Amerika Terang-terangan Halang-halangi Indonesia Beli SU-35 dari Rusia, Pakai Acara Tawarkan Jet Tempur Mematikan Miliknya Ini Pula

Minggu, 15 Maret 2020 | 09:15
@skadronudara11official

Kemampuan Manuver Su-35 Indonesia Masih Kalah, Rusia Enggan Jual Jet Tempur Super Sukhoi Buatannya dengan Julukan Terminator!

Suar.ID -Amerika Serikat terlihat sangat terang-terangan menghalami Indonesia mengakuisis Super Flanker Sukhoi SU-35 dari Rusia.

Sebagia gantinya, Negeri Paman Sam itu menawarkan jet tempur supercanggih yang diproduksinya sendiri.

Tiba-tiba saja Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tiba-tiba menekan Indonesia.

Baca Juga: Pantesan bikin Kesemsem Menhan Prabowo Subianto dan Rela Keluarkan Bujet Segini, ternyata Sukhoi Su-35 punya Jurus Sakti yang bisa Bikin Lawan Mati Kutu!

Tekanan itu yakni agar membatalkan pembelian Super Flanker Sukhoi Su-35 dari Rusia.

Tak hanya itu, Trump juga berpesan agar Indonesia tidak membeli kapal perang dari China karena bisa mengikis superioritas militer AS di mata dunia.

Mengutip Bloomberg.com, Jumat (13/3) Indonesia memang tengah dalam kesepakatan dengan Rusia untuk membeli 11 jet tempur Su-35 senilai 1,1 milar dolar AS.

Berdasarkan kesepakatan barter yang diumumkan pada Agustus 2017, Indonesia berencana untuk membeli 11 jet tempur Sukhoi Su-35.

Hal itu dilakukan sebagai imbalan bagi Rusia yang membeli barang-barang seperti karet, minyak kelapa sawit mentah, kopi, teh, furnitur, dan rempah-rempah.

Perjanjian tersebut akhirnya ditandatangani oleh mantan Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu pada Februari 2018.

Menurut sumber pejabat AS yang tak mau diidentifikasi namanya, ada perundingan Indonesia dengan China untuk membeli kapal perang senilai 200 juta dolar AS.

Baca Juga: Pantesan bikin Kesemsem Menhan Prabowo Subianto dan Rela Keluarkan Bujet Segini, ternyata Sukhoi Su-35 punya Jurus Sakti yang bisa Bikin Lawan Mati Kutu!

Pejabat AS itu menjelaskan jika Jakarta nekat melakukan pembelian kedua mesin perang di atas maka AS akan mengenakan sanksi kepada Indonesia.

Nyatanya Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengamini jika Trump sengaja menghalang-halangi pembelian Su-35 Indonesia.

"Bukan rahasia bahwa Amerika Serikat memberikan tekanan yang tidak disembunyikan pada negara-negara yang berniat membeli peralatan pertahanan Rusia."

"Tujuannya jelas - untuk membuat negara-negara ini menolak untuk mendapatkan senjata dari Rusia dan beralih ke Washington."

"Tentu saja persaingan tidak adil yang melanggar aturan dan norma bisnis yang transparan dan sah," tambah Lyudmila.

Indonesia juga menanyakan kepada AS mengapa mereka tak boleh membeli peralatan perang dari Rusia.

Baca Juga: Beda Jet Tempur Rusia dan Amerika Milik TNI: Sukhoi Sekali Pakai Seperti Pusaka, F-16 Bisa Berkali-Kali Bagai Pedang

Washington hanya menjawab itu hanya kebijakan mereka dan AS khawatir Su-35 akan memberikan keunggulan taktis di udara atas negara tetangga Indonesia macam Australia serta Singapura.

Oke memang jika tak boleh beli Su-35, Indonesia lantas meminta ganti untung AS atas larangan itu.

AS kemudian menawarkan F-16 Viper sebagai ganti Su-35 bagi Indonesia.

Akan tetapi Indonesia tidak mau hanya ditawari versi tercanggih dari F-16 itu.

Negeri ini lantas meminta F-35 Lightning II sebagai ganti Su-35 plus F-16 Viper sebagai pendampingnya.

Pasalnya hanya F-35 plus F-16 Viper yang paling masuk akal dan sepadan sebagai pengganti jika Su-35 batal dibeli Indonesia.

Sampai berita ini diturunkan belum ada respon dari AS mengenai hal ini. (Seto Aji/Sosok.ID)

Artikel ini pernah tayang di Sosok.grid.id dengan judul asli"Su-35 Terancam Batal Dibeli, Amerika Serikat Harus Tawarkan Jet Tempur Mematikan Sebagai Gantinya untuk Diakuisisi Indonesia"

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya