Banting Tulang Blusukan di Jakarta, Aksi Risma ini Malah Dinyinyiri Ketua Komisi A DPRD Jakarta Hingga Disebut Norak: Jangan lebay!

Rabu, 06 Januari 2021 | 10:30
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

Banting Tulang Blusukan di Jakarta, Aksi Risma ini Malah Dinyinyiri Ketua Komisi A DPRD Jakarta Hingga Disebut Norak: Jangan lebay!

Suar.ID -Seperti yang diketahui kini Tri Rismaharini atau akrab dipanggil Risma ini telah diangkat menjadi Menteri Sosial.

Rismapun kini kerap melakukan aksi blusukan di Jakarta.

Sayangnya aksi blusukan ini malah mendapat nyinyiran dari Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono.

Mujiyono menilai aksi blusukan Risma terlalu lebay.

Baca Juga: Baru Kali Ini Kelola Uang Sangat Besar Setelah Resmi Jadi Menteri Sosial, Risma: Aku Harus Hati-hati Sekali, Itu Kan dari Pajak Rakyat

Bahkan, ia menilai Risma salah tempat ketika melakukan aksi blusukan.

Dia menilai, blusukan tersebut dikemas berlebihan sehingga terlihat tidak elok di mata publik.

"Jangan lebay aja, dikemas berlebihan norak jadinya. Yang dilakukan bu Risma termasuk kategori berlebihan," ujar Mujiyono saat dihubungi, Selasa (5/1/2021).

Baca Juga: Kariernya Malah Makin Melesat Usai Dipenjara, Ahok Disebut Diikuti oleh Dua Sosok Gaib Bercahaya, Gus Robin: Mereka Membawa Senjata, Seperti Pasukan Perang

Mujiyono bahkan menawarkan Risma apabila ingin bertemu gembel di Jakarta, jangan mencari di daerah steril seperti Sudirman-Thamrin yang akan jarang terlihat.

Dia mengatakan, sebaiknya Risma datang ke daerah kumuh di Jakarta Barat karena di sana bisa banyak ditemukan gelandangan.

TRIBUNNEWS.com/TAUFIK ISMAIL

Hari pertama berdinas sebagai Menteri Sosial, Tri Rismahirini alias Risma menemui seorang pemulung di kawasan aliran Sungai Ciliwung, belakang kantor Kementerian Sosial.

"Kalau mau lagi (ketemu gelandangan) sono di Jakarta Barat," tutur politisi Demokrat itu.

Baca Juga: Keluarga Sule Urus Peringatan Setahun Wafatnya Lina Jubaedah, Teddy Malah Masih Berkutat Ngotot Dapatkan Harta Warisan Mantan Istri hingga Datangi Pengadilan Agama, Begini Reaksi Ayah Putri Delina

Menurut Mujiyono, di sekitar bantaran Kali Angke masih banyak gelandangan berkeliaran karena memang merupakan daerah kumuh dan padat penduduk Jakarta.

Dia tak segan mengatakan apa yang dilakukan Risma merupakan gerakan politis untuk mencari citra di tengah masyarakat.

"Sekali lagi saya bilang apapun aktivitas politik yang dilakukan tokoh politik pasti bernuansa politis," kata dia.

Risma melakukan blusukan pada hari pertama tugasnya sebagai Menteri Sosial di jembatan Kali Ciliwung bagian bawah flyover Jalan Pramuka, Jakarta Pusat pada Senin 28 Desember 2020.

Baca Juga: Sejak Kasus Video Syur 19 Detik Sudah Jarang Umbar Kemesraan di Medsos, Hubungan Gisel dan Wijin Akhirnya Dibongkar oleh Sosok Ini

Saat blusukan, Risma bertemu dengan seorang pemulung dan istrinya yang tengah mendorong gerobak di flyover Jalan Pramuka.

Risma pun berbincang dengan pemulung tersebut, termasuk bertanya perihal penghasilan sehari-hari yang didapat pemulung tersebut.

Pemulung itu mengaku memperoleh penghasilan sebesar Rp 800.000 setiap bulan yang harus ia bagi untuk biaya hidup keluarga di kampung halaman.

Mendengar curahan hati pemulung tersebut, Risma berjanji akan mencarikan rumah layak huni sekaligus memberikan pelatihan agar si pemulung bisa memperbaiki kualitas hidup.

Baca Juga: Borong 20 Mobil Seakan Nggak Ada Apa-apanya, Nagita Slavina Talangi Para Karyawan Rans, Rafbfi Ahmad: Bawa ke Andara, Nanti Siapa yang Mau

"Bapak, Ibu, saya carikan rumah jadi enggak perlu ada biaya ngontrak. Tetap cari sampah seperti ini. Nanti sampah dari Kementerian Sosial bisa untuk Bapak. Sambil saya ajari usaha. Masak mau terus kayak gini, ya. Mau ya," kata Risma.

Setelah dua hari berselang, Risma kembali melakukan blusukan ke kolong tol Pluit, Jakarta Utara.

Tribunnews.com

Risma Blusukan Temukan Keluarga di Bawah Fly Over

Ia menawarkan membuka warung pecel lele ke warga yang tinggal di kolong tol Pluit pada 30 Desember 2020.

Baca Juga: Terlalu Baik, Mantan Bongkar Respon Gading Marten saat Pergoki dengan Mata Kepala Telah Diselingkuhi: Gue Lagi sama Cowok Lain, Dia Datengin Gue Bilang Gini

Tak cuma itu, Risma juga sempat blusukan ke kawasan jalan protokol Sudirman-Thamrin di Jakarta Pusat.

Ia pun menemukan beberapa gelandangan di tempat tersebut.

Baca Juga: Tua-tua Keladi Nih! Meski Berusia Nyaris 70 Tahun, Kak Seto Malah Pamer Video Lakukan Parkour Bak Jackie Chan, Netizen Langsung Heboh: Bujubune Pakde Seto Buset Dah!

(Singgih Wiryono)

Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "Blusukan Mensos Risma di Jakarta, Pimpinan Komisi A DPRD DKI: Jangan Lebay".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya