Terungkap Golongan Darah O Paling Kebal Terkena Virus Corona, Sedangkan Golongan A Paling Beresiko, Begini Penjelasan Medisnya...

Jumat, 20 Maret 2020 | 17:15
pixabay.com

Terungkap Golongan Darah O Paling Kebal Terkena Virus Corona, Sedangkan Golongan A Paling Beresiko, Begini Penjelasan Medisnya...

Suar.ID -Seluruh perhatian dunia kini sedang tertuju pada wabah virus corona yang terus menyebar ini.

Bahkan di Indonesia suah ada ratusan orang yang terjangkit dengan virus corona ini.

Beberapa waktu lalu sebuah penelitian menunjukkan jika golongan darah juga mempengaruhi resiko kekebalan terhadap virus corona ini.

Sebuah studi di China mengatakan, orang dengan golongan darah O dinilai lebih kebal dari infeksi virus corona.

Baca Juga: Usai Kunjungan Kerja dari Lombok, Anggota DPRD Blora ini Malah Ngamuk dan Menolak Diperiksa Terkait Penyebaran Virus Corona: Ini DPR Bukan Anak Gembala, Pakai Aturan!

Sedangkan golongan darah A disebut-sebut lebih rentan dari virus Covid-19 ini.

Kekebalan imun dari seseorang dikaitkan dengan golongan darah.

Seperti diketahui golongan darah manusia terbagi menjadi 4 yaitu A, AB, B dan O.

Lantas bagaimana penelitian dari China yang dimaksudkan?

Baca Juga: Positif Terinfeksi Virus Corona, Ternyata Ini yang Dirasakan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Selama Menderita Virus yang Sebabkan 25 Orang Indonesia Meninggal Dunia Itu

Berikut penjelasan medis mengapa golongan darah A termasuk yang paling rentan beresiko corona dan golongan darah O dinilai lebih kebal.

Davidwolfe.com via Tribunnews
Davidwolfe.com via Tribunnews

Ilustrasi golongan darah A, B,O, dan AB

Dilansir dari South China Morning Post, peneliti medis di China telah mengambil pola golongan darah dari 2000 pasien yang terinfeksi virus di Kota Wuhan, China dan Shenzhen, kemudian mereka membandingkan dengan populasi setempat.

Dari pola golongan darah yang telah diteliti disebut sebagai penelitian awal.

Kemudian menurut studi yang telah dipublikasikan di Medrxiv.org membandingkan keempat golongan darah dari 2.173 kasus virus corona yang dikonfirmasi oleh Kota Wuhan dan Shenzhen dengan lebih dari 3694 penduduk dalam kondisi sehat di wilayah tersebut.

Sebanyak 31,16% penduduk Wuhan yang memiliki golongan darah A, 37,75% diantaranya pasien corona disurvei di Jinyintan Hospital, Wuhan, memiliki golongan darah yang sama.

Baca Juga: Malang Nggak Ketulungan, Sedang Sibuk Mencari Nafkah untuk Keluarga Tercinta yang Menunggu di Rumah, Namun Nyawa Driver Taksi di Medan Ini tak Terselematkan setelah Tewas di Tangan Kakak Beradik, Istri: Jangan Cuma Ditembak, Ditusuk-tusuk juga Pak!

Sampel kasus virus corona dari rumah sakit yang sama menunjukkan sebanyak 25,8% memiliki golongan darah O, angka ini dibandingkan dengan 33,84% populasi yang ada.

Dari 206 pasien yang meninggal akibat virus corona ini 85 korbannya adalah orang dengan golongan darah A.

Hanya 52 korban yang memiliki golongan darah O.

Dari hasil tersebut, peneliti mengungkap jika golongan darah A menunjukkan tingkat infeksi lebih tinggi dan membuat gejala berkembang menjadi lebih parah.

Baca Juga: Baru Ditinggal Pemiliknya Beberapa Bulan, Warung Makan Milik Lucinta Luna dan Sang Kekasih Ditutupi Koran, Warganet Banyak yang Kecewa

Sedangkan penelitian Science Alert yang dikutip dari Kompas.com menejelaskan mengenai tingkat kekebalan dari golongan darah O.

ndtvimg.com
ndtvimg.com

Golongan Darah

Golongan darah ini memiliki resiko yang lebih kecil dibanding golongan darah A.

Menurut data yang telah disampaikan, populasi normal di Kota Wuhan terdiri dari 31% golongan darah A, kemudian 24% yaitu golongan darah B, 9% golongan darah AB dan yang terakhir 34% golongan darah O.

Dari kedua penelitian telah menyebutkan kemiripan dari hasil golongan darah yang lebih rentan terkena virus corona yaitu golongan darah A dan yang lebih kebal ialah golongan darah O.

Baca Juga: Ternyata Ada Fakta Mengejutkan di Balik Pembakarana Gereja oleh KKB Papua, Mulai dari Perpecahan hingga Pembangkangan terhadap Pimpinan, Ada Konflik?

Perlu pengujian kembali

Namun demikian, penelitian tersebut masih dikategorikan sebuah penelitian yang masih perlu diuji kembali.

Bukan berarti semua orang yang bergolongan darah A akan mudah terkena virus ini.

Penelitian ini dapat dijadikan sebagai sebuah peringatan untuk selalu memperkuat perlindungan diri dan kemungkinan infeksi.

Ini juga dapat membantu petugas medis untuk melakukan pengawasan yang lebih ketat dan perawatan yang lebih intensif untuk orang-orang dengan golongan darah A.

Baca Juga: Baru Saja Resmi Sandang Status Janda, Penyanyi Dangdut Ini Dikabarkan Bakal Jadi Istri Ke -25: Aku Nggak Mau Sendiri

Sedangkan golongan darah O juga tidak mutlak kebal dengan virus corona.

Pemilik golongan darah ini juga harus menjaga kesehatan dan imun tubuh agar tak mudah terkena penyakit yang disebabkan oleh virus corona.

Baca Juga: Jadi Janda Setelah Pergoki Suaminya Selingkuh, Artis 22 Tahun Ini Kini Gandeng Cowok Baru, Sosoknya Pernah Jadi Idola di Jakarta

(Tsania Fadhillah)

Artikel ini telah tayang di Tribunstyle.com dengan judul "Penjelasan Medis, Mengapa Golongan Darah A Paling Berisiko Corona, Sebaliknya Golongan O Lebih Kebal".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya