Bikin Pejabat Langsung Ketar-ketir, Rupanya Pria yang Sedang Tidur di Rumah Warga ini Adalah Presiden Suharto yang Lagi Nyamar!

Senin, 07 Desember 2020 | 18:15
Kompas.com/JB Suratno

Bikin Pejabat Langsung Ketar-ketir, Rupanya Pria yang Sedang Tidur di Rumah Warga ini Adalah Presiden Suharto yang Lagi Nyamar!

Suar.ID -SeorangPresiden, sudah dipastikan selalu mendapatkan fasilitas keamanan.

Hal ini pun sudah banyak diketahui orang.

Begitu pula di Indonesia, para Presidennya pasti diberikan pengawalan ketat dari Paspampres atau Pasukan Pengaman Presiden.

Tapi, terkadang ada beberapa Presiden Indonesia yang senang blusukan.

Baca Juga: Bak Menelan Ludah Sendiri, Sebelum Jadi Tersangka Pak Menteri Sosial Juliari Batubara Ternyata Pernah Bilang Untuk Ingat Anak-Istri Kalau Mau Korupsi: Kasihan Anak-anak Kalau Dibully Pasti Nangis

Jokowi misalnya, sangat dikenal dengan aksi blusukannya yang terkadang tak terduga hingga membuat repot Paspampres

Sebelum Jokowi, Presiden Kedua RI, Soeharto juga menggemari hal yang sama.

Soeharto ternyata kerap kali tampil di tengah rakyat Indonesia bahkan melakukan beberapa penyamaran.

Kisah tersebut dikupas dari dua buku yakni 'Otobiografi Soeharto Pikiran, Ucapan dan Tindakan' serta 'Soeharto The Untold Stories'.

Baca Juga: Pernah Berbusa-busa Soal Cara Mencegah Korupsi Secara Humanis Sampai Bawa-bawa Anak-Istri, Menteri Sosial Juliari Batubara Kini Malah Jadi Tersangka Korupsi Bansos Covid-19

Dikutip TribunJatim.com dari Tribun Medan, simak cerita lengkapnya berikut.

Aksi blusukan yang dilakukan Soeharto sebenarnya ada banyak.

Tetapi, ada satu cerita yang menjadi ramai disoroti saat itu ketika Soeharto sering berkeliling daerah terpencil guna melihat hasil pembangunan.

Via Tribun Manado
Via Tribun Manado

Soeharto di rumah warga

Aksi Soeharto saat itu akhirnya tak jarang membuat para pejabat setempat ataupun menteri tak berkutik.

Baca Juga: Hidup Nelangsa Lihat Sang Putri Jadi Janda Di Usia Setelah Sang Suami Kabur Entah Ke Mana, Sosok Ini Ternyata Sudah Fitting Baju Untuk Sambut Sang Menantu Baru

Mereka khawatir ketika ditanya oleh Soeharto terkait hasil yang dikerjakan.

Soeharto langsung ke bawah untuk membuktikannya.

Saat berkeliling Soeharto hanya ditemani ajudan atau satu dua pengawal dan dokter pribadi kata Tri Sutrisno masih dari buku tadi.

"Pak Harto selalu melakukan Incognito."

"Pak Harto selalu berpesan tidak boleh ada satupun yang tahu kalau Pak Harto mau melakukan incogniti," kata Tri.

Baca Juga: Muncul dengan Kabar tak Sedap, Aurel Hermansyah Mengaku akan Rehat dari Media Sosial karena Hal Ini: Aku Membawa Kabar Buruk

Apa yang dilakukan Soeharto akhirnya buat pejabat daerah kalang kabut karena benar-benar tak tahu.nen

Apalagi Soeharto melakukan penyamaran sukses, numpang tidur di rumah warga, ikut makan alakadarnya, sambil mengobrol dan menyerap keluh kesah rakyatnya.

Sementara bupati dan gubernur di wilayah penyamaran tersebut terlambat menyadari kehadiran orang nomor satu di negeri ini saat itu.

Wajah pucat dan bikin keringat dingin mengucur deras karena Soeharto membuktikan sendiri hasil pembangunan atau kemungkinan-kemungkinan bila terjadi penyimpangan.

Baca Juga: Mantap Ceraikan Rey Utami Yang Dulu Pernah Dilamar Pakai Mobil Dan Jam Tangan Mewah 4 Miliar, Pablo Benua Geram Dituduh Selingkuh dari Istrinya: Semakin Besar Niatku Segera Cerai

Dalam blusukannya Soeharto tak pernah tidur di hotel.

Ia memilih tidur di rumah penduduk atau tidur di rumah kepala desa.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO
KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Mantan Presiden Soeharto

Soeharto lalu berbincang tanpa perantara dan mencatat.

Daerah mana yang berhasil dan daerah mana yang perlu ditingkatkan.

Baca Juga: Alami Sakit yang Disebut-sebut Gegara Santet Sampai Terpaksa Harus Mandi di Pantai Selatan. Kini Terbongkar Sosok yang Ingin Celakai Dinar Candy dan Sang Adik Hingga Hampir Mati, Siapa Ya?

Soeharto yang gemar blusukan untuk pastikan pembangunan apakah berjalan sesaui rencana atau tidak membuatnya harus melakukan pencatatan secara detail.

Ia bahkan mencatat segala informasi dengan menggunakan punggung ajudannya bila tak ada meja yang bisa digunakan.

Soeharto di awal kekuasaan rajin melakukan blusukan, hal ini seperti yang dicatat pada 'Otobiografi Seoharto, Pikiran, Ucapan dan Tindakan.'

Baca Juga: Dipelototi dan Hampir Ditonjok Calon Mertua Gara-gara Bikin Amanda Manopo Menangis saat Ulang Tahun, Billy Syahputra Minta Ampun: Jangan, Badannya Gede

"Tentu saja saya pun kadang-kadang merasa capek."

"Ini karena hilir mudik dari sana ke mari lewat daratan, terbang dari satu tempat ke tempat lainnya untuk memulai dengan pembangunan yang baru dan mengontrol pembangunan yang sedang berjalan, dan lelah pula karena memeras otak."

"Tetapi saya tidak boleh mengeluh, apalagi menyerah."

"Pembangunan adalah perjuangan yang sengit," kata Soeharto melalui buku tersebut.

Baca Juga: Dipelototi dan Hampir Ditonjok Calon Mertua Gara-gara Bikin Amanda Manopo Menangis saat Ulang Tahun, Billy Syahputra Minta Ampun: Jangan, Badannya Gede

Artikel ini telah tayang di Tribunstyle.com dengan judul "Tidur di Rumah Warga, Pria Itu Ternyata Presiden Soeharto yang Menyamar, Pejabat Sontak Ketar-ketir".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya