Pemilik Golongan Darah O Wajib Tahu! Inilah 5 Sayuran yang Harus Anda Hindari Jika Sayang Nyawa, Bisa Sebabkan Efek Berbahaya ini Pada Tubuh!

Kamis, 08 Oktober 2020 | 17:30
Freepik

Pemilik Golongan Darah O Wajib Tahu! Inilah 5 Sayuran yang Harus Anda Hindari Jika Sayang Nyawa, Bisa Sebabkan Efek Berbahaya ini Pada Tubuh!

Suar.ID -Beberapa tahun belakangan, banyak penelitian yang melakukan pencocokan anatara golongan darah dengan makanan manusia.

Karena itulah kini banyak diet golongan darah yang dipercaya jauh lebih ampuh untuk bisa menurunkan berat badan.

Pasalnya golongan darah ini rupanya juga memiliki respon masing-masing terhadap asupan makanan.

Teori ini dilandasi penelitian bertahan-tahun yang dilakukan oleh Dr. Peter J. D’Adamo, ahli naturopatis asal Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Dijamin Bakal Bikin Permainan di Ranjang Bersama Pasangan Makin Intim dan Tak Terlupakan. Cukup dengan Sakali Gigit Buah yang Satu Ini!

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa setiap bahan pangan memiliki reaksi berbeda terhadap golongan darah.

Di mana, bahan pangan tertentu bisa bermanfaat, tapi bisa bersifat racun bagi gologan darah lainnya.

Kondisi itu bisa terjadi karena hampir setiap bahan makanan mengandung lektin, yakni sejenis protein yang akan bereaksi dengan darah dalam tubuh.

Apabila golongan darah tidak cocok dengan lektin, akan terjadi gangguan kesehatan, seperti penggumpalan darah yang dapat memicu beragam penyakit.

Baca Juga: Awalnya Cuma Iseng Tak Konsumsi Gula Sama Sekali Selama 1 Bulan Penuh, Pasangan Suami Istri ini Pun Terkejut Bukan Main Saat Rasakan Perubahan Ajaib ini Pada Tubuhnya, Sungguh Luar Biasa!

Melansir Buku Menu Sehat & Lezat Sebulan untuk Golongan Darah O (2007) oleh Budi Sutomo, S.Pd & dr. Yoanita Ristyaningrum, orang yang memiliki golongan darah O cenderung mudah mengalami peningkatan asam lambung.

Carter BloodCare
Carter BloodCare

Golongan Darah O

Dari evolusi genetik, golongan darah O diketahui memiliki ciri mempunyai kandungan asam lambung tinggi, sehingga mudah mengalami gangguan pencernaan.

Penyakit lain yang rentan dialami pemilik golongan darah O, di antaranya yakni:

Baca Juga: Bak Pinang Dibelah Dua Nggak Sih? Anya Geraldine Harus Hati-hati Karena Kini Punya Saingan Baru, Ternyata Seorang Penjaga Warung yang Wajahnya Mirip Banget

- Gangguan tiroid

- Radang sendi

- Alergi Sinusitis

- Penyakit Jantung

Agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan tersebut, para pemilik golongan darah O pun kiranya penting untuk memahami berbagai makanan yang perlu dihindari.

Baca Juga: Kena Getahnya jadi Menantu Keluarga Bakrie, Nia Ramadhani Beri Tanggapan Usai Diserang Karena Tak Bayar Gaji Karyawan 6 Bulan: Nggak Ada Hubungannya Sama Gue

Sayuran yang Harus Dihindari Golongan Darah O

Melansir Buku Jus Sehat Golongan Darah O: Berdasarkan Buku Laris Dr. Peter J. D’ Adamo (2007) oleh Wied Harry Apriadhi, ada beberapa jenis sayuran yang seyogianya dihindari para pemilik golongan darah O apabila tidak ingin mendapatkan gangguan kesehatan.

Berikut ini beberapa sayuran yang patut diwaspadai para pemilik golongan darah O:

1. Kubis-kubisan

Sayuran dari keluarga kubis-kubisan alias Brasicca diketahui dapat menghambat fungsi tiroid pemilik golongan darah O, yang notabene secara alami lebih lemah dibanding pemilik golongan darah lainnya.

Berikut daftar sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan: Kol hijau, Kol putih, Kol merah, Kembang kol Cuciwis.

Baca Juga: Sebelum Menjalin Hubungan dengan Nathalie Holscher, Rupanya Sule Sempat Diramal Sosok Ahli Tarot ini. Ada Apa Ya?

2. Taoge

freepik.com
foodiesfeed

ilustrasi tauge berisiko

Pemilik golongan darah O juga patut berhati-hari terhadap taoge alfalfa karena mengandung senyawa yang dapat mengiritasi saluran pencernaan, sehingga bisa memperparah hipersensitivitas yang mungkin diderita.

3. Jamur

Pemilik golongan darah O juga perlu waspada terhadap jamur shiitake dan buah zaitun hitam yang diawetkan karena bisa memicu alergi.

Baca Juga: Bertemu dengan Ganjar Pranowo, Seorang Pelajar yang Ikut Demo Tolak UU Cipta Kerja Kebigungan saat Jelaskan Maksud Aksinya: Ngggak Tahu

4. Keluarga terung atau terong

Sayuran lain yang sebaiknya diwaspadai pemilik golongan darah O, adalah sayuran dari keluarga terung-terungan alias Solanacea, terutama terung dan kentang.

Kandungan lektin pada sayuran ini tergolong tinggi sehingga bisa memicu nyeri sendi dan merangsang munculnya penyakit artritis.

Sayuran dari keluarga ini yang menjadi pengecualian, yakni tomat.

Sayuran dari keluarga Solanacea ini memang mengandung lektin yakn kuat, yakni panhemaglutinan, suatu senyawa khusus yang mampu membekukan darah semua golongan darah.

Baca Juga: Dimabuk Asmara jadi Pengantin Baru Usai Sebulan Cerai dari Kiwil, Meggy Wulandari dapat Teguran Keras Banding-bandingkan Suami dengan Mantan: Ternyata Beda Rasanya

Tapi, kandungan lektin ini ternyata tidak dapat dinetralkan di dalam tubuh pemilik golongan darah O.

5. Jagung

Jagung juga perlu dihindari oleh para pemilik golongan darah O karena kandungan lektinnya dapat menghambat produksi insulin.

Kondisi ini akan menjadikan pemilik golongan darah O lebih mudah mengalami kegemukan dan berisiko menderita kencing manis atau diabetes mellitus.

Baca Juga: Kini yang Tertinggal Cuma Penyesalan, Terungkap GIsela Anastasia Pernah Izinkan Gading Marten Tidur Seranjang dengan Wanita Lain: Sekali Doang Tapi!

(Irwan Sapto Adhi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ragam Sayuran yang Perlu Dihindari Pemilik Golongan Darah O".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya