'Manusia Bisa Abadi dan Orang Mati Bisa Hidup Kembali', Pria Ini Klaim 4 Rencana untuk Membawa Manusia pada Keabadian dengan 'Peta Jalan Keabadian'

Selasa, 23 Maret 2021 | 14:30
Geeks of Doom

Ilustrasi bangkit dari kematian.

Suar.ID -Manusia suatu hari nanti bisa hidup selamanya dan bahkan menghidupkan orang mati, kata seorang "transhumanisme".

Transhumanisme adalah ideologi atau pemahaman yang menganjurkan peningkatan kondisi manusia dengan mengembangkan dan membuat teknologi canggih untuk meningkatkan umur panjang, suasana hati, dan kemampuan kognitif.

Melansir Daily Star, Minggu (22/3/2021), Alexey Turchin adalah seorang akademisi Rusia yang telah mendedikasikan karyanya untuk mengejar keabadian.

Dia terinspirasi oleh kematian seorang teman masa kecilnya ketika dia baru berusia 11 tahun.

Baca Juga: 100% Tepat, Antara Percaya atau Tidak, 5 Artis Ini Bisa Meramalkan Kematiannya Sendiri, Nomor 2 Paling Tragis!

Dia telah menerbitkan beberapa buku tentang subjek tersebut.

Baru-baru ini, Turchin merilis sebuah makalah berjudul Klasifikasi Pendekatan Kebangkitan Teknologi untuk Foundation Science for Life Extension di Moskow.

Ditulis bersama sesama sarjana Maxim Chernyakov, makalah tersebut berisi sesuatu yang disebut "Peta Jalan Keabadian" yang merinci empat jalur berbeda menuju kehidupan tanpa batas sehingga pembaca dapat "memilih petualangan mereka sendiri".

Jika satu rencana perpanjangan hidup gagal, ada tiga rencana lain sebagai cadangan.

Baca Juga: Berjuang Hidup dan Mati Karena Terjadi Pengentalan Darah Usai Tepapar Covid-19, Ashanty Pun Ceritakan Detik-detik Dirinya Kritis, Akui Sempat Kejang Hingga Kasurnya Goyang Berjam-jam: Di Situ Aku Udah Nyerah, Kayak Sakaratul Maut...

"Kematian tampaknya menjadi peristiwa permanen, tetapi tidak ada bukti nyata tentang tidak dapat diubah (mengenai kematian)," tulis para penulis.

"Di sini kami membuat daftar semua cara yang diketahui untuk membangkitkan orang mati yang tidak bertentangan dengan pemahaman ilmiah kita saat ini tentang dunia. Meskipun saat ini tidak ada metode yang memungkinkan, banyak dari yang tercantum di sini mungkin menjadi layak dengan perkembangan teknologi masa depan, dan bahkan mungkin untuk bertindak sekarang untuk meningkatkan kemungkinannya."

Rencana A hanya bertahan sampai teknologi menjadi cukup maju untuk memperpanjang umur secara buatan.

Sementara itu, manusia yang ingin hidup selamanya harus mencegah kematian dengan mengganti organnya dengan organ yang direkayasa secara biologis atau sekadar bertahan hidup dalam "tubuh nanoteknologi".

Karena metode ini sebagian besar tidak tersedia atau tidak berhasil, Turchin merekomendasikan Plan B - cryonics.

Cryonics adalah membekukan tubuh dengan harapan spekulatif bahwa kebangkitan mungkin terjadi di masa depan sampai solusi dikembangkan.

Layanan cryonics sudah ditawarkan oleh beberapa perusahaan.

Baca Juga: Lihat sang Ibu Selingkuh di Depan Matanya, Aurel Hermansyah Datang ke Pernikahan KD dan Raul Lemos dengan Senyuman: Jangan Merasa Paling Tahu

Plan C adalah "keabadian digital", yang melibatkan pelestarian data tentang orang tertentu sehingga dapat direkonstruksi di masa depan oleh AI.

Ini juga dikenal sebagai "upload pikiran tidak langsung".

Seri distopia teknologi Black Mirror menggambarkan kelemahan dari teknologi semacam ini dalam episode Be Right Back, di mana seorang wanita menciptakan kembali suaminya yang telah meninggal di cyborg berdasarkan sejarah media sosialnya.

Turchin sudah berkomitmen untuk memastikan pelestariannya dalam sejarah internet - dia telah merekam setiap detail menit kehidupannya saat itu terjadi.

Dia berharap suatu hari nanti, seorang superintelligent AI akan dapat mengambil semua informasi ini dan membuat versi digital dirinya sendiri.

Orang digital ini bahkan dapat diunduh ke tubuh induk yang diklon dari tubuh Turchin sendiri saat dia masih hidup, Israel 365 News melaporkan.

Rencana D sederhana: percayalah pada kemungkinan keabadian, baik di level kuantum atau melalui AI.

Turchin merekomendasikan untuk menerapkan keempat pendekatan tersebut agar memiliki kesempatan terbaik untuk hidup selamanya, tetapi itu bisa menjadi penantian yang lama.

Baca Juga: Nasi Sudah jadi Bubur, Hanya Dinikahi Secara Siri oleh Vicky Prasetyo, Kalina Oktarani Ungkapkan Penyesalannya: Saya Akui Sebelumnya Sudah Ada Masalah

"Perkembangan AI berjalan agak cepat, tapi kami masih jauh dari bisa 'mengunduh' manusia ke komputer," katanya kepada Russia Beyond.

"Jika kita ingin melakukannya dengan probabilitas keberhasilan yang baik, maka andalkan (tahun) 2600, untuk memastikannya."

Dan ada teknologi lain yang sedang menunggu yang dapat membantu mewujudkan visinya tentang kehidupan kekal: perjalanan waktu yang menghidupkan kembali orang mati.

"Cara yang lebih spekulatif menuju keabadian termasuk kombinasi superintelligence masa depan pada skala galaksi, yang dapat menggunakan simulasi untuk membangkitkan semua orang yang memungkinkan, dan hukum fisik baru, yang mungkin termasuk perjalanan waktu atau mendapatkan informasi dari masa lalu," tulis surat kabar itu.

Sebuah mesin perjalanan waktu yang kuat akan membutuhkan energi yang sangat besar, yang menurut teori para peneliti dapat disediakan oleh "Dyson Sphere".

Megastruktur hipotetis ini akan sepenuhnya mencakup bintang untuk menangkap sebagian besar output daya.

Sebuah Dyson Sphere di sekitar matahari kita akan menghasilkan kira-kira 400 septillion watt per detik, kata mereka, menyimpulkan bahwa semacam keabadian atau pembalikan kematian tidak hanya mungkin tetapi pasti.

"Ada banyak kemungkinan pendekatan untuk kebangkitan teknologi dan dengan demikian jika perkembangan teknologi masa depan skala besar terjadi, beberapa bentuk kebangkitan tidak bisa dihindari," tulis mereka.

Editor : Tatik Ariyani

Baca Lainnya