Jadi Hal Terberat dalam Usahanya, Ruben Onsu Rumahkan 2500 dari 6500 Karyawannya, Beri Konpensasi: Saya Tidak Bisa Menyelamatkan Mereka

Selasa, 12 Mei 2020 | 09:00
Tangkapan layar kanal YouTube The Onsu Family

Ekspresi Ruben Onsu saat mempromosikan usahanya

Suar.ID -Sebagai pengusaha, presenter Ruben Onsu turut merasakan dampak langsung dari pandemi corona atau Covid-19, di mana usahanya mengalami kendala.

Bahkan, Ruben mengakui usahanya di bidang restoran mengalami penurunan omzet hingga memilih merumahkan ribuan karyawannya.

1. Dua Restoran Tutup karena Omzet Turun

Ruben Onsu menutup dua restorannya lantaran terus mengalami penurunan omzet.

Baca Juga: Dicap Lebay Orang-orang, Ruben Onsu Ungkap Alasan Beri Ajudan Pribadi untuk Ketiga Anaknya, Nikita Mirzani Beri Peringatan Keras

Ruben berujar, penurunan omzet malah lebih dari 50 persen, sehingga memilih menutup sementara usaha kulinernya itu.

“Awal-awal pergerakannya belum dahsyat ya. Sampai (akhirnya) hari ini omzet yang menurun dari (bisnis) saya itu sudah 70 persen," kata Ruben saat Instagram Live bersama Sandiaga Uno, dikutip Kompas.com, Sabtu (9/5/2020).

"Dua di antaranya, kita bahas di Indonesia dulu sudah pasti tutup di Lubuk Linggau dan Bukittinggi. Itu tidak bisa kita pertahankan," ucap Ruben lagi.

Baca Juga: Teror Mistis Kembali Terjadi di Keluarga Ruben Onsu: Betrand Peto Kaget karena Hal Tak Lazim Ini Menimpa Dirinya

2. Rumahkan 2.500 Karyawan

Tersendatnya usaha di tengah pandemi corona, membuat pembawa acara sekaligus pebisnis Ruben Onsu merumahkan ribuan karyawannya.

Total, sebanyak 2.500 karyawannya terpaksa dirumahkan untuk kelanjutan usahanya.

Ruben pun mengaku sedih dengan keputusan itu, akan tetapi dia tak mau ambil resiko.

Baca Juga: Hengkang Jadi Anak Buah Ahmad Dhani, Begini Kehidupan Penyanyi Cantik Mantan Vokalis The Virgin, Jualan Ceker Hingga Sewakan Mobil

“Ini hal yang paling sedih dalam perjalanan saya, di luar pemikiran saya, tidak ada persiapan, jadi semuanya berubah drastis dan saya harus ambil tindakan," ujar Ruben.

"Dari 6.500 karyawan yang saya bisa selamatkan hanya 4.000, ketika mereka di rumahkan (yang tadinya) kemarin-kemarin tidak saya rumahkan, tapi bank saya sesak, saya tidak bisa menyelamatkan mereka sama sekali," tutur Ruben lagi.

3. Bayar Gaji dan THR Sebulan untuk Karyawan yang Dirumahkan

Sebanyak 2.500 karyawan Ruben Onsu dirumahkan akibat pandemi corona atau covid-19. Keputusan itu diambil lantaran tak sanggup membayar gaji dari ribuan karyawannya itu.

Akan tetapi 2.500 karyawannya tersebut tetap mendapat gaji satu bulan serta tunjangan hari raya (THR) dari Ruben Onsu.

KOMPAS.com/ MELVINA TIONARDUS

Terpaksa Tutup Dua Gerai dan Rumahkan 2.500 Karyawan, Ruben Onsu Mengaku Alami Penurunan Omzet hingga 70 Persen Gara-gara Covid-19!

“Jadi konpensasi yang dilakukan adalah ketika saya rumahkan mereka saya gaji satu bulan full dan THR, tidak ada yang saya potong sama sekali, itu saja yang bisa saya selamatkan," katan Ruben Onsu lagi.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Kebiasaan Masa Muda Maia Estianty Berhasil Dibongkar Luna Maya, Ini yang Bikin Suami Mulan Jameela Kepincut?

“Saya cuma berpikir 2.500 itu harus saya sudahkan pekerjaannya karena saya harus selamatkan yang lainnya untuk perusahan saya secara sehat gitu," ucap Ruben.

4. Tunda Pembukaan Gerai Geprek

Ruben Onsu juga mengatakan bahwa menunda pembukaan gerai makanan geprek miliknya lantaran corona.

Padahal, ia baru saja mau membuka beberapa gerai Geprek Bensu di mal. Namun tiga gerainya terpaksa tertunda karena situasi yang sudah tidak memungkinkan.

Baca Juga: Tiba-tiba Cerai Padahal Keluarganya Selalu Nampak Harmonis, Gisella Anastasia Ngaku Nyesel Pacaran dengan Wijin: Nggak Enak Pokoknya

"Berdampak dahsyat banget. Saya baru buka Geprek Bensu di lima mal. Yang dua sudah buka, yang tiga akan segera buka tapi ke-pending," ujar Ruben Onsu.

“Karena mal kan enggak aktif buka ya, tutup total sama sekali itu yang enggak bisa saya bisa bilang apa-apa karena itu sudah peraturannya," sambung Ruben Onsu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Cerita Ruben Onsu Tetap Beri Gaji Full dan THR untuk 2.500 Karyawan yang Dirumahkan

Editor : Rina Wahyuhidayati

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya