Heboh Kontroversi Penayangan Lamaran Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah hingga Ditegur KPI: Hiburan Iya tapi Edukasinya tidak Ada, Apalagi Ini Pandemi

Rabu, 17 Maret 2021 | 10:00
ig:@aurelie.hermansyah

Penayangan lamaran Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar di televisi ditegur oleh KPI.

Suar.ID -Buntut penayangan secara live acara lamaran Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, stasiun televisi RCTI diberikan peringatan oleh KPI.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menilai tayangan tersebut memang menghibur, tapi tidak memiliki edukasi yang baik.

Lembaga penyiaran harus memberikan hiburan, informasi dan edukasi sesuai dengan kepentingan publik.

Pertemuan kedua pihak digelar secara daring pada Senin (15/3/2021) sore.

Baca Juga: Akhirnya Terbongkar Ke Publik, Souvenir Lamaran Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah yang Ada di Dalam Kotak Pita Emas Ini Ternyata Punya Makna yang Tak Terduga, Ari Lasso: Tahu Nggak Maksudnya Ini?

Dalam pertemuan yang berlangsung daring itu, KPI menyampaikan peringatan kepada RCTI seputar penayangan acara lamaran dan rencana pernikahan Aurel dan Atta.

Di awal pertemuan, Koordinator bidang Pengawasan Isi Siaran sekaligus Komisioner KPI Pusat, Mimah Susanti mengatakan, pemanggilan ini merupakan bentuk respons pihaknya atas banyaknya aduan dari masyarakat.

“Selain mengawasi isi siaran, KPI juga menindaklanjuti aduan dari masyarakat,” kata Mimah melalui keterangan tertulis yang disiarkan laman KPI, Selasa (16/3/2021), melansir Tribunnews.

Baca Juga: Sosok Ini Secara Gamblang Tak Merestui Pernikahan Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar, Bukan Kedua Orangtua, Siapa?

Mimah mengingatkan bahwa frekuensi merupakan ranah publik yang dikuasai negara dan peruntukannya digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat.

Sehingga, lembaga penyiaran harus memberikan hiburan, informasi dan edukasi sesuai dengan kepentingan publik.

Terkait siaran edukasi itu, kata Santi, KPI menilai dari penayangan selebriti dengan durasi 3 jam itu belum ada unsur edukasinya.

Baca Juga: Baru Juga Sehari Usai Hari Bahagia Sang Kakak Dilamar Atta Halilintar, Azriel Hermansyah Malah Ungkap Soal Adanya Cobaan yang Menghampiri Hingga Cuma Bisa Ikhlas dan Sabar, Ada Apa Nih?

"Hiburan iya, tapi edukasinya tidak ada apalagi saat ini tengah pandemi."

"Harusnya ada fungsi lain yang KPI inginkan masuk dalam siaran ini," ucap Mimah.

"Jika ada program yang ditayangkan, dalam menayangkan kehidupan privasi, tolong ada muatan yang memberi efek bagi publik khususnya edukasi."

"KPI ingatkan ini sebagai bagian pencegahan," tambah Mimah.

Grid.ID / Rissa Indrasty

Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah saat ditemui Grid.ID di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Sabtu (13/3/2021).

Baca Juga: Bahagia Krisdayanti Hadir dengan Busana Ungu Nan Elegan dalam Acara Lamara Aurel Hermansyah, Mantan Istri Anang Hermansyah ini Sempat Bisikah Wejangan ini Pada Atta Halilintar: Baik Deh Pokoknya...

Hal senada turut disampaikan Komisioner KPI Pusat, Irsal Ambia bahwa siaran harus sejalan dengan kebutuhan publik yang tentunya dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

"Banyak yang tertarik karena artis,"

"Tapi yang harus dikedepankan adalah kebutuhan publiknya dan itu menjadi tugas dan fungsi KPI,” kata Irsal.

Baca Juga: Tak Bisa Hadir Saat Sang Kakak Melamar Aurel Hermansyah, Atta Halilintar Langsung Berderai Air Mata Baca Pesan Adik-adiknya, Netizen: Langsung Mewek Akutuh...

Berdasarkan hal itu, menurut Irsal, ada sejumlah hal yang semestinya tidak ditampilkan dalam waktu yang memakan durasi lama seperti siaran lamaran dan rencana penayangan pernikahan Aurel dan Atta.

