Dulu Hidup Susah Sampai Jadi Buruh Pelabuhan, Komedian Ini Ceritakan Kisah Suksesnya Sampai Kini Bisa Punya 142 Kontrakan

Minggu, 26 Juli 2020 | 19:30
Tribunnews

haji bolot

Suar.ID - Pelawak senior Haji Bolot memiliki kisah hidup yang sangat menarik untuk diceritakan.Pemilik nama asli Muhammad ini merasakan kesuksesan di panggung hiburan bukan lewat jalan instan.Dalam acara Okay Bos yang dipandu Raffi Ahmad, Nagita Slavina, dan Billy Syahputra, Haji Bolot berbagi kisahnya mulai dari bekerja sebagai buruh pelabuhan hingga kini memiliki 142 kontrakan.

Baca Juga: Banting Stir Jualan Puding Usai Jarang Muncul Lagi di Layar Kaca, Artis Senior Ini Menangis Haru Dagangannya Diborong Raffi Ahmad: Terimakasih Banyak Anakku Ngasih Rezeki Banyak Banget Buat Mak1. Asal-usul nama BolotHaji Bolot terlahir dengan nama asli Muhammad. Namun semenjak berkarier di dunia hiburan, ia memiliki nama panggung Bolot. Raffi Ahmad lalu mencari tahu asal-usul dari mana datangnya nama Bolot tersebut.

Haji Bolot akhirnya mengungkap nama tersebut terinspirasi dari neneknya.Arti Bolot awalnya bahkan bukan berarti tak bisa mendengar namun orang yang dakian."Sebenarnya ya, nama gue kan dilahirkan namanya Muhammad. Begitu udah 7-8 tahun, nenek gue orang Jawa. Gue cucu paling kesayangan sama nenek gue, eh dikata, 'Kamu jangan main ujanan, entar bolotan'. Bolot itu bukan budeh, daki," paparnya.

Baca Juga: Sama-sama Ditinggal Nikah Mantan Sampai Dijodoh-jodohkan Netizen, Lesty Kejora Buat Pengakuan Mengejutkan Sentil Kepribadian Pria yang Baru Sekali Ia Temui Ini2. Buruh pelabuhan dibayar Rp 20 perakSebelum mengecap kesuksesan, Haji Bolot mengaku pernah bekerja sebagai buruh pelabuhan.Hidupnya cukup susah sehingga ia memutuskan bekerja di Pelabuhan Tanjung Priok sekitar tahun 1960-an. Upahnya pun tak seberapa, Haji Bolot diberi uang Rp. 20 perak sehari untuk pekerjaannya sebagai buruh pelabuhan."(Jadi) buruh benar di Pelabuhan Tanjung Prion, itu tahun 60-an. Gue dulu orang yang paling blangsak, susah dulu," kata Haji Bolot seperti dikutip Kompas.com dari tayangan Okay Bos Trans 7.

Pada saat itu, Haji Bolot sama sekali tak pernah mementingkan berapa uang yang dibayar untuknya."Jadi buruh waktu masih bujangan, gaji Rp 20 perak satu hari. Yang penting gue bisa masuk ke pelabuhan, enggak ngurusin gaji dah," ucapnya.Bekerja di pelabuhan membuat Haji Bolot bisa menyambung hidup pada masa itu. Haji Bolot juga mengakui tak melanjutkan sekolah ke tingkat SMP. Dia memutuskan untuk mencari rejeki usai lulus dari Sekolah Rakyat (SR) atau setingkat Sekolah Dasar (SD) saat ini.

Baca Juga: Sebelum Tertangkap Basah Main Serong dan Kawini KD, Rupanya Raul Lemos Sempat Masih Ada Rasa dengan Sang Mantan Istri yang Temaninya dari Nol, Atha: Hari ini Ribut Bilang Pisah, Besoknya Sabar Dulu...3. Punya 142 kontrakanPerjuangan hidup yang cukup berat membuahkan hasil bagi Haji Bolot.Kepada Raffi, Gigi, dan Billy, pria berusia 78 tahun tersebut mengaku kini memiliki 142 kontrakan."Alhamdulillah kalau kontrakan lumayan cukup dah buat makan. Cuma 142," kata Haji Bolot.

Uniknya, Haji Bolot ternyata tidak pernah membeli barang secara kredit. Ia selalu menggunakan uang tunai ketika membeli barang mulai dari mobil hingga rumah.Haji Bolot memiliki prinsip tidak membeli barang jika memang tidak sedang punya uang.Apalagi pekerjaannya sebagai pelaku industri hiburan yang kadang tak menentu."Ya kalau enggak punya duit jangan beli. Orang artis jangan suka kredit, apalagi artis bisa ada (uang) sekarang, bisa enggak besoknya," tutup Haji Bolot. (Ady Prawira Riandi)

Baca Juga: Meski Terlihat Jadul, Kereta Kim Jon-Un Rupanya Punya Gadis-gadis ABG di Dalamnya, Siap Berikan Kesenangan SeksualArtikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kisah Hidup Haji Bolot dari Buruh Pelabuhan hingga Punya 142 Kontrakan

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya