Pangeran Philip Meninggal Dunia pada Usia 99 Tahun, Teringat Selera Humor Duke of Edinburgh yang Tajam Bahkan Kontroversi

Jumat, 09 April 2021 | 19:20
The New York Times

Pangeran Philip

Suar.ID – Pangeran Philip meninggal dunia pada usia 99 tahun setelah mendedikasikan hidupnya untuk pelayanan publik.

Kariernya pun dipenuhi dengan lelucon yang mencengangkan.

Selain menjadi berbakti pada keluarga dan negaranya, Duke of Edinburgh dikenang karena kecerdasannya yang berlidah perak, dengan sesekali kontroversi di sepanjang jalan.

Saat menonton Sir Elton John selama Royal Variety Performance 2001, dia bergumam dengan berkesan, "Saya berharap dia mematikan mikrofon."

Baca Juga: Pangeran Harry ‘Diminta Pulang’ untuk Melihat Kakeknya, Pangeran Philip, yang Sedang Dirawat di Rumah Sakit

Setelah Kadet Laut Barnstaple yang berusia 24 tahun Elizabeth Rendle memberi tahu Duke bahwa dia juga bekerja di klub malam pada tahun 2010, dia bertanya, "Apakah Anda bekerja sebagai anak telanjang?"

Pada tahun 1967, Duke of Edinburgh, memberikan tanggapan yang sangat jujur ​​ketika ditanya apakah dia pernah mengunjungi Uni Soviet.

Dia berkata, "Saya sangat ingin pergi ke Rusia, meskipun pelacur itu membunuh setengah dari keluarga saya."

Membuat lelucon yang agak meragukan tentang resesi yang mengerikan di awal tahun delapan puluhan, Duke menyindir, “Semua orang mengatakan kita harus memiliki lebih banyak waktu luang. Sekarang mereka mengeluh bahwa mereka menganggur."

Baca Juga: Pangeran Charles Dinyatakan Positif Virus Corona, Bagaimana Kondisi Ratu Elizabeth?

Pangeran Philip dikenal tidak menahan diri dengan selebriti saat dia menyebut lagu Tom Jones "mengerikan" pada tahun 1969.

Dia tidak takut membawanya pada puncak ketenarannya, bertanya kepada penyanyi Welsh, "Kamu berkumur dengan apa, kerikil?"

Beberapa komentar Pangeran Philip yang lebih dekat mengundang kontroversi.

Dia mengatakan pada pertemuan World Wildlife Fund (WWF) pada tahun 1986, "Jika ia memiliki empat kaki dan itu bukan kursi, jika memiliki dua sayap dan terbang tetapi bukan pesawat terbang dan jika berenang dan itu bukan kapal selam , orang Kanton akan memakannya."

Kesalahan terbaru terjadi pada Malam Tahun Baru 2017, ketika dia diduga bertanya apakah seorang pria berjanggut adalah seorang teroris.

Duke of Edinburgh sedang berjalan bersama Putri Anne ke kebaktian gereja pagi ketika dia melihat seorang pria di antara kerumunan yang memiliki janggut panjang.

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II.

Seorang saksi mata berkata, “Philip mengucapkan Selamat Tahun Baru kepada banyak orang dan kemudian dia melihat pria ini dengan janggutnya yang khas.”

Dia menunjuk ke arahnya dengan cara yang lucu dan menoleh ke salah satu pengawal kerajaannya, berkata: 'Apakah itu teroris?' "

Momen tak terlupakan yang terekam dalam film adalah pada tahun 2015 ketika dia duduk untuk berfoto dengan para veteran menandai ulang tahun ke-75 Pertempuran Inggris.

Baca Juga: Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip Alami Kecelakaan, Mobil Berguling Beberapa Kali

Jelas tidak senang dengan kekacauan di sekitarnya saat para fotografer mencoba mengatur foto-foto itu, dia berteriak: "Ambil saja fotonya!"

Dan pada tahun 2001, Duke mengatakan kepada sekelompok perempuan anggota parlemen dari Partai Buruh di pesta minuman Istana Buckingham, "Ah, jadi ini adalah sudut feminis mereka."

Pangeran Philip meninggal pada usia 99 dan dia meninggalkan istrinya, Ratu, setelah pasangan itu merayakan 73 tahun pernikahan mereka yang mengesankan pada November tahun ini.

Duke juga meninggalkan keempat anak mereka, Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward serta delapan cucu dan sembilan cicit, termasuk putra Putri Eugenie yang baru lahir.

Philip pensiun dari tugas publik pada Agustus 2017 setelah menyelesaikan 22.219 tugas sendiri sejak menjadi Pangeran Selir pada 1952.

Philip juga bertugas di Royal Navy dari tahun 1939 hingga 1952 dengan karir angkatan lautnya terhenti setelah Ratu naik tahta setelah kematian ayahnya Raja George VI.

Pangeran Philip lahir sebagai Pangeran Phillippos dari Yunani dan Denmark pada 10 Juni 1921, putra tunggal Pangeran Andrew dari Yunani dan Putri Alice dari Battenberg.

Dia hidup lebih lama dari keempat saudara perempuannya.

Baca Juga: Kisah Romantis Ratu Elizabeth II dan Pangeran Phillip, Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama

Editor : K. Tatik Wardayati

Baca Lainnya