Kerap Dijual Pedangan Nakal, Rupanya Jus Buah dalam Kemasan ini Mengandung Logam Berat yang Membahayakan Tubuh, Segera Hindari Kalau Masih Sayang Nyawa!

Jumat, 06 November 2020 | 12:30
Freepik.com

Kerap Dijual Pedangan Nakal, Rupanya Jus Buah dalam Kemasan ini Mengandung Logam Berat yang Membahayakan Tubuh, Segera Hindari Kalau Masih Sayang Nyawa!

Suar.ID -Bagi yang tidak menyukai buah, minum jus bisa jadi pilihan untuk tetap mengkonsumsi buah.

Jus buah ini pun juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Karena itu di pasaran banyak jus buah dalam kemasan yang dijual.

Ternyata jus buah kemasan tidak sehat karena kandungan gula yang tinggi dan nilai gizi yang rendah.

Baca Juga: Kerap Disajikan dalam Lauk Nasi Padang, Rupanya Sayur ini Bisa Cegah Penyakit Stoke. Gak Perlu Lagi Obat Mahal!

Menurut sebuah penelitian yang dirilis pada hari Rabu (30/1) oleh Consumer Reports, AS, kadar kadmium, arsen anorganik, merkuri atau timbal yang dapat diukur ditemukan di setiap satu dari 45 produk jus yang diuji dari merek-merek utama yang dijual di seluruh AS.

Hampir setengah dari jus memiliki kadar logam yang sangat tinggi.

Itu adalah hal yang memprihatinkan.

Baca Juga: Kerap Diminun Saat Mengantuk, Rupanya Kopi Tak Baik Dikonsumsi Diatas Jam 2 Siang, Segera Hindari Kalau Tak Mau Alami Hal ini di Malam Hari!

Bahaya Jus Buah Kemasan

Dengan tujuh produk mengandung konsentrasi logam berat cukup tinggi untuk membahayakan anak-anak yang meminum sekitar setengah cangkirnya sehari.

"Asupan harian yang terus-menerus dalam waktu yang lama juga dapat sebabkan masalah," kata James Dickerson, kepala petugas ilmiah Consumer Reports.

Lebih lanjut, dirinya menyarankan baik itu untuk anak-anak atau dewasa untuk mengurangi takaran konsumsi jus siap minum.

Times of India
Times of India

Ilustrasi jus kemasan

Agar adil, tidak mungkin untuk menghapus semua logam berat dari makanan dan minuman.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Ternyata, Sebelum Sah Jadi Istri Irwan Mussry, Maia Estianty Pernah Dikabarkan Dekat Dengan Sosok Nyentrik Ini, Siapa? | Baru Saja Mau Kawin Dengan Sule, Nathalie Holscher Disebut Sudah Punya Anak Dari Pria Lain

Hal itu proses tersebut juga dapat terjadi secara alami.

Misalnya, racun dapat terpapar kepada manusia ke makanan melalui air, udara dan tanah, atau mereka dapat ditambahkan secara tidak sengaja di pabrik atau dalam kemasan produk.

Dalam beberapa jus yang diuji, kadar logam tunggalnya memang tidak mengkhawatirkan.

Tetapi jika dikombinasikan, mereka dapat memiliki efek buruk pada perkembangan otak dan sistem saraf anak-anak, kata laporan itu.

Baca Juga: Baru Seumur Jagung Sudah Berani Bawa Pulang Pacar ke Rumah, Tissa Biani Kepedean Tawarkan Masakannya ke Maia Estianty, Ibunda Dul Jaelani: Tes Mental untuk Calon Mantu

Jus organik, atau jus yang dipasarkan untuk anak-anak, belum tentu lebih aman.

Tidak ada jus tertentu yang berkinerja lebih baik daripada jus lainnya.

Secara umum, jus anggur dan jus campuran memiliki kadar logam berat rata-rata tertinggi, kata laporan itu.

Jus tertentu dari Minute Maid, RW Knudsen, Gerber, Welch's, Mott's dan Juicy Juice terdaftar sebagai yang berisiko.

Baca Juga: Rizky Billar Blak-blakan Ungkap Isi Hatinya Ngaku Pengen Nikah Tahun Depan di Hadapan Lesty Kejora Sampai Buatnya Meneteskan Air Mata Kebahagiaan, Kini Sang Biduan Malah Diwanti-wanti Jangan Ngarep Dinikahi Sang Aktor, Ada Apa Ya?

Entah itu untuk dikonsumsi setengah atau satu cangkir per hari.

Freepik

Ilustrasi jus

Beberapa merek jus in-house dari Trader Joe's, Walmart Inc., CVS Health Corp dan Whole Foods Market Inc. juga terbukti berpotensi berbahaya.

Sementara penelitian ini dilakukan di AS, kondisi yang sama juga berlaku di India.

Baca Juga: Sempat Bungkam, Ruben Onsu Geram Temukan Akun Facebook Tulis Ancaman Pembunuhan pada Thalia di Bio-nya: Anak Saya Salah Apa?

Hal itu karena perusahaan yang sama juga beroperasi dan menjual produk yang sama di sana.

Hasil penelitian seperti ini sama halnya penting bagi pemerintah di manapun untuk menerapkan beberapa peraturan dan tetap mengawasi makanan yang diproduksi dan diperjual belikan.

Baca Juga: Terpukul, Sampai Nangis 3 Hari Usai Putus dari Ariel Noah, Rupanya Butuh 5 Tahun Bagi Luna Maya untuk Move On

(Muflika Nur Fuaddah)

Artikel Ini Telah Tayang di IntisariOnline dengan Judul "Hati-hati, Jus Buah Kemasan Mengandung Logam Berat dari Merkuri Hingga Timbal".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya