Dipolisikan oleh Putri Kalla, Ferdinand Hutahaean Buka Suara: Saya Tidak Pernah Mengenal Keluarga Beliau

Kamis, 03 Desember 2020 | 14:30
KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN

Ferdinand Hutahaean di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Suar.ID -Putri Jusuf Kalla, Muswirah Kalla melaporkaneks kader Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean serta pemerhati sosial dan politik, Rudi S Kamri ke Bareskrim Polri, Rabu (2/12/2020).

Ferdinand dan Rudi dilaporkan atas dugaan pencemaran nama baik. Unggahan keduanya di media sosial dinilai menyinggung JK.

Mantankader Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean angkat bicara merespons laporan Muswira Kalla ke Bareskrim Polri.

Baca Juga: Tak Pernah Gagal Bikin Warganet Baper dengan Kisah Cintanya, Kini Rizky Billar dan Lesty Kejora Diramal Ahli Tarot ini, Sebut Soal Diam-diam Ada Ketakutan Kariernya Redup: Kalau Langkahnya Salah, Gak Bisa Balik Lagi!

Ferdinand menyebut bahwa laporan putri kedua Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) itu berlebihan.

Sebab, Ferdinand mengaku tidak pernah menyerang kehormatan JK ataupun putrinya di media sosial.

Karenanya, laporan Muswira terhadap dirinya atas dugaan pencemaran nama baik keluarga JK dianggap tidak pas.

"Saya tidak mengenal dan merasa tidak pernah menyerang keluarga beliau (Muswirah) maupun keluarga Pak JK di media sosial," ujar Ferdinand saat dihubungi, Rabu (2/12/2020), dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Dicibir Maia Estianty, Atta Halilintar Disebut Bertindak Kejam hingga Bikin Peserta Indonesian Idol Ini Keluar dari Pekerjaannya

Bukan JK

Ferdinand mengatakan, Muswirah juga tidak pernah meminta klarifikasi secara langsung terkait tulisannya di Twitter yang dianggap mencemarkan nama baik JK.

Tulisan Ferdinand yang dilaporkan Muswirah ke Bareskrim Polri yaitu soal agenda politik 2022 menuju 2024 dalam kicauannya pada akun Twitter @ferdinandhaean3.

Ia juga mengatakan bahwa Juru Bicara JK sewaktu menjadi Wapres, Husain Abdullah juga menanyakan perihal kicauan itu kepada dirinya.

Igman Ibrahim/Tribunnews.com
Igman Ibrahim/Tribunnews.com

Muswira Kalla Saat melaporkan Ferdinand Hutahaean dan Rudi S Kamri di Bareskri Polri

"Beberapa kali di media seperti di TVOne atau di RRI saya berbicara dengan Pak Husain Abdullah juru bicara Pak JK pernah bertanya kepada saya, 'Apakah yang dimaksud Pak JK?', saya bilang bukan, yang saya maksud bukan Pak JK," kata dia.

Ikuti Proses Hukum

Kendati begitu, Ferdinand menghormati langkah hukum yang ditempuh Muswirah.

Ia mengatakan, akan mengikuti proses hukum dan akan memberikan klarifikasi jika diminta polisi.

Baca Juga: Keluarga Raffi Ahmad Dituduh Tak Suka dengan Dimas, Suami Nagita Slavina Buka Suara

Namun, dia mengingatkan bahwa tanpa bukti yang jelas, laporan Muswirah bisa dikategorikan sebagai laporan palsu.

"Saya tentu punya hak hukum. Saya akan berikan klarifikasi jika diminta dan akan memberikan jawaban keterangan ke pihak kepolisian. Karena ketika laporan seperti ini yang menarik-narik tanpa ada bukti yang jelas tentu bisa menjadi kategori laporan palsu, nanti kita lihat," ucap Ferdinand.

Ferdinand dan Rudi Dipolisikan

Sebelumnya, Muswirah Kalla melaporkan Ferdinand Hutahaean serta Rudi S Kamri ke Bareskrim Polri, Rabu (2/12/2020).

Ferdinand dan Rudi dilaporkan atas dugaan pencemaran nama baik. Unggahan keduanya di media sosial dinilai menyinggung JK.

"Saya di sini atas nama saya sebagai anaknya Pak Jusuf Kalla melaporkan Ferdinand Hutahean dan Rudi S Kamri atas tulisan-tulisan yang mereka buat. Tulisan tersebut menganggu martabat kami, saya dan keluarga," kata Muswira di Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (2/12/2020).

Baca Juga: Diduga jadi Korban KDRT, Model Cantik Didakwa 15 Tahun Penjara karena Tikam sang Suami Sampai Tewas dengan Pisau Dapur

Ia mengatakan, laporannya diterima aparat kepolisian dan tertanggal 2 Desember 2020.

Pihaknya juga menyertakan barang bukti berupa tangkapan layar unggahan Ferdinand dan Rudi di Twitter, YouTube, dan Facebook.

Berdasarkan lampiran barang bukti yang diperlihatkan kepada media, cuitan Ferdinand yang dilaporkan yaitu, 'Hebat juga si caplin, bawa duit sekoper ke Arab, bayar ini itu beres semua. Agenda politik 2022 menuju 2024 sudah dipanasi lebih awal. Tampaknya presiden akan sangat disibukkan oleh kegaduhan rekayasa caplin demi anak emasnya si asu pemilik bus edan'

"Kami menggunakan hak kami sebagai warga negara untuk mendapat perlindungan hukum atas dugaan pencemaran nama baik kepada ayah kami, karena itu sangat mengganggu keluarga kami," ujar Muswirah yang biasa dipanggil Ira dalam keterangannya, Rabu.

"Oh iya, tahu bapak (JK). Jadi sebagai warga negara Indonesia, saya berhak melaporkan hal-hal yang menganggu hak asasi saya dan keluarga," sambungnya.

Adapun Ferdinand dan Rudi dilaporkan dengan Pasal 45 Ayat 3 jo Pasal 27 Ayat 3 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan/atau Pasal 310 KUHP dan/atau Pasal 311 KUHP.

Artikel ini telah tayang di Kompas TV dengan judul: "Ferdinand Hutahaean: Saya Tak Pernah Menyerang Beliau Maupun Keluarga Pak JK."

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya