Jarang yang Tahu, Situs Film Online IndoXXI, Ganool, dan LK21 Ternyata Bisa Raup Duit hingga Rp3,2 Miliar per Bulan!

Jumat, 26 Juni 2020 | 18:00
Fortnite

Deretan film yang tayang di Party Royale: Movie Nite

Suar.ID -Menonton film memang menjadi kegemaran sebagian masyarakat.

Apalagi di masa pandemi saat ini, rasanya menonton suatu tayangan kini menjadi pilihan wajib.

Bagi sebagian orang tentu sudah tak asing lagi dengan situ film online.

Saking populernya, hampir semua orang mengenali situs film online seperti IndoXXI, LK21, dan ganool.

Baca Juga: Nikita Mirzani Tersipu Malu, Beberkan Hasrat Ingin Berhubungan Laiknya Suami-Istri dengan Sosok Pria Ini

Apalagi saat pandemi, dimana sebagian besar orang diam di rumah dan menghabiskan waktu dengan menonton film.

Situs film streaming online di atas pun kebanjiran penonton.

Pengguna internet Indonesia tercatat cukup banyak mengakses situs penyedia film ilegal untuk bisa menikmati tontonan favorit mereka.

Baca Juga: Berani Jujur ke Publik, Ternyata Inilah Alasan Kezia Karamoy Hamil di Luar Nikah saat Kariernya sedang Melejit

Riset yang dilakukan oleh YouGov untuk Coalition Against Privacy (CAP) dari Asia Video Industry Association, 63 persen konsumen online Indonesia hobi mengakses situs streaming atau torrent ilegal, seperti IndoXXI atau LK21.

Mereka lebih menyukai akses film "gratis" ketimbang membayar biaya berlangganan ke platform streaming film legal.

Meski disebut "gratis", nyatanya pengelola situs tersebut tetap mendapat keuntungan.

Keuntungannya pun tidak bisa dibilang sedikit.

Alfons Tanujaya, spesialis keamanan internet dari Vaksin.com, menjelaskan, semakin banyak orang mengunjungi situs streaming film bajakan, semakin banyak keuntungan yang didapat.

Ia mencontohkan, tahun 2017 lalu, menurut data dari web analis traffik Alexa, salah satu situs streaming film ilegal populer LK21, mendapat kunjungan 8 juta orang perhari.

"Kalau satu orang memberikan penghasilan Rp 10, sehari pendapatannya (saat itu) bisa mencapai 80 juta," kata Alfons, menaksir pendapatan kasar LK21.

Baca Juga: Seketika Suasana Berubah Mencekam, Modal Nekat Bantu Wanita Melahirkan di Pinggir Jalan, Pak Kades: Panik dan Gemetaran

Nominal Rp 10 tersebut didapatkan dari biaya iklan yang diklik pengakses di situsnya.

Biasanya, di situs-situs penyedia film ilegal, banyak iklan yang muncul dan memaksa pengunjung untuk mengkliknya.

Jika sudah diklik, keuntungan akan mengalir ke pemilik situs. Alfons mengatakan, situs yang lebih populer, seperti IndoXXI yang lebih banyak dikunjungi, berpeluang mendapatkan keuntungan lebih besar.

Perlu diingat bahwa di atas merupakan hitungan kasar.

Senada dengan hal di atas, dilansir GridHITS.id dari Infokomputer.id. dengan cakupan pangsa pasar yang besar, muncul pertanyaan soal pendapatan IndoXXI.

Tim mencoba memprediksi estimasi jumlah traffic, nilai, dan pendapatan IndoXXI melalui penyedia pemeriksa traffic situs web, seperti URLrate, Check Website Price, serta Worth of Web.

Menurut situs pemeriksa pendapatan situs URLrate, idtube.me, sebagai nama situs terkini IndoXXI, berhasil meraih pendapatan rata-rata 2.659 dolar AS (sekitar Rp 37 juta) per hari.

Baca Juga: Capek Jadi Istri Kedua yang Terus Diteror Istri Pertama tapi Enggak Pernah Dapat Perlindungan, Benazir Endang Resmi Cerai dari Pesulap Limbad

URLrate juga mengestimasi situs idtube.me atau IndoXXI ini bernilai 1.914.480 dolar AS (sekitar Rp 26,7 miliar).

Valuasi tersebut memang tak mengherankan.

Pasalnya, menurut URLrate, situs IndoXXI punya 221.621 daily unique visitors alias pengunjung harian yang datang ke situs lebih dari sekali dalam satu hari.

IndoXXI juga disebutnya punya 1.329.726 daily pageviews atau jumlah halaman yang dilihat pengunjung situs dalam satu hari.

Angka yang berbeda justru diungkap oleh situs pengecek traffic website bernama Check Website Price.

Meski begitu, data yang diberikan cukup lengkap, termasuk pendapatan dari iklan.

Menurut Check Website Price, IDTube.me alias IndoXXI memiliki 6.725 pengunjung (daily unique visitor) dan 26.899 pageview harian.

Baca Juga: Mandi di Hotel, Wanita Ini Tak Sadar Kalau Video Telanjangnya Direkam Diam-diam dan Diunggah di Situs Porno, Perekam Peras Uang Puluhan Juta Rupiah

Lalu, pendapatan iklan per hari di situs ini diprediksi mencapai 71 euro (setara Rp 1 juta).

Sementara dalam prediksi bulanan IDTube.me diduga bisa meraih 198.585 pengunjung dengan pageview sebanyak 794.327 dan pendapatan 2.097 euro (setara Rp 32,4 juta).

Untuk per tahun, IDTube.me diperkirakan dikunjungi oleh 2.456.209 orang dengan 9.824.658 pageview dan meraup 25.937 euro dari iklan.

Secara keseluruhan, Check Website Price memprediksi situs ini memiliki nilai valuasi sebesar 65.228 euro (setara Rp 1 miliar).

Keamanan Menonton Film Situs Online

Terlepas dari itu, mengakses situs penyedia film ilegal tidak sepenuhnya aman.

Banyak bahaya mengintai pengguna, termasuk serangan malware ke perangkat.

"Kalau terkena malware, komputer kita akan digunakan untuk tujuan negatif yang akan memberikan kerugian langsung dan tidak langsung," kata Alfons saat dihubungi KompasTekno, Selasa (24/12/2019).

Baca Juga: Pengen Utang untuk Beli Mobil, Yulia Tiba-tiba Melepas Baju hingga Setengah Bugil, Sang Pria yang Menolak Memberi Pinjaman pun Kaget dan Langsung Lakukan Hal Tak Terduga Ini

Ia mencontohkan, kerugian yang akan diterima pengakses apabila terkena malware adalah menjadikan perangkat pengguna sebagai komputer zombie.

Komputer zombie ini bisa digunakan untuk menambang bitcoin, dimana korbannya akan rugi konsumsi listrik dan bandwidth.

Apabila perangkat menjadi komputer zombie, maka perangkat tersebut bisa dijadikan sumber penyebar malware.

"Kalau terinfeksi ransomware, jelas datanya akan dienkripsi dan harus membayarkan uang tebusan jika ingin datanya kembali," lanjutnya.

Pemerintah pun berencana akan memblokir peredaran situs ini.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan, situs penyedia film ilegal melanggar perlindungan Hak Atas Kekayaan Intelektual.

Artikel ini telah tayang di GridHits dengan judulPenghasilannya Kalahkan Para Youtuber Terkenal! Situs Film Online IndoXXI, Ganool, dan LK21 Bisa Raup Duit Rp3,2 Miliar Per Bulan

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya