Bikin Merinding! Stasiun Radio Misterius Ini Keluarkan Suara Tak Lazim yang Bikin Bergidik selama Hampir 4 Dekade Terakhir

Jumat, 04 September 2020 | 13:30
Pixabay

Ilustrasi

Suar.ID - MDZhB adalah nama stasiun radio misterius yang telah mengudara selama hampir empat dekade.

Dua puluh empat jam sehari sejak tahun 1982, MDZhB (diucapkan MJB) telah menyiarkan nada yang membosankan dan monoton, diikuti dengan suara kedua seperti peluit setiap beberapa detik yang bikin merinding.

Namun sesekali, sekitar dua kali dalam seminggu, seseorang juga akan mengucapkan beberapa frasa acak dalam bahasa Rusia, seperti "dinghy (sampan)" atau "ahli pertanian", dan suara mendengung kembali terdengar.

Misteri MDZhB telah memesona para penggemar radio di seluruh dunia selama berabad-abad.

Baca Juga: Perceraian Suaminya dan Istri Kedua Makin Kisruh, Kiwil Perintahkan Istri Pertama Lakukan Ini: Terserah Mau Ngomong Silahkan, Tapi..

Bahkan ada teori mengenai tujuan stasiun radio yang masih beroperasi: dari perang nuklir hingga berkomunikasi dengan alien.

Namun, sejauh ini belum ada yang mampu memecahkan misteri stasiun radio ini.

Semua orang yang tampaknya tahu tentang MDZhB adalah bahwa stasiun radion itu memancar dari dua lokasi di Rusia, satu di daerah St. Petersburg dan satu lagi di Moskow.

Radio beroperasi pada frekuensi yang relatif rendah yang dikenal sebagai "gelombang pendek" yang menempuh jarak jauh.

Baca Juga: Heboh Pria Bernama Anjir, Mengaku Ketakutan setelah Dirinya Viral di Media Sosial: Saya Mulai Panik

Oleh karena hal itu, hampir semua orang di dunia dapat mendengarkannya hanya dengan menyetel radio ke frekuensi 4625 kHz.

Banyak penggemar radio dan teori konspirasi telah mendedikasikan bertahun-tahun untuk mendengarkan suara mendengung dan frasa acak dari stasiun ini.

Banyak yang telah merumuskan teori mereka sendiri tentangnya.

Yang paling masuk akal dari semua teori adalah bahwa MDZhB bertindak sebagai sinyal "Dead Hand".

Pixabay

Ilustrasi

Dead Hand juga dikenal sebagai Perimeter, adalah sistem kontrol senjata nuklir otomatis era Perang Dingin yang digunakan oleh Uni Soviet.

Dalam kasus ini, stasiun tersebut akan berhenti mengeluarkan emisi, memicu respons nuklir otomatis.

Sistem semacam itu dipelopori di era Soviet, dan beberapa ahli percaya bahwa sistem tersebut mungkin masih digunakan.

Baca Juga: Bocor ke Publik! Rano Karno Akhirnya Bongkar Kelakuan Jorok Sosok Artis Senior Ini, Lydia Kandou: Ya Aslinya Begitu

Teori populer lainnya adalah bahwa MDZhB, juga dikenal sebagai "The Buzzer", adalah alat komunikasi dengan jaringan mata-mata ilegal Rusia di seluruh dunia.

Namun hal itu tampaknya kurang masuk akal, karena selain frasa pendek yang diucapkan oleh suara pria atau wanita, tidak ada yang lain selain suara mendengung.

Penjelasan yang lebih menarik adalah bahwasuara yang terdengar hanyalah penanda untuk menghentikan orang menggunakannya, dan stasiun tersebut hanya benar-benar menjadi "hidup" di saat-saat krisis, untuk menginstruksikan jaringan mata-mata Rusia dan militernya.

"Pada tahun 2013, stasiun radio ini mengeluarkan pesan khusus, 'COMMAND 135 ISSUED' yang dikatakan sebagai pesan untuk kesiapan tempur penuh," kata Māris Goldmanis, seorang penggemar radio yang mendengarkan stasiun MDZhB dari rumahnya di negara-negara Baltik, mengatakan kepada BBC.

Untuk saat ini, tujuan sebenarnya dari MDZhB masih menjadi misteri, seperti halnya lokasinya.

Beberapa orang mengklaim itu memancarkan dari rawa di luar kota St Petersburg, hingga bangunan terbengkalai.

Tidak ada yang dapat mengonfirmasi bahwa lokasi-lokasi itu benar adanya. (Adrie Saputra)

Editor : Adrie Saputra

Sumber : BBC

Baca Lainnya