Jika Keseringan Dilakukan Dan Kebanyakan Dimakan Bisa Sebabkan Fungsi Saraf Terganggu, Sayur Bayam Dan Tempe Goreng Ternyata Nggak Boleh Dimakan Barengan, Dokter Ini Buka-bukaan Soal Bahaya Yang Mengancam Darinya

Rabu, 16 Desember 2020 | 06:00
Sajian Sedap

Walau terdengar menggiurkan, siapa sangka kombinasi sayur bayam dan tempe goreng yang kalau dimakan berbarengan bisa mendatangkan bahaya bagi tubuh.

Suar.ID -Walau terdengar menggiurkan, siapa sangka kombinasi sayur bayam dan tempe goreng yang kalau dimakan berbarengan bisa mendatangkan bahaya bagi tubuh.

Termasuk pada fungsi saraf.

Tidak percaya? Dokter ini punya penjelasannya untuk kita.

Kalau berbicara soal makan makanan rumahan, rasanya tidak jauh-jauh dari tempe goreng dan sayur bayam.

Baca Juga: Alasan Pria yang Tega Bakar Istri di Kios hingga Tewas Terungkap, Kelarga Ingin Pelaku Dikuhum Mati: Nyawa Harus Dibalas Nyawa

Jika kita perhatikan dengan cermat, kombinasi tempe goreng dan sayur bayam itu itu sering terhidang di meja makan rumah kita.

Tak jarang pula kita melahabnya secara bersamaan.

Lebih dari itu, dua bahan makanan itu juga sangat terjangkau karena harganya yang murah, bukan?

Memang benar, kedua makanan ini begitu menyehatkan.

Tapi...

Baik tempe goreng maupun sayur bayam kaya serat dan protein nabati yang rendah kalori.

Tapi di balik, tersimpan "bahaya" bila dua makanan itu dimakan berbarengan.

Menurut keterangandr Endang Budiati, salah seorang dokter swasta di Bandar Lampung, ada satu kandungan di dalam bayam dan tempe yang ternyata berbahaya bila dikonsumsi bersamaan.

Baca Juga: Dikenal Punya Segudang Manfaat Bagi Tubuh, Tapi Jangan Sekali-kali Campurkan Madu dengan Bahan ini, Dijamin Gak Bakal Dapat Khasiatnya!

"Bayam mengandung oksalat. Sedangkan tempe yang terbuat dari kacang kedelai mengandung kalsium," papar Endang seperti dikutip dari TribunLampung.

Menurutnya, oksalat dan kalsium inilah yang apabila dicampurkan akan berbahaya bagi tubuh.

"Kalau makan sayur bayam dicampur dengan tempe akan terbentuk endapan kalsium oksalat sehingga akan mempengaruhi penyerapan kalsium dan menyebabkan sumbatan di usus," terangnya.

Sumbatan ini akan mengganggu penyerapan kalsiumyang pada akhirnya akan membuat tubuh kekurangan kalsium.

Jika terus berlanjut keadaan ini akan menimbulkan gangguan jangka panjang.

Di antaranya kram otot, pengeroposan tulang, rentnan infeksi, terganggunya fungsi syaraf, kejang, insomnia dan untuk sumbatan di usus yang menyebabkan susah buang air besar.

Walau begitu, kita tidak berarti nggak boleh kedua makanan ini sama sekali.

Baca Juga: Pakai Pakaian Seksi, Netizen Langsung Komentari Lekuk Tubuh Syahrini yang Menonjol: Melon Jepang

Seperti disinggung di awal, dua makanan itu, tempe goreng dan sayur bayam, sama-sama kaya mineral yang baik untuk tubuh kita.

Wabilkhusus kalsium yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang.

Nah sementara itu,oksalat ternyata bukan sepenuhnya berasal dari bayam atau sayuran hijau lainnya.

Sebab oksalat sendiri merupakan sejenis senyawa yang terbentuk dari apa yang kita makan, khususnya sayuran dan buah-buahan.

Saat bayam dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan, pembentukan oksalat tidak akan membahayakan kesehatan karena pada akhirnya akan ikut terbuang saat buang air besar.

Penelitian juga menunjukkan bahwa seseorang harus mengurangi asupan makanan tinggi oksalat dan mengonsumsi lebih banyak makanan yang kaya kalsium.

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya