Jangan Lakukan Ini Lagi, Wanita Muda Ini Tiba-tiba Tuli, Gara-garanya Terlalu Lama Menggunakan Earphone saat Tidur Malam

Kamis, 06 Februari 2020 | 21:00
Shutterstock

Ilustrasi wanita menggunakan earphone sebelum tidur.

Suar.ID -Seorang wanita berusia 28 tahun menjadi tuli di salah satu bagian telinganya setelah dia memakai earphone selama berjam-jam dan memiliki kebiasaan buruk begadang.

Diwartakan olehOriental Daily, Xiao Jing yang berasal dari Taiwanmemiliki kebiasaan menonton serial drama untuk menghilangkan stres setelah bekerja setiap hari.

Ia selalu memakai earphonesaat menonton drama favoritnya.

Hal ini ia lakukan selama perjalanan pulang setelah bekerja.

Baca Juga: Keluarganya Kini Hidup Bahagia, Ternyata Artis Ini Punya Masa Lalu yang Kelam: Batal Nikah setelah 12 Tahun Jalani Masa Pacaran

Setelah sebulan melakukan hal ini secara rutin, Xiao Jing tiba-tiba menyadari bahwa tidak ada suara yang keluar dari lubangtelinga bagian kirinya.

Dia mencoba mengganti dan membeli earphone baru selama dua kali.

Namun,dia masih tidak bisa mendengar apa pun dari telinga kirinya.

Dia menyadari bahwa hal itu bukan karena ada masalah dengan earphone-nya.

Baca Juga: Sambil Menangis, Iis Dahlia Mengatakan Punya Cicilan yang Membuat Gaji Sang Suami Tak Cukup untuk Memenuhi Kebutuhan Hidupnya

Hal ini membuatnyasegera pergi mencari perawatan medis.

Dokter kemudian mendiagnosanya dengan gangguan pendengaran sensorineural mendadak (SSHL), umumnya dikenal sebagai ketulian mendadak.

Dokter mengatakan bahwa Xiao Jing beruntung telah pergi ke dokterdi waktu yang tepat.

Kolase Wearables Devcom dan Alamy
Kolase Wearables Devcom dan Alamy

Ilustrasi wanita yang menderita sakit telinga karena memakai earphone berlebihan.

Baca Juga: Miliki Tipu Muslihat yang Rapi dan Cerdik, Pria Ini Berhasil Tiduri Seorang Wanita Bersuami Hingga Simpan Video Bugilnya

JikaXiao Jing menunda lebih lama lagi, dia mungkin tidak bisa mendengar di bagian telinga kirinya secara permanen!

Setelah dirawat dengan pengobatan steroid dan terapi oksigen hiperbarik (HBOT), Xiao Jing mendapatkan kembali 80% pendengarannya di telinga kiri dan telah kembali ke rutinitas hariannya yang normal.

Baca Juga: Terlanjur Memaki Hotman Paris, Marshanda Dibuat Kaget dan Tak Menyangka Dengar Pengakuan Sang Pengacara: Itu Nggak Benar

Dr. Zhang dari Departemen Otolaringologi, Rumah Sakit Luodong Bo-ai, mengatakan bahwa penyebab "ketulian mendadak" sebagian besarmasih belum diketahui.

Namun, Dr. Zhang melanjutkan bahwa terdapat kemungkinansang penderitamengalami stres, infeksi virus, penyakit autoimun, obat-obatan, trauma atau tumor.

Dia mengatakan bahwa jika seseorang mengalami tuli mendadak, mereka harus mencari perawatan medis dalam waktu tiga hari sehingga ada peluang lebih tinggi untuk sembuh.

Baca Juga: 6 Tahun Sembunyikan Perselingkuhannya dengan Artis, Hotman Paris Keceplosan Pernah Pacari Sosok Penyanyi Dangdut Berinisial BN Hingga Anak Pengusaha Taksi

Dr. Zhangjuga menunjukkan bahwa "tuli mendadak" tidak terbatas pada orang tua saja.

Hal ini dikarenakan,orang dewasa muda (usia 17-35 tahun) yang terus-menerus lelah dan selalu begadang bisa menderita karenanya.

Baca Juga: Boku no Hero Academia Chapter 260: Mengungkap Kebenaran Daruma Ujiko

Mereka yang telah didiagnosis dengan “tuli mendadak” sebelumnya harus menyesuaikan jadwal tidur mereka kembali.

Tentu saja hal ini agarmereka dapat beristirahat dan tidur lebih nyenyak agar masalah pendengaran tersebut tidak terjadi lagi. (Suar.ID)

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Oriental Daily

Baca Lainnya