Termasuk 'Menyebarkan Sifilis' dan Menyebutnya Hanya Darah Kotor, 3 Teori Konspirasi Gila Itu Ternyata Benar Aadanya, Kok Bisa?

Sabtu, 13 Maret 2021 | 14:34
Vintage News

Eksperimen Sifilis Tuskegee

Intisari-Online.com - Kadang-kadang kita semua mendapatkan perasaan yang semakin kuat bahwa kita hidup di planet yang gila.

Terutama pada saat beberapa teori konspirasi yang tidak masuk akal ternyata benar.

Kenyataan ini sangat mengganggu, mengingat beberapa konspirasi ini adalah kasus menjijikkan.

Tetapi tidak banyak yang dapat Anda lakukan.

Baca Juga: Berjanji Bikin 16 Pengikutnya Kaya Raya Dengan Mandi Telanjang Bersama, Yuk Kenalan Lebih Dekat Dengan Ajaran Hakekok Yang Diklaim Aliran Sesat Oleh MUI

Dilansir dari The Vintage News, berikut di antaranya:

1. Proyek MK - ULTRA

Vintage News
Vintage News

Proyek MK - ULTRA

Pada tahun 1953, Central Intelligence Agency (CIA) mengesahkan proyek MK-ULTRA.

Baca Juga: Manga 'Bungou Stray Dogs: Dead Apple' Dikabarkan akan Berakhir di Volume ke-4

Ini adalah sebuah program terkenal di mana CIA menggunakan manusia sebagai kelinci percobaan untuk penelitiannya terhadap obat-obatan yang mengubah pikiran.

Beberapa pengujian dilakukan dengan obat-obatan yang legal pada masa itu, seperti zat LSD.

Diwartakan oleh Wired, program tersebut melibatkan agen yang memberikan obat-obatan psikedelik kepada manusia tanpa disadari.

Tujuannya untuk melihat apakah mereka dapat mengendalikan pikiran mereka, atau apakah akan ada efek penting lainnya.

Baca Juga: Manga 'Bungou Stray Dogs: Dead Apple' Dikabarkan akan Berakhir di Volume ke-4

Program ini juga menggunakan terapi kejut listrik, persuasi subliminal, hipnosis, dan teknik isolasi.

Program ini juga disebutkan dalam buku The Men who Stare at Goats, yang kemudian diadaptasi menjadi film yang dibintangi oleh George Clooney.

2. Eksperimen Sifilis Tuskegee

Vintage News
Vintage News

Eksperimen Sifilis Tuskegee

Baca Juga: Pantas Langsung Bikin Putra Presiden Klepek-klepek, Sosok Sahabat Dekat Sebut Nadya Arifta Cepat Mengambil Hati Orang Lain, Netizen: Hebat Teman Mas, Juara Nikung

Pada periode 1932 hingga 1972, pemerintah AS menjalankan eksperimen untuk melihat apakah sifilis memengaruhi orang Afrika-Amerika secara berbeda dengan pria kulit putih.

Penelitian tersebut melibatkan 400 pria Afrika-Amerika, yang diberi tahu bahwa mereka punya "darah kotor alih-alih memberi tahu kebenarannya.

Mereka bahkan tidak dirawat dengan baik, pengobatannya menggunakan plasebo: aspirin, dan beberapa suplemen mineral.

Para pria tersebut tidak tahu bahwa mereka mengidap infeksi menular seksual, juga tidak memberikan persetujuan untuk menjadi bagian dari percobaan semacam itu.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Pengacara Hotman Paris Bongkar Jam Selingkuh Para Suami Hidung Belang | Rela Tidur Di Ruko Berteman Tikus, Anang Hermansyah Bongkar Reaksi Anaknya Saat Tahu KD Ha

Pada saat eksperimen luar biasa dan menjijikkan ini selesai, hanya 74 peserta asli yang masih hidup.

3. Hillsborough

Vintage News
Vintage News

Hillsborough

Pada tanggal 15 April 1989, 96 penggemar Liverpool tewas tertindih dan ratusan lainnya terluka parah ketika mereka pergi ke pertandingan sepak bola untuk melihat semifinal Piala FA di stadion Hillsborough di Sheffield Wednesday.

Baca Juga: Diadili Oleh Hakim, Pria ini Malah Ungkap Terima Kasih Padahal Sudah Lakukan Kejahatan Kejam dengan Rudapaksa Bocah 12 Tahun dan Paksa Gunakan Narkoba Selam 9,5 Jam, Begini Nasib Pilu Korban Kini...

Hampir tiga dekade kemudian, penyebab dari peristiwa berbahaya tersebut masih belum jelas.

Banyak keluarga almarhum meragukan apakah polisi memalsukan pernyataan tentang penyebab sebenarnya dari begitu banyak kematian selama kecelakaan itu.

Reaksi muncul sekali lagi pada tahun 2011 ketika seorang pensiunan hakim mengklaim keluarga orang mati harus mengetahui "teori konspirasi" tentang peristiwa tersebut.

Pada tahun 2012, penyelidikan lebih lanjut telah mengindikasikan bahwa polisi melakukan "upaya keras" untuk menyalahkan tragedi tersebut pada 96 korban kecelakaan itu.

Karena beberapa investigasi masih berlangsung, ada wahyu baru yang muncul ke permukaan sebagai kebenaran.

Polisi mungkin tidak begitu polos.

Baca Juga: Usai Gagal Menikah dengan Adit Jayusman, Kini Malah Terkuak Kalau Ayu Ting Ting ini Pernah Ajak Ivan Gunawan Pacaran Tapi Malah Ditolak Mentah-mentah Oleh Sang Desainer Padahal Sempat Digadang-gadang Dekat: Kayaknya Gak Bisa Deh...

(*)

Editor : Muflika Nur Fuaddah

Baca Lainnya