Menko PMK Muhajir Effendy Bilang Orang Kaya Mesti Nikahi Orang Miskin, Benarkah Ini Solusi Atasi Kemiskinan?

Jumat, 21 Februari 2020 | 18:45
(SURYA.co.id/AMINATUS SOFYA)

Menko PMK Muhajir Effendy Keluarkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin, Benarkah ini Solusi Atasi Kemiskinan?

Suar.ID -Beberapa waktu lalu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) sempat membuat heboh publik.

Bagaimana tidak, Muhadjir Effendy ini mengusulkan agar orang kaya menikahi orang miskin.

Menurutnya dengan melakukan hal ini untuk memutus mata rantai kemiskinan.

Muhadjir mengklaim pernyataannya tersebut hanya fatwa atau anjuran bukan kewajiban bagi setiap warga negara.

Baca Juga: Disangka Beri Intruksi Untuk Bayar SPP Lewat Gopay, Nadiem Makarim Pun Jengkel: Tak Ada yang Meragukan Intergritas Saya, Kalau Ada Komen Seperti itu Saya Ekstra Jengkel!

"Saya minta kan ada gerakan moral, bagaimana supaya memutus mata rantai kemiskinan itu," sebagaimana dikutip dari tayangan yang diunggah di kanal YouTube TVOne News, Kamis (20/2/2020).

"Antara lain juga yang kaya tidak harus memilih-milih ketika mencari jodoh atau mencari menantu harus sama kaya misalnya."

Tribunnews/JEPRIMA
Tribunnews/JEPRIMA

Menko PMK Muhadjir Effendy saat memimpin Rakor Tingkat Menteri (RTM) di Kantor Kemenko PMK di Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020). RTM yang dihadiri Menteri Kesehatan dan Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ini membahas BPJS Kesehatan.

"Jadi gerakan moral aja, fatwa itu anjuran, mana ada anjuran itu mengikat," ujar Muhadjir.

Baca Juga: Emosi salah Satu Kadernya Terjaring OTT KPK, Mantan Presiden Indonesia Ini Hampir Mengeluarkan Kata-kata Kotor: Saya Ini Pernah jadi Presiden, Titik!

Muhadjir meyakini, bahwa jika orang kaya menikah dengan orang miskin maka hal itu akan memutus rantai kemiskinan.

Menurutnya, saat ini ada pola pikir di masyakarat yang kerap mencari jodoh atau menantu berdasarkan dengan kesetaraan ekonomi.

"Karena sebetulnya sekarang ini telah terjadi sikap umum yang cenderung, terutama dikalangan keluarga tidak mampu itu pasti akan mencari pasangan juga sesama tidak mampu."

Baca Juga: Dulu Wira-wiri Tampil di TV dan Langganan Main Film, Artis Tampan Ini Ternyata Pernah Kepergok Jualan Gorengan di Pinggir Jalan untuk Sambung Hidup

"Yang miskin juga cari orang yang sama miskin, ini yang bikin mata rantai kemiskinan tidak jadi terputus, salah satu penyebabnya itu," ungkapnya.

Lebih lanjut, Muhadjir mengatakan, ketika orang miskin menikah dengan orang miskin maka akan mencipatkan keluarga miskin baru.

Padahal, saat ini pemerintah tengah berupaya untuk menurunkan jumlah keluarga miskin.

Diketahui, jumlah keluarga miskin di Indonesia mencapai 9,4 persen dari total 57 juta rumah tangga.

Baca Juga: Ketabahan Luar Biasa Orangtua dan Saudara Ashraf Sinclair, Tersenyum dalam Foto Keluarga 'Bersama' Almarhum

"Dan kita kan punya sekarang ini keluarga miskin 9,4 persen dari total 57.116. 000 ribu rumah tangga per September 2019

"Itu 9,4 persen hampir 5 juta keluarga miskin dan salah satu yang saya amati walupun ini belum penelitian yang mendalam."

"Ini dipengaruhi oleh perilaku masyarakat di mana orang akan mencari kesetaraan," terangnya.

Kesetaraan yang dimaksud Muhadjir adalah, orang yang kaya akan memilih menikah dengan yang kaya, dan orang yang miskin akan memilih menikah dengan yang miskin.

Baca Juga: Wanita Cantik Ini Langsung Geleng-geleng Kepala, Pengemis yang Pandai Berbahasa Inggris Ini Ternyata Mantan Dosen, Pantesan Fasih

"Karena sesama miskin lahirlah keluarga baru yang miskin," terangnya.

Muhadjir berharap, ada gerakan moral yang bisa menghilangkan cara-cara pandang tersebut.

Dengan cara orang kaya bersedia menikah dengan orang yang miskin.

Baca Juga: Korea Utara akan Membuat Acara Besar Tahun Ini, Seperti Inilah Gambaran Acara yang Melibatkan Puluhan Ribu Orang Tersebut

"Inilah yang kita harapkan ada gerakan moral untuk menghilangkan cara-cara pandang yang menurut saya tidak terlalu baik untuk upaya kita memotong mata rantai kemiskinan," ungkapnya.

Simak video lengkapnya:

Baca Juga: Masih Ingat Kalimat 'Maafin Aim Ya Allah' khas Baim? Dulu Dibayar Rp 15 Juta per Episode, Begini Kabar Pemeran Tarzan Cilik Itu Kini

(Nanda Lusiana Saputri)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Soal Anjuran Pernikahan Orang Kaya dengan Orang Miskin, Solusi Atasi Kemiskinan?".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya