Ditengah Wabah Corona ini APD untuk Tenaga Medis Langka, Seorang Warga Malah Nampak Belanja dengan Menggunakan Hazmat, PSi: Apapun itu, Kami Menyayangkannya...

Jumat, 27 Maret 2020 | 12:30
Tribun Jatim/IST

Ditengah Wabah Corona ini APD untuk Tenaga Medis Langka, Seorang Warga Malah Nampak Belanja dengan Menggunakan Hazmat, PSi: Apapun itu, Kami Menyayangkannya...

Suar.ID -Belum lama ini sebuah foto membuat warganet menjadi heboh.

Bagaimana tidak, foto ini memperlihatkan seorang warga yang mengenakan baju Hazardous Material (Hazmat).

Seperti yang kita tahu sebelumnya, di tengah wabah corona ini Alat Perlidungan Diri (APD) untuk tenaga medis sedang langka.

Tak ayal foto ini pun mendapatkan berbagai komentar negatif.

Baca Juga: Selain Baik untuk Kesehatan, Inilah Pentingnya Minum Air Putih di Tengah Wabah Virus Corona

Padahal, baju APD ini mestinya hanya boleh dikenakan tenaga medis.

Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menanggapinya.

Ketua Fraksi PSI DPRD Surabaya, William Wirakusuma menyesalkan kejadian itu.

"Terlepas itu benar atau tidak. Tapi saya menduga itu terjadi di Surabaya Barat. Apa pun itu, kami menyayangkan," kata William, Kamis (26/3/2020).

Baca Juga: Sukses Sembuhkan Seluruh Pasiennya yang Kena Covid-19, Begini Cara Vietnam Hajar Virus Corona, Indonesia Wajib Mencontohnya

Menurutnya, Hazmat itu bukan untuk keperluan pribadi dan bisa bebas mengenakannya untuk berbelanja ke pasar atau supermaket.

Saat ini heboh beredar foto seorang mengenakan baju APD berbelanja di sebuah pasar modern.

William juga meminta agar masyarakat tidak memborong hazmat agar tidak terjadi kelangkaan barang di distributor.

Baca Juga: Sempat Dapat Tudingan Miring Lantaran Menikah di Usia 18 Tahun, Mantan Penyanyi Cilik Ini Blak-blakan Ungkap Alasannya Buru-buru Nikahi Kekasihnya: Lebih Cepat Lebih Baik

"Kami juga memohon dengan sangat, agar toko-toko online di sosmed seperti Instagram dan Facebook tidak menawarkan penjualan Hazmat untuk keperluan pribadi " imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Fraksi PSI dan anggota Komisi D Tjutjuk Supariono menyampaikan bahwa ketersediaan Hazmat untuk tenaga medis harus selalu dijaga.

"Hazmat merupakan perlengkapan yang sangat penting bagi tenaga medis yang berada di garis depan dalam melawan korona." ujar Tjutjuk.

"Kami minta kepada masyarakat yang terlanjur membeli hazmat untuk menyumbangkan APD tersebut kepada pihak Rumah Sakit. Mari semua melawan virus Covid-19, seluruh warga Surabaya harus bergotong-royong dan saling membantu," imbuh Sekretaris Fraksi PSI DPRD Surabaya itu.

Baca Juga: Akhirnya Terbongkar, Ternyata Ini yang Bikin Anang Hermansyah Ogah Menikah dengan Teman Duetnya dulu: Kalau enggak Ada Uang Pasti Ditinggal

Anne Avantie Jahit APD Gratis

Minimnya Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis di garda terdepan penanganan wabah virus corona, mendorong banyak pihak terenyuh membantu.

Desainer kondang Tanah Air, Anne Avantie, salah satunya.

Ia turut membantu mengatasi permasalahan APD yang kini menjadi kebutuhan mendesak bagi petugas medis.

Anne memproduksi pakaian baju hazmat sebagai alat pelindung diri (APD) para tim medis.

Baca Juga: Lihat Jenita Janet sudah Berstatus Janda, Sosok Ini Langsung Gercep, PD bisa Mengubah Stempelnya sebagai Playboy Kelas Teri

Tampilannya sama seperti baju hazmat pada umumnya.

Hanya saja pada bagian kerah baju tersemat label "Anne Avantie - Indonesia" dengan tulisan namanya tercetak manis menggunakan benang berwarna keemasan.

Video proses pembuatan baju hazmat ini juga turut dibagikan Anne lewat akun Instagram-nya @anneavantieheart.

Baca Juga: Ibunda Meninggal Dunia, Foto Lawas Jokowi Muda dan Sujiatmi Curi Perhatian, Terselip Kisah yang Tak Banyak Orang Tahu

Baju hazmat tersebut tidak dijual, melainkan dibagikan secara gratis untuk rumah sakit- rumah sakit.

"Saya pribadi dan Yayasan Anne Avantie tidak menjual baju APD."

"Karena bagi saya ini adalah bagian dari ibadah yang saya persembahkan untuk Tuhan dan sesama," kata Anne melalui pesan singkatnya.

Desainer asal Semarang itu menambahkan, APD tersebut dibuat dengan keterbatasan menggunakan mesin-mesin yang ada.

Baca Juga: Aktor Ini Pernah Ngaku Kebal Pukulan karena Pakai Susuk, Kini Perubahan Menakjubkan Terjadi pada Dirinya

Anne menambahkan, bagi masyarakat yang ingin ikut berdonasi bisa menyalurkan bantuan melalui Yayasan Wisma Kasih Bunda yang dikelolanya.

Rumah sakit juga bisa mengajukan jika membutuhkan APD tambahan.

"Kami hanya memberikan kepada rumah sakit yang mengirimkan surat secara resmi kepada Yayasan Anne Avantie, tidak melayani perorangan, maupun perdagangan dalam bentuk apa pun juga," kata dia dilansir Kompas.com dalam artikel berjudul, "Anne Avantie Bagikan Baju Hazmat Gratis untuk Tenaga Medis."

Baca Juga: Berawal Kenal Dari Medsos, Siswi SMA ini Malah Dirudapaksa oleh Pacar dan Keempat Temannya Secara Bergirlir, Berikut Beberapa Fakta yang Terungkap

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Saat APD untuk Tenaga Media Langka di Tengah Wabah Corona, Beredar Foto Warga Belanja Pakai Hazmat".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya