Suasana Menegangkan Saat Tiba-tiba Pesawat Dipenuhi Asap Tebal Tak Lama Setelah Lepas Landas, 169 Penumpang dan 4 Awak Kabin Berhamburan

Kamis, 23 Januari 2020 | 15:00
Kolase Dailymail.co.uk

Sebuah penerbangan Ryanair ke bandara Stansed harus melakukan pendaratan darurat setelah kabin tiba-tiba dipenuhi asap tebal

Suar.ID - Sebuah penerbangan Ryanair ke bandara Stansed harus melakukan pendaratan darurat setelah kabin tiba-tiba dipenuhi asap tebal.

Ada 169 penumpang dan 4 awak di pesawat yang melakukan perjalanan dari ibukota Rumania, Bucharest, ketika asap tiba-tiba membanjiri pesawat tak lama setelah lepas landas.

Melansir dari Dailymail, sebuah pesawat Boeing 737-800, kemudian menyatakan keadaan darurat dan kembali ke bandara Otopeni di mana para penumpang turun.

Baca Juga: Sungguh Mengharukan, Ternyata Beginilah Kisah Sule saat Masih Jadi Pengangguran dan Lina Harus Menjadi Tulang Punggung Keluarga

Untungnya, tidak ada penumpang yang terluka, hanya saja mereka merasa panik dan takut atas insiden tersebut.

Kejadian tersebut terjadi pada Selasa (21/1/2020) pagi dalam penerbangan yang semula dijadwalkan pukul 6.40 pagi ke Bandara Stansted London ketika penumpang sudah diminta menunggu karena ada masalah dengan pesawat pertama.

Kemudian, pesawat pengganti pun disiapkan hingga penerbangan harus ditunda sampai pukul 10.57 pagi waktu setempat.

Baru beberapa menit lepas landas, kapten pesawat menyatakan 'Mayday' dan memberi sinyal keadaan darurat untuk kembali.

Baca Juga: Viral Kisah Pernikahan yang Hanya Didatangi 11 Tamu, Ternyata Miliki Alasan yang Tak Terduga

Asap pun mulai memenuhi kabin ketika pesawat telah naik hingga 5.000 kaki, hingga membuat para penumpang panik.

Dailymail.co.uk
Dailymail.co.uk

Kondisi kabin yang dipenuhi dengan asap

Beberapa penumpang pun membagikan ceritanya melalui media sosial.

Seperti Cosmin Malureanu yang mengatakan, "Itu adalah pengalaman yang traumatis, segera setelah saya melepas semuanya dipenuhi asap. Kami bahkan tidak bisa melihat dua baris di depan kami,".

Mereka juga mengeluhkan bahwa kru tidak berbuat banyak untuk menenangkan keadaan.

"Yang terburuk, seluruh crew hanya diam. Kami bahkan tidak melihat masker oksigen yang seharusnya jatuh dalam kondisi darurat seperti itu. Tidak ada apa-apa dan saya benar-benar panik," lanjut Cosmin.

Baca Juga: Meskipun Beda Ayah Namun Sama-sama Lahir dari Rahim Lina, Ternyata Perlakuan Anak-anak Sule pada Bintang Anak Teddy Ini Bikin Tersentuh

Demi mengurangi jumlah asap yang terhirup, banyak penumpanag memasukkan syal atau pakaian ke mulut mereka untuk mencoba dan mendapatkan udara bersih.

Maskapai ini mengatur pesawat ketiga untuk mengantar penumpang ke penerbangan ke London sekitar jam 3 sore, tetapi 29 orang dilaporkan sangat trauma sehingga mereka menolak untuk menaiki maskapai yang sama.

Ryanair mengatakan insiden tersebut terjadi lantaran adanya masalah teknis dengan pesawat hingga menyebabkan asap memenuhi kabin pesawat.

"Penerbangan dari Bucharest ke London ini ditunda karena masalah teknis kecil dengan pesawat. Untuk meminimalisir keterlambatan, pelanggan menaiki pesawat pengganti yang dipersiapkan sebelum berangkat ke London," ungkap juru bicara Ryanair.

"Tak lama setelah lepas landas, pesawat kembali ke Bukares dan mendarat darurat setelah awak kabin melaporkan asap yang tidak dikenal di kabin (yang kami yakini disebabkan oleh cairan pembersih es yang masuk melalui sistem pendingin udara)," sambungnya.

Baca Juga: Putuskan Bercerai Setelah 17 Menikah karena Merasa Diperlakukan Seperti Budak, Hidup Artis Ini Berubah Drastis Setelah Menikahi Wanita 15 Tahun Lebih Muda Darinya

Pesawat tersebut kini sedang diperiksa untuk mencari tahu penyebab insiden asap tersebut.

"Para kru memberi tahu ATC lokal dan pesawat mendarat dengan normal di Bucharest, di mana ia sedang diperiksa oleh para insinyur Ryanair," tambah juru bicara Ryanair.

Mereka pun juga memberikan kompensasi voucher serta meminta maaf kepada penumpang yang terdampak atas keterlambatan penerbangan tersebut.

Diketahui, Bucharets tengah dihantam suhu beku, dengan merkuri mencapai di bawah nol, meskipun tidak diketahui apakah ini yang mempengaruhi masalah di pesawat.

Namun, sesuai dengan yang diduga sebelumnya, memang sebelum lepas landas pesawat harus mendapatkan penghancuran es sebelumnya.

Investigasi sedang berlangsung. Saat ini belum jelas mengapa pesawat dipenuhi dengan asap.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Heran Ada yang Percaya Bahwa Ningsih Tinampi Bisa Memanggil Malaikat atau Nabi, Mbak Mijan: Itu Salah Satu Kecanggihannya

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Sumber : dailymail.co.uk

Baca Lainnya