Setiap lembaga penyiaran harus memperhatikan aturan dalam P3SPS yakni Pasal 13 terkait persoalan pribadi tidak boleh tampil kecuali demi kepentingan publik.

Baca Juga: Seenak Jidat Ngaku Paman Nadya Arifta, Ternyata Firdaus Oiwobo bukan Orang Sembarangan hingga Sempat Laporkan Atta Halilintar dan Istri Andre Taulany ke Polisi karena Masalah Ini

Atta Halilintar Tanggapi Kontroversi penanyangan lamarannya dengan Aurel Hermansyah Disiarkan di TV

Proses lamaran sampai pernikahan pasangan selebritas Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar yang ditayangkan secara langsung di televisi ditolak sejumlah masyarakat, begini reaksi pasangan tersebut.

Dikabarkan, Koalisi Nasional Reformasi Penyiaran (KNRP) menolak proses lamaran sampai pernikahan pasangan selebritas Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar ditayangkan di televisi.

Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah pun akhirnya buka suara mengenai masalah tersebut.

Baca Juga: Loh Kok Ruwet? Anaknya Sudah Dilamar Atta Halilintar, Anang Hermansyah Ternyata Sempat Mengaku Tak Ikhlas: Banyak yang Ngganjel

"Ya biarin,"

"Kan maksudnya, mau nonton-nonton, mau enggak, kita mah nggak pernah ribet," kata Aurel Hermansyah yang didampingi Atta Halilintar, dalam jumpa pers lamaran mereka di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta Selatan, Sabtu (13/3/2021), melansir Warta Kota.

"Iya benar, kami juga enggak pernah memaksa juga harus nonton," timpal Atta Halilintar.

Tangkapan layar YouTube Intens Investigasi
Tangkapan layar YouTube Intens Investigasi

Atta Halilintar gugup saat akan melamar Aurel Hermansyah.

Baca Juga: Bak Tersambar Geledek, Ramai Muncul Penolakan Pernikahannya dengan Aurel Hermansyah Disiarkan di Televisi, Atta Halilintar Jawab Ketus: Orang Mau Bilang Apa, Hidup Hidup Kita

Atta tidak mau menyerang balik pihak-pihak yang kontra dengan lamaran dan pernikahannya dengan Aurel.

Sebab, mereka sadar tak bisa menyenangkan banyak orang.

Baca Juga: Gonjang-ganjing Hubungan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, Putri Sambung Ashanty Nyaris Batal Dinikahi sang Youtuber Gara-gara Hal Ini: Aku Sudah Enggak Bisa

"Kalau kamu mau suka, ya Alhamdulillah, kalau nggak ya udah."

"Dan kalau dikritik tadi, katanya kok live-nya nggak asli, bisa dicek saja sendiri tadi asli apa nggak," ucap Atta Halilintar.

"Aku mah maunya nikah aja."

"Orang mau bilang apa, hidup-hidup kita."

"Masa depan-masa depan kita, ya udah nggak usah pusingi orang," ungkapnya.

Baca Juga: Banting Tulang Urus Pernikahan Aurel tak Lama usai Terkapar karena Covid-19, Ashanty Mengaku Stres: Tiba-tiba Nanti Ada Kenapa-kenapa

Muhammad Attamimi Halilintar itu menyampaikan, mulanya ia tak mau live di televisi dan mereka hanya ingin live di youtube saja.

Namun, pihak stasiun televisi swasta datang kepada mereka untuk membanderol hak siar dari lamaran, pengajian, siraman, sampai pernikahan Atta dan Aurel.

"Tiba-tiba ada tawaran bagus, mungkin live itu buat resepsi atau akad,"

"Tapi tiba-tiba televisi minta siramannya, minta semua, ya udah, enggak sengaja dan satu paket," jelasnya.

Baca Juga: Ternyata Ini 5 Alasan KNRP Tolak Penayangan Acara Lamaran dan Nikah Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar di TV

Atta Halilintar tak mau menjadikan penolakan KNRP sebagai kendala pernikahannya.

Saat ini, ia hanya fokus menyelesaikan rangkaian acara sampai bisa menikahi Aurel Hermansyah.

"Semoga Lancar saja pernikahan nanti," ujar Atta Halilintar.

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Warta Kota, Tribunnews

Baca Lainnya