Kisah Perjuangan Sudjiatmi Notomihardjo yang tak Kenal Lelah Membantu Putra Kesayangannya yang Bernama Joko Widodo di Pilpres 2019 hingga Terpilih Menjadi Presiden Indonesia: Saya Bangga

Kamis, 26 Maret 2020 | 13:00
Kompas.com

Inilah kisah perjuangan Sudjiatmi selama Jokowi menjalani Pilpres 2019.

Suar.ID -Jalan 'lapang' pria bernama Joko Widodo (Jokowi) terpilih kembali menjadi Presiden RI dua kali periode pada Pilres 2019 tidak hanya dari usahanya sendiri.

Dibalik itu semua, ada perjuangan keras ibundanya di Kota Solo, Sudjiatmo Notomihardjo.

Ya, pada usianya yang saat itu memasuki 76 tahun pada 2019, perjuangan Sudjiatmi tidak bisa dianggap enteng untuk membantu mengangkat anak sulungnya menapaki kursi Presiden RI kedua kalinya.

Tidak hanya doa, tetapi ikhtiar berkelanjutan sejak Jokowi dipastikan maju dalam Pilpres kembali.

Baca Juga: Mengenang Eyang Sudjiatmi Notomiharjo Semasa Hidup, Sangat Mengutamakan Pendidikan, Selalu Antar Jemput Jokowi Semasa Sekolah

Sejak awal mulai sosialisasi, kampanye, hingga pencoblosan 17 April 2019 lalu, istri Noto Mihardjo itu tak pernah absen membantu Jokowi.

Seakan memang Jokowi menjadi salah satu anak kesayangannya, selain tiga putrinya yakni Iit Sriyantini, Titik Relawati dan Ida Yati.

Berikut ini perjalanan perjuanganSudjiatmi kepada Jokowi selama kampanye Pilpres 2019 yang tergolong cukup padat :

Baca Juga: Ibunda Wafat, Jokowi Minta Menteri Tak Perlu Melayat ke Solo dan Tetap Fokus Bekerja, Wapres: Sikap Luar Biasa

1. Datang Pertama saat Syukuran Relawan

Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomiharjo hadir di acara Doa dan Syukuran Relawan Priyayi Solo Pro Jokowi di Ndalem Tjokrosukarnan, Jalan Dr Rajiman 248, Solo, Minggu (6/1/2019).

Dari pantauan TribunSolo.com, kehadiran ibunda Jokowi langsung disambut para relawan yang di antaranya dipenuhi kalangan ibu-ibu tersebut.

Tidak hanya berebut salaman, tetapi di antaranya meminta untuk selfie atau swafoto.

Berkali-kali ibunda orang nomor satu di Indonesia itu, melemparkan senyum pada relawan yang telah duduk rapi di luar dan dalam ruangan tersebut.

Ketua Panitia Acara yang juga Penasihat Priyayi Solo Pro Jokowi, Haryo Kusumo dalam sambutannya, sempat memuji terobosan Jokowi.

"Kami terima kasih ibu (Sudjiatmi Notomiharjo) berkenan hadir dalam doa yang paling penting ini," ujar dia.

Baca Juga: Ibunda Presiden Jokowi Meninggal Dunia Diduga karena Kanker Tenggorokan, Perhatikan Ini 6 Gejala Kanker Tenggorokan Dini yang Sering Enggak Disadari

2. Deklarasi Komunitas Srikandi Jokowi

Beberapa hari berselang, Sudjiatmi menghadiri acara yang berkaitan dengan Jokowi bersama sejumlah tokoh di antaranya Ida Fauziah dalam Deklarasi Komunitas Srikandi Indonesia Jokowi, Rabu (9/1/2019).

Sejumlah tokoh di antaranya Ida Fauziah hingga Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo dijadwalkan hadir dalam Deklarasi Komunitas Srikandi Indonesia Jokowi, Rabu (9/1/2019).

Dari pantauan TribunSolo.com, ruangan acara yang cukup besar di Graha Saba Buana, Jalan Letjend Suprapto, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, dipenuhi para relawan.

Ketua Umum Komunitas Srikandi Indonesia Jokowi, Yanti Rukmana mengatakan, ada sejumlah tokoh yang hadir dalam deklarasi tersebut.

Selain Ida Fauziah yang merupakan calon wakil gubernur (cawagub) Jateng sekaligus Ketua Umum Pengurus Pusat Fatayat NU, ibunda Jokowi Sudjiatmi, juga ada Henny Supolo Sitepu.

"Deklarasi diikuti 300 orang (undangan) sebagai perwakilan se-Indonesia," kata dia.

Bahkan usai menyaksikan deklarasi dan pelantikan DPP Komunitas Srikandi Indonesia (KSI), ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomihardjo diajak oleh relawan berjoget ala flashmob.

Melalui lagu rancak berjudul Meraih Bintang milik Via Vallen, Sudjiatmi tampak mengikuti gerakan yang diminta oleh instruktur bersama para relawan KSI di Graha Saba Buana, Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Rabu (9/1/2019).

Tampak senyum kebahagiaan dari Sudjiatmi terus mengembang di tengah-tengah ratusan Srikandi yang baru saja mengadakan deklarasi dan pelantikan oleh Direktur Penggalangan Pemilih Perempuan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Ida Fauziah.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, Meninggal Dunia

3. Kirimkan Teh dan Gula ke Posko

Ibunda dari calon presiden (capres) Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan gula, teh, hingga makanan ringan ke Posko Pemenangan Jokowi milik PDI-P di Jalan Letjen Suprapto, RT 02 RW 06 Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Minggu (17/2/2019).

Sekretaris Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI-P Banjarsari, Heni Prihartoyo menjelaskan, kiriman bungkusan berupa gula pasir, teh Tawangmangu hingga makanan ringan seperti kacang mete dan roti putri salju diantar oleh sopir dari Sudjiatmi.

Hal ini terjadisebelum acara nonton bareng (nobar) kedua Pilpres 2019 dimulai.

"Makanan diantarkan pukul 19.00, kami terima dengan senang hati," jelas dia kepada TribunSolo.com.

Sudjiatmi menurut Heni melanjutkan, bahwa kiriman gula, teh hingga makanan ringan itu untuk menemani para relawan saat nobar kedua dalam Pilpres 2019 tersebut.

"Teh langsung kami buat untuk menemani nobar, apalagi kan hujan deras," kata dia.

Ia menambahkan, selain dari ibunda Jokowi, juga ada makanan dari para relawan secara suka rela.

"Ada yang masak sendiri dari Satgas kami, jadi ya ada yang ngirim makanan ini dan itu untuk menemani nobar," kata dia.

Baca Juga: Beberapa Kebijakannya dalam Menghadapi Virus Corona sempat Dihujat, di Depan Seluruh Gubernur, Akhirnya Presiden Jokowi Beberkan Alasannya tidak Menerapkan Lockdown di Indonesia

4. Pesan Ibunda pada Jokowi

Ibunda Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo, turut menyaksikan anaknya saat debat terakhir Pilpres 2019.

Sudjiatmi Notomiharjo melakukan nobar bersama ratuasan simpatisan Kita Satu Milenial Jokowi-Amin.

Nobar diselenggarakan di Aula rumahnya di daerah Sumber, Solo, Sabtu (13/4/2019) malam.

Sudjiatmi terlihat didampingi Caleg DPR RI Dapil V dari Partai Nasional Demokrat, Eva Yuliana.

Di saat debat sedang commercial break, ibunda Jokowi menyampaikan beberapa pesannya.

"Saya tidak menyangka anak saya jadi presiden," katanya.

"Tapi ini saya bangga anak saya jadi presiden," ungkap dia.

Dia juga membeberkan pesannya kepada Jokowi saat mulai terjun di dunia politik.

"Pesen saya, dari dia masih jadi wali kota, saya pesan kalau kerja harus jujur."

"Jadi kuncinya kerja keras, jujur dan ikhlas," katanya.

Dia mengaku akan terus mendoakan anaknya agar mendapatkan jalan yang terbaik.

Baca Juga: Kabar Bahagia di tengah Virus Corona, Presiden Jokowi Janjikan Ini kepada Tukang Ojek dan Sopir Taksi selama Setahun!

5. Ikut Coblos di TPS 38

Ibunda capres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomiharjo, menghabiskan waktu sembilan menit untuk mencoblos lima surat suara dalam Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019).

Adapun Sudjiatmi masuk di bilik nomor 1 pukul 09.12 dan selesai pukul 09.21 di TPS nomor 38 yang berada di Jalan Kasuari III Nomor 6, Kampung Tirtoyoso RT 04 RW 13 di Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Bahkan selama beberapa menit, pada bilik nomor 2, 3 dan 4 di TPS tersebut tampak hilir mudik pemilih lain dari masyarakat setempat.

Seusai memilih, ibunda Presiden Jokowi itu langsung diarahkan untuk memasukkan lima kertas suara yang dicoblosnya ke kotak suara.

Sebelumnya, ibunda capres nomor urut 01 ini tiba di tempat pemungutan suara (TPS) nomor 38, Rabu (17/4/2019) pukul 09.10.

Dari pantauan TribunSolo.com, Sudjiatmi tiba di TPS yang berada di Jalan Kasuari III Nomor 6, Kampung Tirtoyoso RT 04 RW 13 di Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo bersama sejumlah sanak saudara dan putri bungsunya atau adik Jokowi, Titik Ritawati.

Bahkan dia tampak mendapatkan pengawalan pria bertubuh tegap atau pasukan pengaman presiden (Paspampres) yang berjumlah beberapa orang.

Ibunda Jokowi yang saat ini Presiden RI itu, menggunakan pakaian kebaya putih dan jilbab merah marun.

Baca Juga: Kabar Gembira untuk Indonesia! Jokowi Pesan Jutaan Butir Obat Ini Demi Sembuhkan Virus Corona

6. Minta Doa kepada Rakyat

Ibunda capres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomiharjo, salam jempol usai mencoblos dan menyelupkan jarinya di tempat tinta.

Senyum Sudjiatmi tampak semringah seusai keluar dari bilik dan memasukkan lipatan lima surat suara pada kotak suara Pilpres, Pileg dan DPD.

Sudjiatmi lantas mengacungkan jempolnya yang sudah terlumuri tinta berwarna biru saat akan keluar dari di TPS nomor 38 yang berada di Jalan Kasuari III Nomor 6, Kampung Tirtoyoso RT 04 RW 13 di Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Rabu (17/4/2019).

Saat dimintai harapan khusus untuk putra kesayangannya yang saat ini tengah berjuang kembali dalam Pilpres 2019 tersebut, Sudjiatmi hanya meminta doa kepada rakyat Indonesia.

"Minta doa restu saja nanti sore (perhitungan suara)," tuturnya sembari keluar dari TPS yang dikawal ketat sejumlah pasukan pengamanan presiden (Paspampres).

Baca Juga: Buka-bukaan Soal Avigan dan Krolokuin, Obat yang Didatangkan Jokowi untuk Mengobati Virus Corona, Semanjur Apa Sih?

7. Syukuran dan Doa Kemanangan

Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi) Sujiatmi Notomiharjo hadir di acara Doa dan Syukuran Kemenangan Pilpres 2019 di Hotel Alila Hotel Solo, Sabtu (3/8/2019).

Kegiatan tersebut juga sekaligus deklarasi Relawan Solo Mengawal Jokowi-Amin 2019-2024.

Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo datang memasuki ruangan pukul 11.19 WIB.

Sujiatmi menggunakan kebaya dan kerudung berwarna merah.

Kedatangan Ibunda orang nomor satu itu disambut para relawan yang ada di dalam ruangan tersebut.(Tribun Solo)

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Tribun Solo

Baca Lainnya