Dituding jadi Biang Keladi Covid-19, Laboratorium di Wuhan Bantah Manipulasi Virus Corona hingga Kontak dengan Pasien Nol, WHO Angkat Bicara

Jumat, 24 April 2020 | 07:30
SCMP

Laboratorium di China diklaim masih menuimpan banyak virus mematikan lainnya selain virus corona.

Suar.ID - Sejak munculnya virus corona, pasar tradisional di Wuhan sempat disebut sebagai asal muasalnya.

Bahkan karena begitu banyak orang terpapar virus ini hingga ribuan orang di dunia meninggal karenanya pasar ini kemudian ditutup.

Namun dugaan lain muncul mengenai datangnya wabah tersebut.

Sebuah laboratorium yang ada di Wuhan diketahui memiliki bisa membuat virus diduga menjadi biang keladi dari munculnya covid-19.

Baca Juga: Virus Corona Masih belum ada Apa-apanya, Inilah 5 Wabah Paling Mematikan yang Pernah Menyerang Dunia, Ada yang Memakan Korban Ratusan Juta Jiwa hingga Membuat Separuh Populasi Bumi saat Itu Tewas!

Laboraturium di Wuhan sempat membantah mengenai asal virus tersebut dari tempatnya.

Pejabat tinggi laboratorium Wuhan membantah bahwa laboratorium Wuhan di Hubei, China menjad penyebar virus corona.

Hal ini jelaskan oleh Direktur Laboratorium Keamanan Hayati Nasional Wuhan, Yuan Zhiming.

Baca Juga: Tanpa Gunakan Obat, Pria Ini bisa Sembuh dari Covid-19 dengan hanya Melakukan 3 Hal Sepele Ini di Rumah, Kita Semua Pasti dapat Melakukannya: Ini Rahasia untuk Mengusir Virus tersebut

"Sama sekali tidak mungkin virus itu berasal dari lembaga kami," kata Yuan dalam sebuah wawancara dengan China Global Television Network dikutip dari Kompas.com.

Ia juga membantahbahwa pasien nol sempat melakukan kontak dengan lembaga laboratoriumnya.

Namun Yuan membantah bahwa tidak ada karyawan, pensiunan atau mahasiswa peneliti di sana yang terinveksi virus corona.

Lebih lanjut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan bukti bahwa virus corona tersebut bukan berasal dari lab yang ada di Wuhan.

Baca Juga: Suami Bantah Yuli Meninggal karena Kelaparan, Tulis Surat Klarifikasi Penyebab Sebenarnya Sang Istri Meninggal: Saya Buat dengan Penuh Kesadaran, tanpa Paksaan

Dikutip dari Kompas.com, WHO pada Selasa (21/04) mengatakan, semua bukti menunjukkan virus corona Covid-19 berasal dari hewan dan tidak dimanipulasi atau diproduksi di laboratorium.

"Semua bukti yang ada menunjukkan bahwa virus tersebut berasal dari hewan dan tidak dimanipulasi atau diproduksi di laboratorium atau tempat lain," kata juru bicara WHO Fadela Chaib dalam jumpa pers di Jenewa, Swiss.

"Kemungkinan besar, virus itu berasal dari hewan," lanjutnya.

Baca Juga: Kondisinya DIkabarkan Makin Memburuk, Donald Trump Panjatkan Doa untuk Kim Jong-un: Saya Berharap Dia Baik-baik Saja

Chaib menjelaskan bahwa belum diketahui pasti bagaimana virus ini bisa berpindah dari hewan ke manusia, tetapi tentu ada inang hewan perantara.

"Kemungkinan besar memiliki reservoir ekologis pada kelelawar, tetapi bagaimana virus menular dari kelelawar ke manusia masih harus ditinjau dan dipastikan," jelasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di GridStar dengan judul Jika Bukan dari Pasar Tradisional dan Lab yang Ada di Wuhan, Lalu Darimana Asal Virus Covid-19? WHO Punya Penjelasannya

Editor : Rina Wahyuhidayati

Sumber : GridStar

Baca Lainnya