India Makin Meresahkan, Sembuh dari Covid-19, Para Pasien Ini Malah Terinfeksi Jamur Hitam hingga Alami Kebutaan

Minggu, 09 Mei 2021 | 14:45
Tangkap layar Getty Image

(Ilustrasi) Pasien Covid-19 di barak perawatan darurat karena membludaknya pasien infeksi Covid-19 di India.

Suar.ID -Kasus mukormikosis, umumnya dikenal sebagai jamur hitam, sedang meningkat di antara para penyintas Covid-19.

Hal ini dapat menyebabkan kebutaan atau masalah serius lainnya, kata pejabat kesehatan di Maharashtra dan Gujarat pada hari Sabtu.

Mathur Savani, ketua Rumah Sakit Super Multi-spesialisasi Kiran yang berbasis di Surat, mengatakan pasien mukormikosis datang ke rumah sakitnya dari banyak tempat di Gujarat, seperti melansir India Today, Minggu (9/5/2021).

"Lima puluh pasien mukormikosis sedang dirawat dan 60 lainnya sedang menunggu pengobatan," kata Savani kepada PTI (Press Trust of India).

Baca Juga: Miris, Bukannya Membantu, Para Miliarder di India justru Kabur dengan Jet Pribadi saat Covid-19 di Negaranya Meledak

Tujuh pasien seperti itu kehilangan penglihatan mereka, katanya.

Rumah sakit sipil di Surat telah mendirikan fasilitas untuk pasien seperti itu, kata Petugas Medis Residen Dr Ketan Naik.

Di Ahmedabad, setidaknya lima pasien mukormikosis dioperasi setiap hari di rumah sakit sipil Asarva, kata seorang dokter senior.

Baca Juga: Dihantam 'Gelombang Tsunami Covid-19,' Kisah Pilu Datang Silih Berganti di India, Membuang Ibu di Jalan, Bunuh Diri, hingga Tebang Pepohonan untuk Kremasi Jenazah

"Kami mendapatkan lima hingga 10 kasus seperti itu setiap hari, terutama sejak gelombang kedua COVID-19 dimulai," kata Dr Devang Gupta, spesialis THT di rumah sakit tersebut.

“Sedikitnya satu dari lima kasus terkait mata. Banyak yang menderita kebutaan,” ujarnya.

Di Maharashtra, setidaknya delapan penyintas COVID-19 telah kehilangan penglihatan di matanya karena mukormikosis dan 200 lainnya sedang dirawat, kata Dr Tatyarao Lahane, yang mengepalai Direktorat Pendidikan dan Penelitian Medis.

"Mereka selamat dari COVID-19 tetapi infeksi jamur menyerang sistem kekebalan mereka yang melemah," katanya.

Penyakit ini bukan hal baru tetapi sedang meningkat di antara pasien COVID-19 karena penggunaan steroid meningkatkan kadar gula dan beberapa obat menekan kekebalan pasien.

"Dalam situasi seperti itu, jamur mudah menginfeksi pasien. Dalam satu kasus, salah satu mata pasien harus dihilangkan secara permanen untuk menyelamatkan hidupnya," kata Dr Lahane.

Baca Juga: Jarang Muncul di TV dan Pilih Banting Setir Buka Warung Makan, Artis Senior ini Pun Pamerkan Dapur Mewah di Rumahnya yang Lengkap dengan Perabotan Elit, Begini Penampakannya...

Orang-orang dengan kekebalan atau komorbiditas yang ditekan lebih rentan terhadap infeksi jamur hitam.

Gejala mukormikosis termasuk sakit kepala, demam, nyeri di bawah mata, hidung tersumbat atau sinus dan kehilangan penglihatan sebagian, kata Dr. Lahane.

Dr Hetal Marfatia, profesor dan kepala departemen THT di rumah sakit KEM yang dikelola pemerintah di Mumbai, mengatakan lonjakan kasus mukormikosis terjadi dalam dua minggu terakhir.

"Rata-rata dua atau tiga pasien seperti itu mengunjungi rumah sakit setiap hari," katanya.

Banyak dari pasien ini berasal dari luar Mumbai dan tidak mampu membayar biaya pengobatan, katanya.

Infeksi jamur ini terungkap selama 'gelombang' pertama pandemi, biasanya beberapa minggu setelah pasien dipulangkan, kata Dr Marfatia.

Baca Juga: Wow! Foto Anak Mulan Jameela yang Pakai Kacamata Ini Mendadak jadi Sorotan Netizen dan Banjir Pujian

Tapi sekarang beberapa pasien tertular infeksi ini bahkan saat menjalani pengobatan COVID-19, katanya.

Anggota Niti Aayog (Health) VK Paul pada hari Jumat mengatakan kasus mukormikosis ditemukan pada pasien COVID-19.

“Penyakit ini disebabkan oleh jamur bernama mucor, yang ditemukan pada permukaan basah. Hal ini sebagian besar terjadi pada orang yang menderita diabetes. Hal ini sangat jarang terjadi pada mereka yang bukan penderita diabetes. Tidak ada wabah besar dan kami sedang memantaunya," katanya.

"Saat pasien dalam perawatan oksigen, harus dipastikan bahwa air tidak bocor dari lembab (untuk mencegah pertumbuhan jamur)," katanya, sambil juga menyerukan "penggunaan yang rasional" dari steroid dan obat-obatan seperti Tocilizumab untuk mengobati pasien COVID-19.

Editor : Tatik Ariyani

Baca Lainnya