Lima Tahun Berlalu Meski Sudah Divonis 20 Tahun Penjara Gegara Kasus Kopi Sianida, Jessica Kumala Wongso Tetap Keukeuh Bukan Dirinya Pelakunya, Kini Beginilah Kabarnya Usai Ngaku Diperlakukan Bak Sampah, Petugas: Banyak di Kamar...

Jumat, 05 Maret 2021 | 08:30
KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG

Lima Tahun Berlalu Meski Sudah Divonis 20 Tahun Penjara Gegara Kasus Kopi Sianida, Jessica Kumala Wongso Tetap Keukeuh Bukan Dirinya Pelakunya, Kini Beginilah Kabarnya Usai Ngaku Diperlakukan Bak Sampah, Petugas: Banyak di Kamar...

Suar.ID -Anda mungkin tak asing dengan nama Jessica Kumala Wongso.

Ya, sosok wanita cantik ini jadi sorotan usai jadi pelaku kasus kopi sianida yang akhirnya menewaskan Mirna Salihin.

Kini 5 tahun berlalu, Jessica Kumala Wongso telah menjalani vonis 20 tahun penjara.

Lalu bagaimanakah kabar Jessica Kumolo Wongso kini?

Baca Juga: Amit-amit Punya Suami Kere, Model Cantik Ini Minta Cerai Sepekan Setelah Menikah Cuma Gara-gara Suaminya Bokek: Kebahagiaan Dapat Dibeli dengan Uang

Usai divonis 20 tahun penjara atas pembunuhan Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumolo Wongso rupanya lebih sering berdiam diri di dalam kamar selnya.

Ia bahkan kini tampak lebih menjadi pendiam usai kasus pembunuhan yang menyeret namanya ini.

"Jessica belakangan ini setelah sidang putusannya jadi lebih banyak di kamar aja," kata Ika Yusanti, Kepala Rutan Pondok Bambu saat itu, saat dihubungi, Sabtu (19/11/2016).

Petugas lapas sendiri tak tahu apa yang sebenarnya membuat Jessica Kumala Wongso ini berubah.

Baca Juga: Viral Wanita Ingin Dipoligami Namun Tetap Ditalak Suami saat Hamil Muda, Netizen: Sejahat Itukah Cowok Jaman Sekarang?

"Mungkin merenung atau berdoanya sekarang di kamar. Jess (Jessica Kumala Wongso). Keluar kamar kalau dibesuk sama orangtuanya aja," kata dia.

Ia sebelumnya terbilang rajin bersembahyang di vihara.

Jessica Kumala Wongso hampir setiap pagi dan siang hari bersembahyang di vihara jelang sidang pembacaan putusannya pada 27 Oktober 2016.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG)
KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG)

Terdakwa Jessica Kumala Wongso memasuki ruang sidang sebelum menjalani sidang saksi kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (12/7/2016). Jessica diduga menaruh zat sianida ke dalam kopi yang diminum Mirna di Cafe Olivier, Grand Indonesia, Januari 2016 lalu.

Bahkan, ia mengajak ibunda dan pamannya untuk bersembahyang bersama di vihara rutan sehari sebelum sidang vonis kasusnya.

Baca Juga: Kini Akur Bak Kakak Beradik, Maia Estianty Syok Cut Keke Bongkar Rahasia Usai 14 Tahun jadi Istri Kedua Sosok Pengacara Ini: Buat Apa Sih Cari Masalah

Jessica sempat menyatakan kepada ibunda dan penasihat hukumnya, dirinya yakin akan divonis bebas.

Namun, takdir berkata lain pasalnya dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 27 Oktober 2016.

Jessica terbukti bersalah atas pembunuhan berencana terhadap sahabatnya,Wayan Mirna Salihin.

Lama tak tersorot, kabar baru muncul dari Jessica yang kini tengah menjalani masa tahanan.

Baca Juga: Rumah Tangga Mantan Istrinya Sedang di Ujung Tanduk, Dirly Lontarkan Komentar Ini untuk Celine Evangelista dan Stefan William: Aku Ngga Mau Berspekulasi

Kabar tersebut bahkan membuat mantan pengacara Jessica Kumala Wongso, Otto Hasibuan bersedih.

Dikutip dari Grid.ID, Rabu (2/1/2019), Otto menjelaskan bila upaya Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan peninjauan kembali (PK) yang diajukan Jessica.

"Ya itu putusan hakim harus saya hargai," kata Otto saat dikonfirmasi.

Otto menuturkan, ia tak lagi menangani kasus yang dijalani Jessica.

Baca Juga: Sampaikan Pesan Terakhir Sebelum Kritis, Ashanty Ungkap Hal Ini ke Asistennya: Titip Arsy..

Otto mengaku Jessica memilih jasa pengacara lain guna mengajukan PK dengan Perkara Nomor 69 PK/PID/2018 itu.

Meski tak lagi menangani kasus Jessica, Otto mengaku sedih mengetahui kabar tersebut.

"Ya saya sedih. Meskipun bukan saya yang nanganin di PK-nya, tetapi saya sedih dan saya tetap masih keyakinan saya tetap," ujarnya.

Dok. Tribunnews
Dok. Tribunnews

Jessica Kumala Wongso

Meski tak lagi menangani kasus tersebut, Otto masih berkeyakinan bahwa kliennya tak terbukti membunuh Mirna lantaran tak ada satupun CCTV yang memperlihatkan Jessica menuangkan racun sianida di minuman yang menyebabkan Mirna tewas.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: 2 Tahun Kawin Nggak Kunjung Hamil Jadi Curiga, Istri Daus Mini Ini Ngotot Suruh Anak Yunita Tes DNA | Putri Mantan Wakil Presiden Try Sutrisno Ternyata Punya Profesi Yang Tak Sembarangan

Jessica Kumala Wongso Merasa Diperlakukan Seperti Sampah

Dilansir GridHITS.id dari kompas.com, Rabu (6/1/2021), belakangan Jessica Wongso memberi pengakuan bahwa bukan dia yang meracuni Mirna dengan sianida.

Pengakuan tersebut tertuang dalam nota pembelaan (Pleidoi) yang dibacakan oleh Jessica pada sidang kasusnya yang ke 28 di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, 13 September 2016.

Perempuan kelahiran Jakarta, 9 Oktober 1988, tersebut tak kuasa menahan air mata saat membela diri di hadapan Majelis hakim yang dipimpin oleh hakim Kisworo.

"Bagaimanapun juga, saya tidak membunuh Mirna, jadi seharusnya tidak ada alasan untuk memperlakukan saya seperti sampah," ujar Jessica dalam nota pembelaannya, seperti dilansir Tribunnews.com.

Baca Juga: Punya Julukan Khusus hingga Puji Setinggi Langit Luna Maya, Herjunot Ali Ungkap Pengalaman Berkesan dengan Mantan Reino Barack Ini: Buat Aku, Kamu Sempurna

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Sumber : TribunMataram.com

Baca Lainnya