Raul Lemos Berikan Klarifikasi setelah Aksi Nekat Liburan Ke Luar Negeri di Tengah Pandemi Virus Corona Dikecam Netizen

Rabu, 25 Maret 2020 | 12:45
Instagram/krisdayantilemos

Keluarga Raul Lemos an Krisdayanti

Suar.ID-Gara-gara virus corona, semua kegiatan di pemerintahan dibatalkan.

Bahkan, Presiden Joko Widodo mengambil beberapa langkah tegas untuk menyelamatkan Indonesia dari pandemi baru virus corona.

Semua kegiatan yang biasa dilakukan seperti kegiatan belajar mengajar bahkan sampai mengantor pun harus dilakukan di rumah untuk perangiCovid-19ini.

Seakan tak patuh dengan anjuran pemerintah, Krisdayanti dan keluarga malah plesiran ke luar negeri.

Sejumlah kecaman dan hujatan warganet pun Krisdayanti dan Raul Lemos terima.

Baca Juga: Kesaksian Sukarelawan Uji Coba Vaksin Corona: Meski Menceret tapi Mengaku Bangga karena Hal Ini

Seakan tak ingin berlarut-larut dalam masalah yang sedang menerpa, akhirnya Raul Lemos buka suara terkait liburannya ke beberapa negara di tengah pandemi virus corona.

Surat terbuka bagi warganet yang menghujat, Raul Lemos layangkan di unggahan Instagram pribadinya pada Selasa (24/03).

Dengan memajang foto liburan bersama keluarga, Raul Lemos membeberkan ada 5 poin penting yang harus diketahui oleh warganet.

Instagram/ @raullemos06
Instagram/ @raullemos06

Tangkapan layar surat terbuka Rau Lemos untuk Indonesia

"Bismillahirrahmanirrahim," tulis Rau Lemos dalam unggahannya mengawali surat terbukanya untuk semua.

"Beberapa hari ini saya membaca, melihat, menyimak baik2 dan mendengar berbagai tanggapan, kritik dan komentar masyarakat yang bernada menghujat dan menyalahkan kami khususnya istri saya pada acara liburan ( family time ) kami," lanjut Raul Lemos.

Baca Juga: Imbas dari Virus Corona: Tapi Tes SKB Ditunda, Kapan akan Dilaksanakan?

Dengan masih rendah hati, Raul Lemos menjabarkan 3 alasan kuat mengapa ia harus tetap menjalankan perjalanannya ke Swiss, Spanyol, Portugal, dan Prancis.

Poin pertama dan kedua yang Raul Lemos jabarkan adalah karena kurangnya waktu berkumpul dengan anak dan istri karena mereka memang hidup di 2 negara berbeda.

Ya, Raul Lemos yang berkewarganegaraan Timor Leste masih menetap di sana karena semua pekerjaannya menuntunya harus tetap di sana.

Sementara sang istri, Krisdayanti merupakan anggota DPR yang sangat sibuk dengan rapat.

Dan anak-anak Raul dan Krisdayanti yang masih sama-sama duduk di bangku sekolah.

Raul mengeluhkan waktu yang minim untuk bertemu, sehingga Raul dan Krisdayanti pun berangkat untuk menebus waktu bersama keluarga.

Raul dan Krisdayanti juga sudah merencakan liburan mereka jauh-jauh hari, maka dari itu, mereka harus berangkat.

"Rencana liburan keluarga tersebut, telah saya rancang, rencanakan jauh jauh hari sebelumnya," tulis Raul Lemos.

"Saya harus terlebih dulu mengatur schedule saya yg padat, menyesuaikan jadwal libur sekolah anak anak, jadwal kosong istri saya sebagai anggota DPR disela-sela masa sidang dan masa reses yang telah dia jalani," lanjutnya.

Poin ketiga dan keempat, karena melihat keadaan yang semakin memburuk saat bertandang ke Zurich, Swiss, Raul Lemos dan Krisdayanti harus segera cepat-cepat meninggalkan negera-negara yang sudah ia rancang sebelumnya untuk dikunjungi.

Baca Juga: Aduh, di Negara Ini Pasien Virus Corona Berusia di atas 60 Tahun Direlakan Meninggal Dunia, ternyata Gara-gara Ini!

Hasilnya, Raul Lemos dan Krisdayanti harus rugi karena semua perjalanan yang ia dan sang istri rancang sudah terlanjur di bayar.

Karena situasi makin genting, Raul dan Krisdayanti kembali ke Tanah Air dengan selamat pada Kamis (19/03) silam dengan berbagai tes yang sudah ia dan keluarga jalani.

"Keadaan menjadi memburuk di Eropa dengan sangat cepat dan tak terduga setelah kami sudah sampai di Zurich pada tgl 13 pagi," tulis Raul Lemos.

"Saya putuskan segera kembali dan alhamdulillah saya berhasil mengajukan jadwal ulang ticket penerbangan kami menjadi tgl 19 Maret 2020, dengan memenuhi semua syarat traveling antar negara," tambahnya.

Dan poin yang terakhir, Raul Lemos sadar bahwa sang istri merupakan pejabat negara yang rentan akan hujatan.

Dan sebagai pejabat, suami Krisdayanti sadar bahwa Krisdayanti seharusnya mencontohkan hal baik. Bagaimanapun juga, sebagai kepala rumah tangga harusnya Raul lah yang disalahkan, bukan Krisdayanti.

"Karena saya yang merancang, memutuskan dan melaksanakan acara liburan keluarga tersebut," lanjut Raul Lemos.

Di akhir surat terbukanya, Raul Lemos juga meminta maaf pada seluruh masyarakat, dan juga berterima kasih karena masih peduli dengan keluarganya.

"Saya terima sebagai kepedulian bagi kita semua dan bahan introspeksi bagi saya pribadi. Untuk itu dari hati yang paling dalam saya mengucapkan terima kasih kepada semua kepedulian yang kami terima," pungkas Raul Lemos.

Unggahan Rau Lemos pun juga di unggah kembali oleh sang istri, Krisdayanti di hari yang sama.

Artikel ini telah tayang di Nakita.ID dengan judul: Aksi Nekat Liburan Ke Luar Negeri di Tengah Pandemi Virus Corona Dikecam Banyak Orang, Suami Krisdayanti Akhirnya Buka Suara, 'Tidak Mudah Bagi Saya...'

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya