Mulanya Dikira Sudah Meninggal Dunia Usai Terkena Tsunami Aceh, 16 Tahun Berlalu Abrip Asep Kini Malah Ditemukan di RSJ, Rupanya Sempat Tak Terurus dan dalam Kondisi Hilang Ingatan Oleh Warga

Sabtu, 20 Maret 2021 | 17:30
kompas.com/Teuku Umar

Mulanya Dikira Sudah Meninggal Dunia Usai Terkena Tsunami Aceh, 16 Tahun Berlalu Abrip Asep Kini Malah Ditemukan di RSJ, Rupanya Sempat Tak Terurus dan dalam Kondisi Hilang Ingatan Oleh Warga

Suar.ID -Kisah Abrip Asep belakangan sempat menjadi sorotan publik.

Pasalnya, pada 2004 lalu ia dinyatakan hilang hingga meninggal dunia ketika tsunami melanda Aceh.

Kini pria yang diduga Abrip Asep ini malah ditemukan di Rumah Sakit Jiwa Zainal Abidin Banda Aceh.

Dilansir Kompas.com, sebelum berada di RSJ ini, rupanya pria yang diduga Abrip Asep ini sempat terlantar dan tak terurus.

Baca Juga: Anaknya yang Merupakan Seorang Polisi Dinyatakan Meninggal Karena Tsunami Aceh, Rupanya Firasat Ibu Abrip Asep Tetap Yakin Anaknya Masih Hidup Benar Adanya, Kini Sang Putra Malah Ditemukan di RSJ, Begini Kronologinya...

Tak cuma itu, ia bahkan juga dalam keadaan hilang ingatan selama satu bulan di Desa Pajar, Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya pada 2009.

Hal ini diungkapkan langsung oleh kepala Desa Pajar, Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya yang bernama Lizar L.

"Menurut cerita warga, sebelum anak muda yang telantar dalam kondisi hilang ingatan diantarkan ke RSJ Banda Aceh oleh almarhum Jauhari US, kepala desa masa itu, diduga Asep itu sempat telantar di desa kami selama satu bulan.

"Karena kasihan, tidak ada yang urus, sehingga diantarkan ke RSJ," ujarnya.

Baca Juga: Bak Mukjizat Tuhan, Korban Tsunami Aceh 2004 Bertemu Kembali dengan Keluarga, Begini Kondisinya: Sudah 17 Tahun, Percaya Enggak Percaya

Lizar kemudian menyebutkan kalau pasien RSJ yang viral dan diduga anggota polisi ini saat terlantar di desanya tak pernah berbicara dengan warga.

Bahkan, ia disebutkan kalau malah seperti orang trauma dan linglung.

"Orangnya tidak mengganggu, postur tubuhnya bagus seperti anggota memang, putih, tapi saat diantar dulu rambutnya panjang tak terurus.

"Sekarang kita lihatkan di foto yang beredar, bersih dan sudah berumur," katanya.

Baca Juga: Bak Tabuh Genderang Perang, Baru saja Nikmati Malam Pertama dengan Kalina Oktarani, Vicky Prasetyo tiba-tiba Bongkar Borok Angel Lelga: Karena Aku Suka Kebablasan Sama Lawan Main Wanita Cantik

Ia sendiri berharap kalau Zainal Abidin Alias Asep ini adalah benar seorang anggota polisi yang sempat hilang pada tsunami Aceh 16 tahun lalu.

KOMPAS.com/TEUKU UMAR
KOMPAS.com/TEUKU UMAR

Seorang pasien RSJ di Banda Aceh diduga anggota polisi yang hilang saat tsunami di Aceh pada 2004 lalu.

Hal ini karena ia pasti sangatlah dinanti oleh keluarga.

"Semoga saja pasien itu benar Asep. Kasihan dia sudah sekilan lama berpisah dengan keluarga.

Baca Juga: Sebentar Lagi Bebas, Saipul Jamil Langsung Ditawarkan Pekerjaan di Tiga Stasiun TV

"Memang data di RSJ, pasien alamatnya desa kami, tapi tidak ada keluarga dan yang mengenalnya," ucapnya.

Untuk diketahui, sebelumnya pasien RSJ yang diduga Abrip Asep ini ditemukan oleh rekan seangkatannya di Polda Aceh.

YouTube/Kompascom Reporter on Location
YouTube/Kompascom Reporter on Location

Video viral pria yang diduga Asep di media sosial.

Kepala Desa Pajar Lizar L ini sudah memberitahukan informasi pertama soal polisi ini pada kenalannya, anggota di Aceh Jaya.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Stefan William Tetiba Unggah Postingan Dirinya Menyesal Rumah Tangganya Tak Harmonis | Polisi Kaget Gerebek Vila, Lihat Istrinya Seranjang Dengan Orang Terdekatnya

Selanjutnya, Lizar menyampaikan kalau ada satu orang pasien di RSJ Banda Aceh yang alamatnya tercatat di desanya ini dicurigai adalah anggota brimob yang sempat dicari keluarga oleh keluarganya dari Lampung.

"Saya menyampaikan informasi kepada kenalan Saya anggota Brimob di Aceh Jaya karena merasa seperti ada kaitannya dengan cerita tahun 2014 satu keluarga datang mencari adiknya, anggota Brimob yang hilang saat tsunami.

"Karena sebelumnya, pihak rumah sakit juga mengabari saya bahwa pasien Zainal Abidin alias Asep akan diantar ke saya.

"Sementara saya tidak tahu kelaurganya, dan warga di sini juga tidak ada yang mengenal pasien," katanya.

Baca Juga: Foto Terbaru Anak Engku Emran Tiba-tiba jadi Sorotan, Netizen Langsung Hujat Mantan Suami Laudya Cynthia Bella: Mentingin Nafsu Sendiri

Pada tahun 2014 sendiri Lizar mengaku kalau sempat bertemu dengan keluarga anggota Brimob dari Lampung saat sedang mencari adiknya di Kabupaten Aceh Jaya.

"Saya teringat dulu bertemu satu keluarga datang mencari adiknya polisi yang hilang setelah tsunami.

"Saya sempat diperlihatkan foto, kemudian keluarga itu mengaku datang mencari adiknya karena ibu mereka sering bermimpi bahwa adiknya yang hilang saat tsunami masih hidup namun kondisi hilang ingatan," katanya.

Baca Juga: Absen di Acara Siraman Aurel Hermansyah, Krisdayanti Pilih Lakukan Hal Ini: Bukan Salah Saya

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya