Kritik dan Sarannya Diterima Menteri Erick Thohir usai Bongkar Aib BUMN, Sosok Ini Minta BTP Jaga Soliditas dan Kerja Sama Tim

Jumat, 18 September 2020 | 19:30
Dok. Kompas TV

Kritik dan sarannya diterima oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, Ahok diberikan pesan begini.

Suar.ID -Komisaris Utama PT. Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menemui Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir untuk menyampaikan kritik dan saran.

Ahok memakai kemeja batik berwarna cokelat sementara Erick mengenakan batik bernuansa merah tua.

Ahok menyampaikan kritik dan sarannya dalam pertemuan tersebut.

Baca Juga: Sakit Hati usai Diserang oleh Emak-emak yang Tergabung dalam Grup Veronica Lovers hingga Buat Laporan Pencemaran Nama Baik ke Polisi, Ahok tiba-tiba Mengambil Keputusan Ini

"Tadi habis bertemu dengan Menteri BUMN."

"Kritik dan saran yang saya sampaikan diterima dengan baik oleh Pak Erick,” ujar Ahok saat dikonfirmasi Tribun, Kamis (17/9/2020).

Ahok kemudian mempersilahkan penjelasannya yang ia sampaikan melalui instagram miliknya untuk dikutip.

Di samping menyampaikan kritik dan saran, ia mengaku mendapat pesan dari Erick Thohir.

Baca Juga: Koar-koar Bongkar Aib BUMN, Ahok Langsung Dipanggil Menteri Erick Thohir, BTP Bocorkan Apa yang Mereka Bahas: Tadi Baru Habis Bertemu

Ia diminta untuk menjaga soliditas dan kerja sama tim di perseroan, sekaligus melakukan transformasi perusahaan pelat merah.

Sementara itu, Erick Thohir menekankan pentingnya transformasi sejumlah BUMN.

Langkah ini untuk menjaga kinerja perseroan pelat merah yang efisien, kompetitif dan transparan.

Erick mengatakan transformasi BUMN harus segera dilakukan dengan langkah terencana.

Kolase Tribunnews
Kolase Tribunnews

Ahok dan Erick Thohir.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Ahok Tiba-tiba Usul Kementerian BUMN Dibubarkan dan Bongkar Borok Pertamina | Mantan Istri Dory Harsa Ungkap Sifat Asli Suami Nella Kharisma

Satu di antaranya dengan merapikan struktur sejumlah perusahaan negara, mulai dari jumlah pejabat yang bertugas hingga jumlah BUMN.

"Kita terpikir tidak mungkin kami mengawasi mengkoordinasi 142 BUMN."

"Jelas, suka tidak suka, BUMN yang tidak kompetitif akan dikecilkan," ujar Erick.

Lantas, hal itu juga yang menjadi landasan pembentukan klaster-klaster BUMN agar proses pengawasan lebih mudah dan menyeluruh.

Baca Juga: Bagai Petir di Siang Bolong, Ahok Tiba-tiba Bongkar Aib di Pertamina: Direksi maupun Komisaris Sangat Kental Lobi-lobi Politik dan Bagi-bagi Jabatan!

Selain itu, BUMN juga diharapkan bisa menjadi lebih kompetitif dan transparan.

"Ibarat punya tiga anak, tidak mungkin dibeda-bedakan anak ke satu, dua, tiga."

"Semuanya juga sama namanya anak, tapi kalau 142 kebanyakan anaknya, jadi 3 cukup."

"Karena itu ada klaster 1, klaster 2, klaster danareksa, dan PPA," tuturnya.

Instagram BasukiBTP
Instagram BasukiBTP

Baca Juga: Bagai Petir di Siang Bolong, Ahok Tiba-tiba Usulkan supaya Kementerian BUMN Dibubarkan, Ternyata Ini Alasan Mantan Veronica Tan Itu

Erick mengatakan proses transformasi itu tidak mungkin terlaksana tanpa kerja sama antara Kementerian BUMN dan para direksi perusahaan pelat merah, termasuk tim yang mendukungnya.

"Kita taruh orang-orang yang terbaik di negeri ini supaya persepsi yang terjadi bahwa BUMN itu bobrok, itu salah," kata Erick.

Dalam pidatonya itu, Erick juga menyebut sejumlah nama BUMN, antara lain PT. Pertamina (Persero), PT. PLN (Persero), PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk., PT. Pupuk Indonesia (Persero), PT. Perkebunan Negara (Persero), dan PT. Biofarma (Persero).

Transformasi di delapan perusahaan itu akan menjadi prioritas Kementerian BUMN, sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Meski Tak Ingin Lihat Wajah Veronica Tan Lagi, Ahok Diam-diam Ternyata Tinggalkan Harta Benda yang Bukan Kaleng-kaleng setelah Cerai

Sebelumnya, beredar video di media sosial Ahok berpendapat Kementerian BUMN semestinya dibubarkan dan diganti dengan super holding seperti sistem Temasek Singapura, dengan nama Indonesia Incorporation.

Ahok juga mengkritik kepada Perum Peruri yang meminta dana sebesar Rp 500 miliar untuk proyek paperless di Pertamina.

Ahok menilai internal korporasi Pertamina perlu melakukan efisiensi, terkait gaji pegawai hingga level direksi.

Ahok mengkritisi Pertamina sebagai korporasi yang belum mampu menyeimbangkan keuangan perusahaan, hingga kritik kepada Kementerian BUMN dalam melakukan pergantian direksi.

(tribun network/denis)

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Tribunnews

Baca Lainnya