Tawarkan Harga Menggiurkan Paket Komplit Cuma Rp50 Juta, WO ini Berhasil Tipu Puluhan Pasangan Pengantin, Berikut ini Beberapa Fakta yang Terungkap!

Rabu, 05 Februari 2020 | 12:00
freepik.com

Tawarkan Harga Fantastis, Paket Komplit Cuma Rp 50 Juta, WO ini Berhasil Tipu Puluhan Pasangan Pengantin, Berikut ini Beberapa Fakta yang Terungkap!

Suar.ID -Beberapa waktu lalu sebuah kasus penipuan menjadi viral di media sosial.

Penipuan ini dilakukan oleh sebuah Wedding Organizer (WO) hingga merugikan puluhan pasangan pengantin.

WO ini diketahui bernama Wedding Organizer Pandamanda.

Pihak kepolisian pun telah menangani kasus penipuan ini.

Baca Juga: Viral Postingan yang Menyebut Anggota DPRD Karanganyar Bawa Selingkuhan Saat Kunjungan Kerja: Kalau Kayak Gini Gimana Hayo?

Simak pula deretan pengakuan pilu korban, dirangkum dari Kompas.com (grup TribunJatim.com).

www.popupvintageweddings.com.au
www.popupvintageweddings.com.au

ILUSTRASI pernikahan.

1. Pemilik WO dilaporkan & ditahan

AS, pemilik wedding organizer Pandamandaditahan jajaran Polres Metro Depok di bilangan Pancoran Mas, alamat kantor wedding organizer tersebut, Senin (3/2/2020) pagi.

Penangkapan AS menyusul laporan dugaan penipuan dan penggelapan uang untuk jasa penyelenggara pernikahan pada Minggu (2/2/2020) lalu.

Baca Juga: 'Istri Saya Ini Dajal, Tadi Saja Mau Keluar Taringnya', Seorang Suami Tega Tusukkan Pisau Berulang Hingga Videokan Aksi Sadisnya Itu

Hingga Selasa (4/2/2020), korban yang merasa tertipu terus berdatangan dan melapor ke Mapolres Metro Depok, Jawa Barat.

2. Laporan awal: katering makanan tidak datang

"Minggu, 2 Februari 2020 kami menerima laporan dari masyarakat yang merasa tertipu oleh salah satu wedding organizer karena ketika acara, makanannya tidak hadir," jelas Kepala Subbagian Humas Polres Metro Depok, AKP Firdaus kepada wartawan, Selasa (4/2/2020) sore.

Dari hasil pemeriksaan sementara, AS mengaku pada polisi bahwa dugaan penipuan dan penggelapan dana itu "terkait kesalahan dalam manajemen".

Namun, Firdaus menambahkan, ada satu lagi korban yang melapor kepada polisi atas dugaan penipuan dan penggelapan sejenis, juga untuk event pernikahan pada hari yang sama, Minggu (2/2/2020).

Baca Juga: Berikan Kejutan Ulang Tahun Pada Nagita Slavina, Raffi Ahmad Berikan Cincin Mirip Milik Thanos, Ternyata Harganya Bikin Jiwa Miskin Meronta-ronta!

3. Puluhan pasangan tertipu

Firdaus tak menutup peluang, jumlah pihak yang merasa tertipu akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

"Memang untuk event-nya baru dilaksanakan 8 Februari 2020 sampai bulan Agustus 2020," ujar Firdaus.

"Nanti konsumennya (begitu) tahu (ditipu), pasti akan datang lagi, karena hari ini sudah 28 orang," imbuh dia.

Hingga Selasa (4/2/2020) sore, total sudah ada 28 orang yang melaporkan wedding organizer "Pandamanda".

Baca Juga: Menantu dan Cucu SBY Terbaring Lemah di Rumah Sakit, AHY Ungkap yang Terjadi pada Anak dan Istrinya: Mohon Doa ya Teman-teman

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, jumlah itu sudah melonjak hingga lebih dari 35 laporan hingga Selasa malam, karena korban terus mendatangi mapolres bahkan menyatroni ruko tempat Pandamanda berkantor.

Facebook Pandamanda
Facebook Pandamanda

Pandamanda Wedding Organizer

4. Tawaran menggirukan

Strategi banting harga disertai sederet promo jadi cara Pandamanda merebut hati calon mempelai.

Berbekal publikasi yang rapi di media sosial, Pandamanda tak kelihatan mencurigakan.

Lusi, bukan nama sebenarnya, mengungkapkan bagaimana putrinya bisa terpikat oleh penawaran "Pandamanda".

Baca Juga: Dunia Darurat Virus Corona, Menteri Kesehatan Terawan Malah Santai Hadapi Virus Mematikan ini: Lebih Besar Batuk Pilek yang Bisa Menyebabkan Kematian!

Putri Lusi sendiri ogah bicara pada wartawan dan menyerahkan sepenuhnya pernyataan soal penipuan yang menderanya dari mulut Lusi dan calon ibu mertuanya.

"Ditawarinya cincin 10 gram. Lima gram buat mempelai laki-laki, lima gram buat mempelai perempuan," ujar Lusi yang minta nama, tanggal, dan lokasi pernikahan putrinya dirahasiakan, Selasa (4/2/2020) sore.

"Terus komplet semua. Rias, dekor, gaun pengantin. Kalau enggak salah Rp 50 juta," imbuh dia.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Sosok Artis Sexy, Tubuh Aura Kasih Berubah Setelah Melahirkan, Ibu Arabella ini Malah Sering Kena Body Shaming: Halooo, itu Juga Akan Buat Para Mama Stres Loh!

5. Keceplosan bohong

Prasetyo (27) mengaku baru sadar bahwa ia akan ditipu Pandamanda setelah pernyataan AS, pemilik Pandamanda, tidak logis.

Ia sendiri telah membayarkan Rp 30 juta untuk pernikahan yang sedianya berlangsung pada 29 Februari 2020.

"Saya tahu itu tadi malem, begitu kemarin siang si AS (pemilik Pandamanda) menelpon saya pukul 15.00 WIB minta pelunasan. Saya tolak," kata dia, Selasa.

Ia menolak permintaan itu sebab pihak Pandamanda tak pernah menghubunginya untuk memberi kabar progres pengurusan serba-serbi pernikahannya.

Baca Juga: Disebut sebagai Anak Durhaka Meskipun Tetap Bakal dapat Warisan dari KD, Aurel Hermansyah Menuliskan Curahan Hatinya di Media Sosial: Aku Lelah...

Prasetyo justru lebih rajin bertanya pada mereka.

"Bagaimana mau saya lunasi, dia saja belum fitting dan belum bikin cincin pernikahan, dia keceplosan cincin pernikahan sudah dibuat," kata Prasetyo.

"Tapi enggak masuk akal, gimana caranya dia buat cincin kawin, sementara dia saja belum ngukur jari saya," imbuh dia.

Baca Juga: Hubungannya Dihantui Orang Ketiga, Ahli Tarot Terawang Sang Mantan Datang Goda Reino Barack Hingga Alami Hal Ini

(Ani Susanti)

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul "VIRAL Pasangan Pengantin Ditipu WO, Makanan Tak Datang & Tawaran Fantastis, Paket Komplet Rp 50 Juta".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya