Selalu Berperan sebagai Tokoh Antagonis, Jenazah Artis Cantik Ini Harus 3 Kali Dimandikan Detergen, Apa Alasannya?

Selasa, 16 Maret 2021 | 15:00
https://m.brilio.net/creator/8-publik-figur-indonesia-ini-meninggal-pada-bulan-ramadan-04acef.html

Jenazah Yana Zein harus dimandikan 3 kali dengan detergen, kenapa?

Suar.ID -Selalu Berperan sebagai Tokoh Antagonis, Jenazah Artis Cantik, Yana Zein Harus 3 Kali Dimandikan Detergen, Apa Alasannya?

Yana Zein meninggal dunia pada 1 Juni 2017.

Artis cantik yang sering memeerankan tokoh antagonis inimeninggal dunia di usia 47 tahun akibat penyakit kanker payudara yang diidap sejak 2015 silam.

Baca Juga: Heboh Makam Pasien Covid-19 yang Dibongkar, Jenazah Pun Raib Diduga Digondol Orang Tak Dikenal dan Cuma Menyisakan Peti Mati, Polisi Pun Langsung Lakukan Penyelidikan

Dibalik kepergiannya, Yana Zein menyimpan rahasia tersendiri.

Hal ini diungkapkan sang ayahanda Yana Zein, Nurzaman Zein yang berkesempatan memandikan jenazah Yana sebelum dikebumikan pada Jumat (2/6/2017).

Nurzaman pun mengingat bagaimana saat-saat dia membasuh jenazah Yana sebanyak tiga kali dengan deterjen guna menghilangkan cairan formalin yang melekat di tubuh anaknya.

Baca Juga: Nekat Terobos Gerbang Rumah Keluarga Cendana Bersimpuh Di Sisi Jenazah Presiden Soeharto, Mayangsari Malah Diusir Oleh Keluarga Suaminya, Halimah: Kok Senang Sekali Bikin Sensasi

"Iya, dimandikan ulang dengan Rinso."

"Tiga kali itu disabun, saya ikut mandikan," jelas Nurzaman seperti dikutip dari Grid.ID usai menggelar acara tahlilan di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2017) malam.

Dalam momen tersebut, Nurzaman juga sempat melakukan percakapan terakhir dengan putri sulungnya itu.

Warta Kota
Warta Kota

Jenazah Yana Zein

Baca Juga: Tragis, Seorang Ayah Syok Bukan Main saat Buka Kain Kafan Jenazah Bayinya dan Temukan Hal Mengerikan Ini, Sampai Bikin Gubernur Kaget: Aku tidak Bisa Berkata-kata

"Saya bilang, 'anakku sayang, kecil dulu saya mandikan kamu, sekarang saya mandikan kamu terakhir kali, kita tidak akan ketemu lagi ya nak'," cerita Ayah Yana Zein dengan mata berkaca-kaca.

Usut punya usut, alasan Yana Zein dimandikan dengan detergen ini bukan tanpa sebab.

Menurut Nurzaman, hal tersebut dilakukan agar Yana Zein bersih dari formalin yang menempel pada tubuh pesinetron tersebut.

Baca Juga: Ditetapkan Sebagai Tersangka usai Mandikan Jenazah Lawan Jenis yang Bukan Mahram, Begini Nasib 4 Pria Petugas Forensik RSUD Djasamen Saragih Kini

"Pakai deterjen supaya formalinnya itu lepas, supaya sempurna bersihnya."

"Deterjen kan bisa membersihkan yang kotor, lemak."

"Lemak kan, hanya itu (deterjen)," ujar Nurzaman.

Perlu diketahui,beberapa jenazah atau mayat memang sering disuntik formalin atau formaldehida (pengawet).

Grid.ID
Grid.ID

Nurzaman ceritakan pilunya memandikan jenazah sang anak, Yana Zein menggunakan deterjen 3 kali.

Baca Juga: Korbannya Sudah Mencapai Jutaan Jiwa, Peneliti Syok saat Bedah Jasad Pasien Covid-19 dan Temui Kemiripan dengan Wabah Ini

Hal ini berguna untuk mematikan agar jasadnya tetap utuh ketika dibawa pulang ke tempat asalnya,

Biasanya, penyuntikan formalin ini dilakukan pada seseorang yang meninggal jauh dari tempat tinggalnya.

Selain itu, menurut laman resmi Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, formalin berguna untuk mencegah penyebaran agen infeksi yang terjadi sebelum dan setelah pemakaman.

Hal ini juga dapat mencegah dekomposisi atau pembusukan dari jenazah sehingga upacara pemakaman dapat terselenggara dengan baik.

Baca Juga: Bak Sebuah Kisah Cinta Sejati, Suami ini Susul Istrinya yang Sudah Terlebih Meninggal Dunia Usai Ngaji di Samping Jenazah Belahan Hatinya, Netizen Pun Ikut Doakan Keduanya: Sehidup, Semati, Sesurga...

Penyuntikan cairan pengawet ke dalam pembuluh darah umumnya hanya memengaruhi kulit, otot dan organ.

Pada kasus Yana Zein ini, rupanya artis cantik yang sering memerankan tokoh antagonis itu Yana sempat menjalani pengobatan di Guangzhou, China.

Namun, sepulang dari China pada 28 Mei 2017, kondisinya makin menurun.

Yana Zein sempat dilarikan ke rumah sakit dan meninggal dunia pada Kamis (1/6/2017) di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta Selatan karena menderita penyakit kanker payudara.(Tribun Medan)

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Tribun Medan, Grid.ID, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

Baca Lainnya