Dibui Usai Cerai dari dari Sherrin Tharia, Kesehatan Zumi Zola di Penjara Memprihatinkan, Pengacara Khawatir Dampak Lebih Buruk: Dia Minta Dijadwalkan Berobat ke Dokter

Senin, 05 Oktober 2020 | 18:30
Instagram/ @stharia

Zumi Zola - Sherrin Tharia

Suar.ID - Kabar tak mengenakan mendadak datang dari Zumi Zola, mantan Gubernur daerah Jambi yang juga pernah menjalin cinta dengan selebriti Ayu Dewi.

Bak petir di siang bolong, Zumi Zola digugat cerai istrinya, Sherrin Tharia pada 26 Maret 2020.

Menurut Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, melansir dari TribunMedan.com, Cece Rukmana Ibrahim, Sherrin Tharia mengajukan gugatan lantaran rumah tangganya yang sudah tak harmonis.

Baca Juga: Nathalie Holscher Dengan Cepat dapat Mengambil Hati Anak-anaknya, Sule: Saya Semakin Yakin Menikah

Lima bulan kemudian, Majelis Hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan mengabulkan gugatan cerai Sherrin Tharia, tepatnya Rabu (12/8/2020).

Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Cece Rukmana Ibrahim, membenarkan kabar tersebut.

"Diputus hakim 12 Agustus 2020. Sidang digelar secara online," kata Cece Rukmana, Senin (24/8/2020).

Bak sudah jatuh tertimpa tangga, beberapa waktu lalu, pihak pengacara khawatir dampak lebih buruk mengingat saat ini diabetes yang diidap Zumi Zola telah mengakibatkan dua matanya sulit melihat.

Pengajuan izin berobat itu disampaikan Zumi bersama pengacaranya, Muhammad Farizi, saat menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (26/4) kemarin.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Terpesona Aku Terpesona' Yel-Yel TNI Yang Menggugah Semangat

"Dia enggak banyak ngeluh, cuma dia minta dijadwalkan ada jadwal berobat ke dokter, itu tadi kita sampaikan juga. Dan itu tadi sudah disetujui," ujar pengacara Zumi Zola, Muhammad Farizi, usai mendampingi pemeriksaan kliennya.

Farizi menceritakan, Zumi Zola telah sejak lama terkena sakit diabetes, tepatnya sejak tahun 2007.

Zumi Zola pun dikatakannya sempat mendapat perawatan dokter.

"Matanya jadi susah melihat. (Ya bahaya), makanya KPK bersedia memfasilitasi untuk berobat ke dokter spesialis," jelasnya.

Ia menceritakan, kadar gula darah Zumi Zola kerap naik dan turun atau tidak stabil selama menjalani hari-hari di Rutan KPK.

Tak hanya itu saja, ia bersyukur pihak KPK mengizinkan Zumi Zola untuk berobat atas sakit diabetesnya.

"Kalau berat badannya selama di tahanan malah bagus dan stabil, cenderung naik. Cuma matanya saja susah melihat," imbuhnya.

Farizi mengungkapkan kliennya telah mendapatkan izin dari KPK untuk melakukan pengobatan.

Baca Juga: Tanpa Basa-basi Bongkar Soal Biaya Pernikahannya, Wanita Curhat Habiskan Rp 120 Juta untuk Biaya Nikah, Tapi Suami Malah Selingkuh

Menurut Farizi Zumi Zola tidak banyak mengeluh selama di tahanan.

Sepertinya hal ini termasuk dalam hal makanan di dalam rutan.

Pasalnya, saat dijenguk oleh istrinya, Sherrin Tharia, Zumi tidak minta dibawakan makanan dari luar.

Ia hanya minta dibawakan Al-Quran, buku agama, dan buku sejarah saja.

Selain itu Ia juga minta dibawakan baju ganti.

Zumi Zola yang menjadi tersangka kasus dugaan penyuapan dan menerima gratifikasi sejumlah proyek di Jambi ditahan oleh KPK di Rutan C1 KPK Jakarta sejak 9 April 2018.

Atas perbuatannya, Zumi dan Arfan disangkakan pasal 12 huruf B Undang undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Zumi Zola digugat cerai oleh istrinya Sherrin Tharia dengan syarat hak asuh anak jatuh pada sang istri dan Zumi harus memberikan biaya perawatan anak sebesar 20 juta.

Hal ini diungkapkan mediator yang menangani perceraian Zumi Zola dan Sherrin Tharia.

Kadi menyebutkan hak asuh anak rencananya akan jatuh kepada Sherrin Tharia, sementara Zumi Zola akan membiayai kebutuhannya.

"Tadi sudah disepakati, anak diasuh oleh ibunya dan biaya dari ayahnya, itu isi mediasi. Biaya anak ya sekitar Rp 20 juta-an (per bulan) seingat saya, mereka sudah sepakat," ucap Kadi seusai sidang digelar di PA Jaksel, dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Sosok Paranormal Kondang ini Tetiba Sebut Bakal Ada Artis yang Tega Cari Pesugihan Sampai Tumbalkan Anak Kandungnya Sendiri Hanya Demi Bisa Kaya Raya: Perempuan Semuanya!

Seperti yang diketahui, selepas ditinggal suaminya yang divonis 6 tahun penjara atas tindak korupsi dana gratifikasi hingga sebesar RP 44 Miliar, membuat Sherrin Tharia Zola berjuang seorang diri membesarkan kedua anaknya.

Selepas kabar perceraiannya membuat jagat raya heboh, istri Zumi Zola menulis curahan hatinya di Instagram psca menggugat cerai sang suami.

Dia memposting momen kebahagiaan bersama dua anak tercintanya.

Dalam momen tersebut, salah satu anaknya sedang ulang tahun.

Sherrin Tharia tampak menuliskan ucapan dan doa yang panjang untuk anaknya.

"Zhafran, selamat ulang tahun yang ke 4 ya sayang..

Papa dan mami sayaaaang banget sama afran, we will do anything for you to make you happy.

Afran anak yang baik hati yang selalu perhatian sama mami, selalu tanya “mami cape ngga?”, “Afran mau temenin mami”, and so much sweet things you do for mami.

You are a very2 sweet boy, i can’t thank Allah enough to give you as my child.

Semoga km jadi anak yang sholeh, sayang sama Allah SWT, papa, mami, dan abang selalu.. we love you Afran." tulis Sherin.

Dear Zameer.. Be strong now, bacause things will get better. It might be stormy now, but it can’t rain forever. Mami and papa loves you soooooo much, (Yang tersayang Zameer, yang kuat ya, ksrena semua akan baik-baik saja, mungkin saat ini badai tenah menimpa kita, namun hujan tak akan berlangsung selamanya, mami dan papi mencintaimu." tulis Sherin Tharia.

Baca Juga: Jadi Kontroversi Dan Ditolak Ribuan Buruh Di Seluruh Nusantara, Apa Sih RUU Cipta Kerja yang DPR Ngebet Banget Mensahkannya Jad Undang-Undang

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Sumber : Kompas.com, tribunnews

Baca Lainnya