'Saya Memakan Teman-teman Saya yang Sudah Meninggal untuk Tetap Hidup', Beginilah Kisah Pilu Para Penumpang yang Selamat dari Kecelakaan Pesawat Namun Harus Bertahan Hidup di Tempat Terpencil Selama 72 Hari

Minggu, 28 Maret 2021 | 19:57
Mirror.co.uk

Coche harus bertahan 72 hari di Andes sebelum dia dan teman-temannya diselamatkan

Suar.ID -Jose Luis 'Coche' Inciarte mengalami 72 hari di Andes setelah kecelakaan pesawat yang mengerikan.

Kecelakaan pesawat tersebut membuat 27 orang yang selamat berusaha mati-matian untuk tetap hidup di lokasi terpencil setelah upaya pencarian dibatalkan.

Berikut ini adalah cerita Jose Luis 'Coche' Inciarte bertahan hidup di lokasi terpencil setelah selamat dari kecelakaan pesawat, seperti melansir Mirror.co.uk, Minggu (28/3/2021).

Memeluk tunangan saya Soledad untuk terakhir kalinya, saya berbalik dan melewati pemeriksaan paspor.

Baca Juga: ‘Itu Adalah Pesawat yang Indah’ Kisah Pilot Perang Dunia II yang Terbangkan Splitfire Ini Meninggal pada Usia 103 Tahun

Melihat ke belakang saat saya berjalan menuju pesawat, saya bisa melihatnya melambai ke arah saya dari balkon bandara.

Saya akan merindukannya, tetapi saya senang dengan perjalanan empat hari saya ke Santiago di Chili, di mana beberapa teman saya akan bermain rugby.

Malam itu, angin kencang berarti kami harus singgah di Argentina, tetapi keesokan harinya, 13 Oktober 1972, kami berangkat lagi dan ada suasana pesta di pesawat di antara 42 penumpang.

Saya duduk di sebelah sahabat saya, Gaston, tetapi seseorang meminta saya pergi, jadi saya mengambil tempat duduk lebih jauh ke depan.

Baca Juga: Terkenal Miliki Paras Tampan dan Kaya Raya, Ternyata Pangeran Harry Jago Terbangkan Heli Tempur dan Kerap Jalankan Misi Berbahaya, Bahkan Nyaris Diculik Taliban!

Pramugari terus meminta kami untuk duduk tetapi tidak ada yang mendengarkan.

Sekitar 90 menit setelah penerbangan kami, kami medapatkan kantong udara, dan kemudian saya mendengar pilot berteriak, "Beri saya kekuatan."

Mirror.co.uk

Para penumpang yang selamar saling berkorban dan bekerja sama untuk tetap hidup

Saya merasa pesawat berada di tanjakan yang curam dan kami langsung menuju ke sebuah gunung. Kemudian terjadi tabrakan besar saat sayap menghantam bebatuan.

Kembali ke kursi, saya meletakkan kepala di antara kedua kaki dan memejamkan mata, yakin, pada usia 24 tahun, saya akan mati.

Saya merasakan udara dan salju meluncur melewati saya saat pesawat meluncur menuruni gunung.

Kemudian, saat berhenti, ada saat keheningan total yang dengan cepat diikuti oleh teriakan minta tolong.

Di depan saya, saya melihat tumpukan mayat, koper dan kursi pesawat yang terlepas, tetapi ketika saya melihat ke belakang tidak ada apa-apa.

Baca Juga: Heboh Cerita Kiky Saputri soal Pengalamannya yang Tak Menyenangkan dan Dikaitkan dengan Sule, Nathalie Holscher Langsung Bela Suaminya: Kalau Cerita Jangan Terlalu Tergesa-gesa!

Bagian belakang pesawat benar-benar hilang, membawa Gaston dan teman-teman kami bersamanya.

Kami melompat keluar ke salju tapi kami tenggelam sampai pinggang kami, jadi kami bergegas kembali ke badan pesawat, tempat kami merawat yang terluka.

Ada 27 dari kami yang hidup, dengan 24 tidak terluka. Saya memiliki luka kecil di lutut saya.

Waktu malam tiba dengan cepat, jadi saya mengacak-acak jaring di badan pesawat. Dalam kegelapan saya merasakan panas tubuh pria lain, Roberto Canessa, 19 tahun.

Kami menghabiskan malam meringkuk bersama mencoba untuk tetap terjaga. Kontak manusia itu membuat kami tetap hidup.

Keesokan paginya kami semua membangun dinding dari koper untuk melindungi dari dingin dan mendengarkan radio yang kami temukan, menunggu kabar penyelamatan kami.

Kami yakin bantuan akan datang dan fokus untuk bertahan sampai saat itu tiba.

Kami merebus salju di bawah sinar matahari untuk membuat air dan berbagi sedikit jatah makanan di antara kami.

Baca Juga: Melalui Sosok Ini, Mikhavita Wijaya Istri Bams Samsons Berikan Klarifikasi Terkait Isu Perselingkuhan Yang Beredar

Setelah 10 hari kami mendengar berita yang menghancurkan bahwa pencarian telah dibatalkan.

Itu adalah pukulan yang mengerikan. Berpikir untuk bertemu ibu saya dan Soledad lagi membuat saya terus maju - sekarang kami harus menghadapi kemungkinan sekarat di gunung.

Mengetahui kami tidak memiliki makanan yang tersisa, kami mulai mendiskusikan hal yang tidak terpikirkan - memakan daging beku dari teman-teman kami yang telah meninggal.

Itu berarti melanggar tabu terakhir dan kami berdebat bolak-balik, tetapi kemudian sesuatu yang luar biasa terjadi.

Para pria mulai berkata bahwa jika mereka mati, mereka akan dengan rela memberikan tubuh mereka kepada teman-teman mereka. Menghadapi kematian, kami semua membuat perjanjian mengasihi.

Tapi makan daging manusia tidaklah mudah. Pikiran Anda harus memaksa tubuh Anda untuk melakukannya. Mulut saya tidak mau terbuka dan ketika terbuka saya tidak bisa menelan.

Mirror.co.uk

Kini, Coche dan Soledad telah menjalani kehidupan yang bahagia dengan anak-anak dan cucu

Saya merasa sangat jijik atas apa yang saya lakukan dan makan sesedikit mungkin. Tapi akhirnya naluri bertahan hidup menang.

Enam belas hari setelah kecelakaan itu, kami mendengar suara seperti 300 kuda berlari ke arah kami. Saat saya mencoba untuk berdiri, semuanya meledak.

Baca Juga: Curiga Hamil Duluan Karena Tiba-tiba Anaknya Diajak Kawin Padahal Belum Sempat Pacaran, Begini Reaksi Ibu Veronica Tan Saat Ahok Datang Untuk Melamar Sang Putri Kesayangan

Oksigen tersedot keluar dari badan pesawat saat longsoran salju mengubur kami di bawah beberapa meter salju.

Kaki teman saya Fito ada di wajah saya, menciptakan kantong udara, tetapi dengan sedikit oksigen saya merasa tubuh saya menyerah pada kematian.

Kemudian Fito diangkat dari salju dan paru-paruku dipenuhi udara. Kami menggali seperti binatang untuk menyelamatkan yang lain, tetapi delapan orang meninggal.

Kami menghabiskan tiga hari di dalam badan pesawat. Semuanya tertutup salju dan kami bahkan tidak bisa meregangkan kaki.

Akhirnya kami menggali terowongan menuju kokpit dan melarikan diri melalui jendela. Melihat teman-teman saya muncul di salju putih bersih setelah dikubur selama tiga hari terasa simbolis, seperti kami semua telah dilahirkan kembali.

Namun, menghabiskan waktu itu di kurungan yang sesak menyebabkan gangren di kaki kanan saya.

Untuk menghindari perlunya amputasi, saya memotong kaki saya dengan silet untuk mengalirkan oksigen ke luka sehingga saya bisa mengeluarkan nanah.

Sejak saat itu saya sangat kesakitan untuk bergerak dan hampir tidak bisa makan. Berat badan saya turun 45 kilogram, setengah dari berat badan saya. Tetapi teman-teman saya membawakan saya air setiap hari dan memaksa saya untuk makan.

Kemudian, pada 12 Desember, Roberto Canessa, Nando Parrado dan Antonio 'Tintín' Vizintín berangkat berjalan kaki ke Chili untuk mencari bantuan.

Sepanjang November kami telah mempersiapkan mereka untuk ekspedisi, memberi mereka lebih banyak jatah, tempat tidur yang lebih baik, dan kantong tidur yang kami buat.

Meskipun Tintín kembali, secara ajaib Roberto dan Nando melintasi Andes dengan berjalan kaki dalam 10 hari.

Kisah mereka diceritakan dalam buku Alive, tetapi keberanian mereka bukan milik saya untuk diceritakan. Sebaliknya saya adalah salah satu pria yang menunggu di belakang.

Saya telah memutuskan bahwa jika bantuan tidak datang sebelum 24 Desember, saya akan membiarkan diri saya mati. Tetapi pada tanggal 22 kami mendengar bantuan datang.

Kami semua berpelukan dan untuk pertama kalinya menggunakan jatah air untuk mencuci muka dan rambut.

Setelah 72 hari, suara helikopter penyelamat kami adalah musik yang paling indah. Saya merasakan kelegaan yang manis ketika penyelamat saya melemparkan saya ke helikopter.

Alih-alih mati, saya menghabiskan 26 Desember minum sampanye dengan 16 rekan saya yang selamat, berkumpul kembali dengan ibu saya dan Soledad.

Ketika mereka datang mencari saya di bangsal rumah sakit di Santiago, tidak satu pun dari mereka yang mengenali saya karena berat badan saya turun begitu banyak.

Dengan rambut panjang terurai, kerangka yang nampak, dan wajah yang terbakar matahari, kami semua terlihat sama.

Di gunung saya bersumpah bahwa jika aku selamat, aku akan menjalani hidup yang sederhana dan bahagia untuk menghormati mereka yang meninggal.

Saya menikahi Soledad delapan bulan kemudian dan dengan tiga anak dan delapan cucu kami, saya bangga mengatakan bahwa saya telah melakukan hal itu.

Saya menderita kanker tetapi saya menjalani hidup tanpa rasa takut, bersyukur atas apa yang saya miliki.

Meskipun 16 dari kami selamat, banyak keluarga dari lingkungan kami di Carrasco di Uruguay sedang berduka atas orang-orang terkasih yang telah meninggal, jadi saya menunggu lama sebelum saya merasa dapat berbicara di depan umum tentang pengalaman kami.

Akhirnya saya mulai berbicara tentang hal itu, berbagi dengan orang lain pengorbanan luar biasa yang kami lakukan untuk satu sama lain.

Di gunung itu saya melihat yang terbaik dari jiwa manusia, bagaimana kami berjuang untuk satu sama lain melawan segala rintangan.

Saya belajar di sana bahwa memberi adalah kunci kebahagiaan. Meskipun kami tidak memiliki apa-apa, kami memberikan segalanya untuk satu sama lain dan saya merasa bangga karenanya.