah Sakit Jiwa yang Diduga Adalah Sosok Ajun Brigadir Asep Akhirnya Terungkap!

Rabu, 16 Juni 2021 | 12:03
Instagram

Ini yang Membuat Pihak Keluarga Yakin bahwa Zainal Abidin Adalah Abrip Asep

Suar.ID - Seorang pasien Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Banda Aceh sempat menjadi sorotan karena diduga seorang anggota dari kepolisian.

Pria dengan gangguan kejiwaan itu diduga Ajun Brigadir Asep yang hilang setelah tersapu tsunami di Banda Aceh pada tahun 2004 lalu.Pasien RSJ itu dipanggil Zainal Abidin, seperti nama rumah sakit jiwa tempatnya dirawat.Pria itu diduga adalah sosok Ajun Brigadir Polisi (Abrip) Asep yang sebelumnya diyakini hilang dan telah meninggal dunia saat Tsunami Aceh 2004.

Baca Juga: Dosanya 2 Kali Lipat! Diduga Gara-gara Ilmu Hitam Pria Ini Ngamuk di Masjid Tanpa Busana Usai Bunuh Anak dan Istrinya SendiriMengutip dari Kompas.com, pihak Polda Aceh sebelumnya dilaporkan telah melakukan pencocokan ciri-ciri fisik dan menyebut bahwa 80 persen tanda fisik Asep dan Zainal identik.

Setelah pencocokan ciri-ciri fisik, pengecekan DNA pun dimulai.

Tiga anggota keluarga terduga Ajun Brigadir (Abrip) Asep menjadi sampel untuk pencocokan DNA.Ketiga orang itu adalah Syaiful (terduga adik kandung), Mahyudin (terduga kakak kandung), dan Wahab (terduga paman).

Baca Juga: Lupa Ingatan dan Bertingkah Seperti Anjing, Tabiat Aneh Bocah 10 Tahun Sebelum Meninggal Digigit Anjing Tetangga Diungkap sang Ibu, Pemilik: Jalur Hukum Pun Kami Layani Kelen...

Ketiganya menjadi sampel pembanding untuk mencari kecocokan DNA dari garis keturunan.

"Pengujian DNA diambil dari sampel air liur dan rambut," kata Legowo usai menyerahkan hasil tes DNA kepada terduga keluarga yang dikutip dari Kompas.com pada Selasa (15/6/2021).Hasil DNA pun ternyata terbukti berbeda.Meski terduga keluarga mengatakan ada kemiripan wajah antara pria yang ditemukan di Aceh dengan Abrip Asep, hasil tes DNA menyatakan hal sebaliknya.

"Tidak ada kecocokan DNA. Sehingga, belum diketahui siapa keluarga kandung dari terduga Abrip Asep tersebut," kata Legowo.

Perwakilan keluarga, Hidarsel mengaku keluarga besar mempercayai hasil tes DNA tersebut.

Baca Juga: Dikabarkan Membiayai Semua Acara Lamarannya dengan Rizky Billar, Ternyata Ini Sejumlah 'Pabrik Uang' Milik Lesti Kejora yang Jarang Diketahui Orang

Meski mengaku kecewa, keluarga besar menerima hasil tes tersebut dan merasa tidak perlu melakukan tes ulang.

"Intinya kami menerima hasil tes tersebut. Tadinya kami yakin kalau benar, ternyata hasil tes seperti itu. Kami percaya karena kepolisian yang menyatakan," kata Hidarsel.Diberitakan sebelumnya, hasil uji DNA pria diduga anggota Brimob asal Lampung yang ditemukan di Aceh tidak cocok dengan keluarga.

Hasil uji DNA itu telah disampaikan kepada keluarga terduga anggota Brimob itu di Desa I, Kecamatan Natar, Lampung Selatan.

Editor : Adrie Saputra

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya