Walau Inggris Berduka Atas Kematian Pangeran Philip, Tapi Rupanya Tidak Ada Upacara Pemakaman Kenegaraan untuknya, Mengapa?

Sabtu, 10 April 2021 | 09:03
TribunStyle

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip

Intisari-online.com -Kerajaan Inggris dan rakyatnya berduka atas kehilangan Pangeran Philip, suami dari Ratu Elizabeth II.

Kepergian Duke of Edinburgh tersebut diumumkan oleh Istana Buckingham melalui berbagai kanal.

Namun demikian, Inggris tidak akan menggelar upacara pemakaman kenegaraan bagi mendiang Pangeran Philip.

Selain itu, Kerajaan Inggris juga tidak memberikan kesempatan bagi rakyatnya untuk memberikan penghormatan terakhir sebelum pemakaman.

Baca Juga: Puluhan Tahun Dampingi Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip Hembuskan Napas Terakhir usai Didera Masalah Kesehatan

Hal itu diungkapkan oleh College of Arms sebagaimana dilansir Reuters.

Keputusan tersebut diambil karena pandemi Covid-19.

“Pemakaman (Pangeran Philip) tidak akan digelar dengan Pemakaman Kenegaraan dan serta tidak akan didahului dengan persemayaman kenegaraan,” kata College of Arms.

College of Arms menambahkan, jenazah Pangeran Philip akan dibaringkan di Kastil Windsor menjelang pemakamannya di Kapel St George.

Baca Juga: Pangeran Philip Meninggal Dunia pada Usia 99 Tahun, Teringat Selera Humor Duke of Edinburgh yang Tajam Bahkan Kontroversi

“Ini sejalan dengan kebiasaan dan dengan keinginan Yang Mulia (Ratu Elizabeth II)," sambung College of Arms.

College of Arms bertutur, keputusan tersebut dibuat berdasarkan pertimbangan yang matang mengingat masih merebaknya pandemi Covid-19.

“Dan dengan menyesal, diminta agar masyarakat tidak berusaha untuk menghadiri atau berpartisipasi dalam acara apa pun terkait prosesi pemakaman,” imbuh College of Arms.

Diberitakan sebelumnya, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyampaikan belasungkawa dari bangsa kepada Ratu Elizabeth II atas kematian Pangeran Philip.

Baca Juga: Pangeran Harry ‘Diminta Pulang’ untuk Melihat Kakeknya, Pangeran Philip, yang Sedang Dirawat di Rumah Sakit

Johnson juga memuji Pangeran Philip karena memiliki kehidupan dan pengabdian yang luar biasa sebagaimana dilansir AFP.

Dia menambahkan, Duke of Edinburgh mendapatkan kasih sayang baik dari keluarga di rumah, negara-negara Persemakmuran, dan bahkan dari seluruh dunia.

"Kami berterima kasih, sebagai bangsa dan kerajaan, atas kehidupan dan karya yang luar biasa Pangeran Philip, Duke of Edinburgh," kata Johnson.

Sementara itu, Perdana Menteri Australia Scott Morrison memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang di Australia untuk menghormati kematian Pangeran Philip.

Baca Juga: Pangeran Charles Dinyatakan Positif Virus Corona, Bagaimana Kondisi Ratu Elizabeth?

Morrison bertutur, berpulangnya Pangeran Pilip adalah wujud kepergian generasi yang tidak akan pernah dijumpai lagi.

"Keluarga Persemakmuran bergabung bersama dalam kesedihan atas kepergian Pangeran Philip,” ujar Morrison.

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik?Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di sini

Editor : Maymunah Nasution

Baca Lainnya