Pesan Tersembunyi yang Tak Terlihat Mata Ditemukan di Gulungan Laut Mati, Apa Isi Manuskrip Religius Kuno Ini?

Rabu, 03 Maret 2021 | 18:12
The Vintage News

Fragmen Gulungan Laut Mati

Intisari-Online.com - Ketika manuskrip religius kuno yang tersembunyi yang dikenal sebagai Gulungan Laut Mati ditemukan oleh para gembala Badui di Khirbet Qumran di pantai barat laut Laut Mati, dibutuhkan beberapa tahun bagi para pejabat untuk menyetujui penggalian arkeologi di sebelas gua.

Sayangnya, para penjarah mengambil sendiri gulungan perkamen berumur seribu delapan ratus tahun dan salinan tertua dari Alkitab Ibrani yang dimasukkan ke dalam toples tanah liat, ditempatkan di gua untuk keamanan dan kemudian dilupakan.

Apa yang tidak diambil kebanyakan ditemukan dalam potongan-potongan.

Baca Juga: Kini jadi Permaisuri di Istana Bambang Trihatmodjo, Mayangsari Ternyata Sempat Akan Menikah dengan Sosok Pengusaha Kaya Ini, Namun Terhalang Perbedaan Agama

Sangat sedikit gulungan utuh, dan beberapa kosong, membuat para peneliti percaya bahwa mereka belum pernah digunakan.

Berkat ketajaman mata Profesor Joan Taylor, seorang peneliti dari Departemen Teologi dan Studi Keagamaan di King's College London, kita sekarang tahu bahwa fragmen-fragmen itu memang memiliki tulisan di atasnya; pesan-pesan tersembunyi ini telah ada di depan mata mereka sejak 2017.

Menurut Majalah Smithsonian, ketika Profesor Taylor sedang mempelajari fragmen di Ruang Baca Perpustakaan John Rylands di Universitas Manchester di Inggris, dia pikir dia dapat melihat huruf Ibrani samar.

Baca Juga: Cincin Pertunangan Kontroversial Putri Diana Senilai 2,19 Milyar Rupiah Sebenarnya ‘Tidak Unik’ Tapi Hingga Kini Masih Dipakai oleh Kate Middleton

Peneliti kemudian meletakkan lima puluh satu dari fragmen yang tampaknya kosong di bawah perangkat pencitraan multispektral.

Itu memungkinkan mereka melihat apa yang tidak bisa dilihat oleh mata.

Hanya beberapa fragmen yang tertulis di atasnya.

Satu kata mudah dipahami — Shabbat — yang ditulis dalam empat baris teks.

Tetapi butuh waktu untuk menguraikan sisa tulisannya dan bagaimana mereka berkorelasi satu sama lain.

Sejarah melaporkan bahwa pecahan-pecahan ini telah membuat Otoritas Kepurbakalaan Israel meningkatkan penggalian mereka di gua-gua Qumran dan untuk menjaga gua dari para penjarah.

Baca Juga: Temuan Baru dari Kasus Pembuhunan Mira Yura: Dari Alat Kontrasepsi hingga Pacarnya yang Sedang Belanja saat Kejadian Tragis Terjadi

Penggalian tersebut merupakan bagian dari Operasi Scroll proyek.

Yang mengejutkan mereka, bersama dengan bejana tanah liat dan bagian gulungan, mereka menemukan mata panah, batu semi mulia, dan bilah batu dari periode Neolitik yang menunjukkan bahwa gua telah digunakan sejak sekitar 10.000 SM.

Ada juga banyak pemalsuan dokumen kuno seperti yang ditemukan oleh Presiden jaringan toko kerajinan Hobby Lobby, Steve Green.

Menurut National Geographic, pada 2017, keluarga Green membuka pintu Museum Alkitab di Washington DC dan memasukkan enam belas fragmen Gulungan Laut Mati ke dalam pameran mereka.

Baca Juga: Bak Ditelan Bumi usai Mati-matian Dampingi Cut Tari Berjuang Hadapi Kasus Video Syur, Begini Kabar Yusuf Subrata yang Posisinya Kini Digeser Richard Kevin

Pada pembukaan museum, beberapa ahli menyatakan keprihatinan bahwa beberapa fragmen gulungan mungkin palsu.

Setelah pengujian ekstensif, keenam belas dipastikan palsu.

Keluarga Green tidak asing dengan kontroversi karena lebih dari lima ribu item dalam katalog mereka terbukti diperoleh secara ilegal, dan Green terpaksa mengembalikannya ke Irak.

Karena penemuan ini, banyak fragmen gulungan yang dipamerkan di tempat-tempat seperti Seminari Teologi Baptis Barat Daya Texas dan Universitas Azusa Pasifik California akan diuji keasliannya.

Baca Juga: Masih Simpan Trauma usai Ditinggal Gisel Main Belakang dengan Pria Lain hingga Bercerai, Ini yang Dilakukan Gading Marten untuk Berdamai dengan Masa Lalu: Habisin Dulu Air Matanya, Habis Itu..

Sebagian besar gulungan ditulis antara abad kedua SM dan abad kedua Masehi.

Gulungan-gulungan itu, beberapa ditulis dalam bahasa Yunani, menurut Perpustakaan Digital Gulungan Laut Mati Leon Levy, dianggap sebagai sumber sejarah utama pada waktu itu dan menghubungkan bagaimana orang-orang Yahudi dari era Bait Suci Kedua memandang kehidupan mereka.

Mereka mengandung referensi ke sekte yang berbeda seperti Saduki, Farisi, dan Essenes.

(*)

Editor : Muflika Nur Fuaddah

Baca Lainnya