Eksperimen ini Tunjukkan Pentingnya Cuci Tangan Agar Terhindar dari Virus Corona, Roti Pun Jadi Seperti ini Jika Dipegang Tangan yang Kotor, Begini Penjelasan Dokter

Kamis, 05 Maret 2020 | 16:45
Kolase: Pixabay dan Instagram/chaisplay

Eksperimen ini Tunjukkan Pentingnya Cuci Tangan Agar Terhindar dari Virus Corona, Roti Pun Jadi Seperti ini Jika Dipegang Tangan yang Kotor, Begini Penjelasan Dokter

Suar.ID -Penyebaran viru corona di Indonesia kini sedang menjadi perhatian publik.

Untuk menghindari virus mematikan ini, pemerintah menyarankan untuk selalu cuci tangan dan juga menggunakan hand sanitizer ataupun sabun yang sudah disarankan.

Namun apakah dengan melakukan hal tersebut efektif mencegah penyebaran virus corona ini?

Ternyata anjuran cuci tangan bukannya tanpa dasar.

Baca Juga: Timbun Masker Sebanyak 17.500 di Apartemennya, Mahasiswi ini Bisa Dapat Untung Segini dari Jualan Online!

Akhir Januari 2020 lalu, sempat beredar viral hasil mengejutkan sebuah eksperimen tentang betapa pentingnya tangan steril lewat cuci tangan.

Hasil eksperimen tersebut sangat relevan kembali diviralkan setelah virus corona masuk Indonesia lewat 2 warga Depok Jawa Barat.

Masyarakat makin butuh pencerahan soal pentingnya tangan steril lewat cuci tangan.

Daily Mail
Daily Mail

Cuci Tangan

Baca Juga: Data Pasien Positif Virus Corona Asal Depok Bocor, Tetangga Pasien Curhat Tak Boleh Ngantor: Tak Boleh Ngantor Sampai Dapat Surat Resmi Bebas Virus Corona...

Berikut ini bukti-bukti mengejutkan soal perbandingan tangan steril dibanding tangan kotor yang tidak cuci tangan.

Eksperimen ini viral melalui sebuah akun instagram milik @chaisplay, yang kemudian diunggah kembali di akun twitter milik @dewahoya pada (18/1/2020).

Hingga hari ini (5/3/2020), unggahan di twitter tersebut telah dibagikan sebanyak 25 ribu lebih dan telah disukai oleh 27 ribu akun.

Baca Juga: Juragan Durian Ini Cari Mantu, Bagi Pria yang Mau Nikahi Anaknya Akan Mendapat Uang Rp 4.4 Miliar, 1 Rumah dan 10 Mobil, Langsung Auto Tajir Melintir!

Dalam gambar yang diunggah oleh akun twitter @dewahoya menjelaskan tentang pentingnya cuci tangan.

Percobaan yang dilakukan oleh sebuah sekolah dasar di Inggris memberikan hasil menakjubkan.

Guru-guru dari sekolah dasar tersebut mengajak muridnya untuk melakukan eksperimen tentang cuci tangan.

Baca Juga: Rumah Tangganya Nampak Selalu Adem Ayem, Musisi Ini Tiba-tiba Ngaku Pernah Jadi Orang Ketiga Hingga Dapat Ajakan Nikah Lagi: Jadi Gue Kayak 'Dimadu' Gitu

Hal ini dilakukan karena masih banyak murid yang menyepelekan cuci tangan sebelum makan.

Dalam percobaan tersebut, guru telah menyediakan lima lembar roti tawar.

Asian Journal
Asian Journal

Ilustrasi

Roti tawar pertama disentuhkan pada sebuah laptop.

Sementara roti tawar kedua dibiarkan tetap bersih dan tidak tersentuh sama sekali.

Roti kedua ini digunakan sebagai patokan roti yang masih bersih.

Sementara, roti tawar ketiga disentuh oleh murid menggunakan tangan kotor.

Baca Juga: Berhasil Pikat 14 Berondong Hingga Mau Menikahi Dirinya, Wanita Paruh Baya ini Ngaku Bisa Berhubungan Intitim Sampai 28 Kali dalam Sehari, Ternyata Profesinya Sungguh Diluar Dugaan!

Kemudian, roti tawar keempat disentuh oleh anak yang telah mencuci tangan menggunakan sabun.

Roti tawar kelima disentuh tangan yang sudah menggunakan hand sanitizer atau alkohol pembersih tangan.

Setiap lembaran roti tersebut kemudian dimasukkan ke dalam plastik terpisah dengan segel yang rapat.

Dilansir dari laman Facebook pengunggah pertama, Jaralee Annice Metcalf, roti tersebut disimpan selama tiga hingga empat minggu untuk melihat hasilnya.

Baca Juga: Bikin Ngamuk Sekampung, Berawal Menumpang Menginap Dua Pria Ini Malah Kedapatan Berhubungan Badan Gelap-gelap di Dalam Mushala

Hasilnya, roti pertama tampak menghitam, roti kedua tetap bersih karena tidak disentuh, sedangkan roti ketiga tampak berwarna kuning dan hitam.

Sementara, roti keempat yang disentuh oleh anak yang sudah mencuci tangan menggunakan sabun tampak sebersih roti kedua.

Lain halnya dengan roti kelima.

Meskipun disentuh oleh tangan yang telah menggunakan hand sanitizer, warnanya menguning dan terdapat lingkaran hitam yang membingkai warna kuning pada roti.

Baca Juga: Sejak Dipersunting Perwira Polisi, Sosok Artis ini Rela Tinggalkan Dunia Hiburan dan Kini Ogah Dipanggil dengan Nama Panggungnya, Beginilah Penampilannya Sekarang, Sangat Merakyat!

Penjelasan Dokter

Dikutip dari Tribunnews.com, dokter umum di Rumah Sakit Indriati Boyolali, dr Edwin Sanjaya menerangkan, mencuci tangan menggunakan sabun memang lebih efektif untuk membunuh kuman.

"Waktu kontak dengan agen pembersih juga lebih lama bila menggunakan sabun dan air," terangnya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/1/2020).

Sementara itu, menurut Edwin, mencuci tangan menggunakan hand sanitizer tidak mampu membunuh semua mikroorganisme di tangan.

Baca Juga: Lansia 67 Tahun ini Nekat Rampok Toko Emas Sambil Bawa Senja Api Sendirian Gara-gara Terlilit Utang, Berhasil Gondol Emas 3 Kg!

"Tidak semua mikroorganisme mati dengan pemakaian hand sanitizer," kata Edwin.

"Hand sanitizer berbasis alkohol sehingga lebih mudah menguap," sambungnya.

Kendati demikian, Edwin menuturkan, tidak ada salahnya menggunakan hand sanitizer ketika dalam keadaan yang tidak memungkinkan cuci tangan dengan sabun dan air.

"Bila keadaan tidak memungkinkan menggunakan sabun dan air, hand sanitizer tetap direkomendasikan untuk cuci tangan," kata dia.

Baca Juga: Anaknya Dikeluarkan dari Pondok Pesantren, Wali Murid ini Ngamuk Hingga Berani Pukul Ustaz, Begini Kronologinya...

(Tsania Fadhillah)

Artikel ini telah tayang di Tribunstyle.com dengan judul "Mengapa Cuci Tangan Bisa Cegah Virus Corona? Lihat Foto-foto Horor Akibat Roti Disentuh Tangan Kotor".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya