Ngeri, Mengandung Setetes Darah Manusia, Sepatu Setan Ini Dituntut Nike

Kamis, 01 April 2021 | 05:30
kompas.com

Nike tuntut sepatu

Suar.ID -Nike menuntut perusahaan MSCHF asal Brooklyn karena menjual sepasang "Sepatu Setan" yang kontroversial.

Sepatu itu mengandung setetes darah manusia di solnya.

Sepatu seharga 1.018 dollar AS (Rp 14,7 juta) itu menampilkan salib terbalik, pentagram, dan tulisan "Lukas 10:18".

Sepatu tersebut dibuat dengan menggunakan modifikasi Nike Air Max 97s.

Baca Juga: Gugat Cerai Adilla Dimitri, Postingan Terakhir Wulan Guritno jadi Sorotan: Kau Bisa Menendang Apapun dengan Sepatu yang Tepat

MSCHF merilis sepatu 666 pada Senin (29/3/2021), bekerja sama dengan rapper Lil Nas X dan mengklaim bahwa sepatu-sepatu itu terjual habis dalam waktu kurang dari satu menit.

Lantas, Nike mengklaim telah terjadi pelanggaran merek dagang.

Sepatu hitam dan merah itu diluncurkan oleh MSCHF pada hari Senin.

Sepatu tersebut diluncurkan bertepatan dengan peluncuran lagu terbaru Lil Nas X Montero (Call Me By Your Name), yang memulai debutnya di YouTube pada Jumat lalu.

Baca Juga: Pria Ini Berjalan dengan 150 Kg Pelat Baja dan Bikin Warga Heboh, Ternyata Ini Tujuannya yang Bikin Geleng-geleng Kepala

Dalam video musik itu, rapper tersebut terlihat meluncur dari tiang penaristripteasedari surga ke neraka mengenakan sepasang sepatu trainer.

Video itu mengacu pada ayat Alkitab Lukas 10:18 - "Jadi Dia mengatakan kepada mereka, 'Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit."

Setiap sepatu menampilkan sol dengan bantalan gelembung udara khas Nike, berisi tinta merah sebanyak 2,03 ons dan setetes darah manusia.

Darah manusia itu disumbangkan oleh anggota kelompok seni.

MSCHF
MSCHF

Sepatu Setan Nike

Baca Juga: Bocor ke Publik! Ternyata Ariel NOAH Memiliki Barang yang Sama dengan Agnez Mo, Netizen: Kembar Ciye

Perusahaan sepatu raksasa, Nike, dalam gugatannya ke Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Timur New York mengatakan bahwa mereka tidak menyetujui atau mengesahkan Sepatu Setan itu.

Nike meminta pengadilan untuk menghentikan MSCHF menjual sepatu itu dan mencegah mereka menggunakan tanda Swoosh khas Nike yang terkenal.

"MSCHF dan Sepatu Setannya kemungkinan besar akan menyebabkan kebingungan serta menciptakan keterkaitan yang keliru, antara produk MSCHF dan Nike," kata Nike dalam gugatannya.

"Faktanya, sudah ada bukti kebingungan yang signifikan yang terjadi di pasar, termasuk seruan untuk memboikot Nike sebagai tanggapan atas peluncuran Sepatu Setan MSCHF, berdasarkan keyakinan yang keliru bahwa Nike telah mengizinkan atau menyetujui produk ini."

Saint

Musisi Lil Nas X. Bikin Sepatu Setan yang Disuntik Darah Manusia, Nike Blacklist dan Gugat Label Desainer

Baca Juga: Sama-sama Jomblo, Agnez Mo dan Ariel NOAH Kian Gencar Dijodohkan Warganet, Kini Keduanya Malah Kepergok Kembaran Pakai Barang ini, Netizen: Kembar CIyeee...

Gugatan tersebut mengutip unggahan akun Twitter @Saint Jumat lalu, yang mempromosikan sepatu itu.

Beberapa penganut paham Konservatif, termasuk Gubernur Dakota Selatan Kristi Noem dan beberapa pengikut agama, tersinggung dengan desain sepatu yang kontroversial itu dan mengkritik Lil Nas X dan MSCHF di Twitter.

Lil Nas X membalas gubernur dan kritikus lainnya di Twitter dan pada hari Senin, ia mengunggah beberapa meme di profilnya sebagai tanggapan atas berita tentang gugatan Nike.

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Twitter, Serambi News

Baca Lainnya