Usai Habisi Anggota Brimob, KBB Langsung Kocar-kacir Saat Mendapat Serangan Balasan dari TNI, Bahkan Ada yang Lari ke Tempat ini

Minggu, 01 Maret 2020 | 21:00
Facebook TPNPB

Usai Habisi Anggota Brimob, KBB Langsung Kocar-kacir Saat Mendapat Serangan Balasan dari TNI, Bahkan Ada yang Lari ke Tempat ini

Suar.ID -Pada Sabtu (29/2) baku tembak kembali terjadi.

Hal ini terjadi setelah anggota Brimob Bharada Doni Priyanto gugur ditembak kelompok kriminal bersenjata atau biasa dikenal KKB Papua.

Untuk diketahui,Bharada Doni priyanto gugur dalam sebuah kontak senjata yang terjadi dengan KKB Papua pada Jumat (28/2).

Baku tembak ini terjadi di Kali Kabur, Arwanop, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Baca Juga: Harga Diri KKB Papua Makin Terperosok saat 50 Anggotanya kalah dengan Warga Kampung sekitar dan Gagal Menyandera 3 Guru SD, Terungkap Inilah Tujuan Utama Mereka

Lalu pada Sabtu (29/2/2020), terjadi baku tembak lagi antara TNI dan KKB Papua di Arso Timur, Kabupaten Keerom.

Danrem 172 PWY Kol Inf Binsar Sianipar mengatakan, KKB Papua pimpinan Jefrison Pagawak itu menyerang mobil logistik TNI.

Dilansir dari Kompas.com dalam artikel 'Kontak Senjata di Keerom, TNI Pukul Mundur KKB dan Sita Satu Senapan Rakitan', berikut kronologinya.

Baca Juga: Sering Bikin Teror dan Kesal TNI-Polri yang Ada di Papua, KKB Disebut Hanya Cari Perhatian, Kapolda Papua pun Bilang Begini

1. Kondisi jalan menanjak

Pengadangan dilakukan anggota KKB Papua setelah truk milik Kodim 1701 itu mengantarkan logistik pembangunan gereja di Kampung Kibey.

Lokasi pengadangan itu jauh dari perkampungan warga. Kondisi jalanan tersebut menanjak, jika ditempuh dari Kampung Kibey.

"Posisi itulah yang digunakan KKB mengadang dan menyerang dengan menembak dari ketinggian, dan setelah menembak langsung kabur ke perbatasan." kata Sianipa

Baca Juga: Penderitaan Tiada Habisnya, Warga Wuhan Semakin Merana, Terisolasi, Persediaan Bahan Makanan Membusuk dan Harganya Selangit

2. Dihadang 6 KKB Papua

Facebook TPNPB
Facebook TPNPB

Ilustrasi: KKB Papua Terjun ke Jurang Didesak TNI, 1 Anggota Separatis Tewas, Sebelumnya Tembak Anak Kecil

Berdasarkan informasi yang diterima Binsar, kelompok yang mengadang mobil logistik beranggotakan enam orang.

Terdapat dua senapan jenis M16 dan dua senapan api rakitan jenis double loop yang digunakan KKB.

Para anggota KKB juga membawa parang.

Baca Juga: Sudah Habiskan Banyak Uang untuk Operasi Kelamin Jadi Wanita, Ternyata Gebby Vesta Kalau Mati Masih Ingin secara Laki-laki, Salat pun Masih Pakai Sarung dan Peci

3. Dipukul mundur hingga kabur ke perbatasan

Saat kontak senjata yang terjadi sekitar pukul 08.30 WIT itu, anggota TNI memukul mundur anggota KKB Papua.

TNI juga menyita satu senapan api rakitan jenis double loop dan dua parang.

"Truk militer milik Kodim 1701 terkena tembakan di bagian kaca depan dan menyebabkan dua anggota terkena serpihan peluru," kata Binsar.

Baca Juga: Mengagetkan, Ternyata Bukan Sosok yang Pernah Kena Kasus Sodomi Ini yang Gantikan Mahathir Mohamad sebagai PM Malaysia, Lalu Siapa Dong?

4. Dua anggota TNI Terluka

Dua anggota TNI terluka dalam baku tembak tersebut.

Namun, kedua anggota Kodim 1701 yang terluka itu kini dalam kondisi stabil.

Sebelumnya, kontak senjata juga terjadi antara aparat keamanan dan KKB yang pecah di Arwanop, Distrik Tembagapura, Mimika, Jumat (28/2/2020), berlangsung sekitar tiga jam.

Kontak senjata itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIT hingga pukul 17.00 WIT.

Baca Juga: 2 Hal ini Disebut-sebut Ahli Corona Indonesia yang Buat Warga Indonesia Tak Terinfeksi, Apa Sajakah itu?

Satu anggota Brigade Mobil (Brimob) Bhayangkara Dua (Bharada) Doni Priyanto gugur dalam serangan tersebut.

Berita duka atas gugurnya Bharada Doni Priyanto akibat baku tembak dengan KKB Papua tersebut dibenarkan Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw.

"Memang benar Jumat sore (28/2) sempat terjadi kontak tembak dengan KKB di Kali Kabur hingga menyebabkan meninggalnya Bharada Doni Priyanto," ujar Kapolda PauaIrjen Paulus Waterpauw melalui telepon, Sabtu (29/02/2020)

Lebih lanjut, Paulus menjelaskan jika kontak senjata antara anggota brimob dan KKB Papua pecah pada sekitar pukul 14.30 @IT hingga 17.00 WITA.

Ketika dimintai keterangan terkait kronologi baku tembak, Paulus mengatakan belum mengetahui secara pasti.

Baca Juga: Model Cantik Rela Hidup Terisolasi Demi Temani Pacar di Wuhan, Beberkan Rasanya Hidup Terkurung dan Kekurangan Makanan

(Putra Dewangga Candra Seta)

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul "TNI Pukul Mundur KKB Papua Setelah Gugurnya Bharada Doni Priyanto, Langsung Kabur ke Perbatasan".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya