Doyan Makan Opor Ayam, Sebelum Masak Jangan Lagi Cuci Daging Ayam Mentah, Bisa Jadi Penyakit Mengerikan ini Menanti!

Rabu, 12 Mei 2021 | 12:01
Sajian Sedap

Doyan Makan Opor Ayam, Sebelum Masak Jangan Lagi Cuci Daging Ayam Mentah, Bisa Jadi Penyakit Mengerikan ini Menanti!

Suar.ID -Sudah menjadi tradisi tiap kali lebaran pasti ada yang namanya opor ayam.

Opor ayam ini memanglah selalu nikmat untuk dinikmati saat lebaran.

Namun sebelum memasak opor ayam, ada baiknyaAnda tak mencuci ayam mentah ini sebelum diolah.

Hal ini sering kali dilakukan demi memastikan makanan akan tetap higienis.

Baca Juga: Jalani Prosesi Melahirkan Seorang Diri Tanpa Ditemani Sang Suami Gegara Positif Covid-19, Lalu Siapakah Nama Anak Pertama Rizki DA dan Nadya Mustika ini? Begini Pengakuan Ridho DA, Sebut Kalau Keduanya Punya Nama Masih-masing

Kendati demikian, nyatanya memasak daging ayam mentah ini sebaiknya tak dicuci terlebih dahulu.

Dilansir Sajiansedap.ID via FoxNews,Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menuliskan tweet pada 26 April 2019 terkait dengan cara pencegahan penyakit dari bakteri pada daging ayam.

Pencegahan Bakteri Pada Ayam

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menuliskan tweet pada 26 April 2019 untuk mencegah penyakit dari bakteri yang ada di daging ayam.

"Orang Amerika makan lebih banyak ayam setiap tahun daripada daging lainnya," kata CDC.

Baca Juga: Terbongkar Karakter Psikopat usai Tega Aniaya Anak dan Istri, Suami Yuyun Sukawati Ditetapkan jadi Tersangka dan Resmi Ditahan

“Ayam bisa menjadi pilihan yang bergizi, tetapi ayam mentah sering terkontaminasi dengan bakteri Campylobacter dan kadang-kadang dengan bakteri Salmonella dan Clostridium perfringens.

"Jika Anda makan ayam yang kurang matang atau makanan atau minuman lain yang terkontaminasi oleh ayam mentah atau jusnya (cairan), Anda bisa mendapatkan penyakit bawaan makanan, yang juga disebut keracunan makanan.”

Pixabay
Pixabay

Ilustrasi daging ayam mentah

Badanini merekomendasikan untuk menempatkan ayam mentah dalam kantong sekali pakai.

Hal ini dilakukan sebelum menempatkannya di keranjang belanja atau lemari es, mencuci tangan dengan air sabun setelah memegangnya.

Baca Juga: Lama Tak Muncul di Dunia Hiburan Tanah Air, Rupannya Mantan Kekasih Nia Ramadhani yang Punya Julukan 'Justin Timberlakenya Indoesia' ini Kini Banting Setir Jualan Roti Demi Dapur Tetap Ngebul, Mulai dari Baim Wong Hingga Afgan Pun Jadi Langganan

CDCpun menyarankan menggunakan talenan terpisah untuk mengolah ayam.

Selain itu ada baiknya untuktak pernah menempatkan makanan yang dimasak atau produk segar pada permukaan yang sama dengan ayam mentah.

Selanjutnya, disarankan juga untuk menggunakan termometer makanan untuk memastikan ayam dimasak.

Selain tips-tiips ini, CDC menyarankan agar tidak mencuci ayam mentah.

Baca Juga: Ditanya Puasa Atau Tidak Oleh Netizen Saat Tinggal di Amerika, Salmafina Sunan Auto Ngamuk, Sempat Sindir Balik dengan Sebut Tak Sopan Hingga Berikan Balasan Menohok ini: Mungkin Ketinggalan Berita!

Kenapa? karena "jus (cairan) dari ayam dapat menyebar di dapur dan mencemari makanan, peralatan, dan meja dapur lainnya."

Penyakit serius dapat terjadi karena keracunan makanan terutama pada anak-anak di bawah 5 tahun.

Tak cuma itu bahkan untukorang di atas 65 tahun dan mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah serta wanita hamil.

Dikutip dari NHS, mencuci ayam mentah sebelum dimasak dapat meningkatkan risiko keracunan makanan dari bakteri Campylobacter.

Baca Juga: Nekat Sebut Suara Siti Badriah Paling Jelek hingga Dihujat Sang Biduan dan Suaminya, Lesti Kejora Akhirnya Buka Suara: Semoga Ini bisa Menjadi Pembelajaran

Hal ini dikarenakan percikan air dari mencuci ayam di bawah keran dapat menyebarkan bakteri ke tangan, permukaan kerja, pakaian, dan peralatan memasak.

Tetesan air ini nantinya dapat berjalan lebih dari 50 cm ke segala arah dan hanya dengan beberapa sel Campylobacter sudah bisa menyebabkan keracunan makanan.

Pixabay
Pixabay

Ilustrasi daging ayam

Di Inggris sendiri, sebagian besar kasus infeksi Campylobacter berasal dari unggas.

Ini dikarenakan sekitar 50% dari ayam yang dijual di Inggris membawa bakteri.

Baca Juga: Semakin Hari Penampilan Indah Permatasari Semakin Bikin Terenyuh, Bilangnya Selalu Dimanja Suami, Penampilan Istri Arie Kriting Setelah 3 Bulan Menikah Bikin Kaget

Keracunan Campylobacter ini nyatanya dapat menyebabkan sakit perut, diare parah, dan kadang-kadang muntah antara dua dan lima hari.

Dalam kasus tertentu, itu juga dapat menyebabkan sindrom iritasi usus, artritis reaktif dan sindrom Guillain-Barré.

Baca Juga: Ingin Cepet Kaya, Lucinta Luna Ternyata Pernah Jalani Pekerjaan Haram hingga Dimaki-maki karena Ketahuan Sedang Melakukan Aktivitas Tidak Senonoh Ini: Untung Aku Nggak Dijambak-jambak

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Sumber : sajiansedap.com

Baca Lainnya