Viral di Bandung, Sempat Dipromosikan Hengky Kurniawan dan Baru saja Diresmikan sebagai Tempat Wisata, Air Terjun yang Dijuluki 'The Little Niagara' sudah Terendam Banjir Hebat!

Sabtu, 28 Desember 2019 | 17:45
Kolase Instagram Hengky Kurniawan dan Tribun Jabar

Suar.ID -Sempat viral melalui pesan WhatsApp sebuah gambar yang memperlihatkan sebuah curug (Air Terjun) yang airnya meluap bahkan aliran airnya berwarna cokelat pekat.

Gambar itu ternyata Curug Malela di Kecamatan Rongga, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.

Curug itu baru saja diresmikan oleh Bupati Bandung Barat, Aa Umbara dan sempat dipromosikan oleh Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan.

"Tidak perlu ke Kanada, Amerika untuk melihat Niagara... cukup datang ke Kabupaten Bandung Barat anda bisa menyaksikan 'The Little Niagara' 'Curug Malela' yang sekarang sudah tampak berbeda," tulis Hengky dalam postinganInstagram pribadinya pada Jumat (27/11/2019).

Instagram Hengky Kurniawan
Instagram Hengky Kurniawan

Baca Juga: Terseret Arus hingga Teriak-teriak Minta Tolong, Begini Cerita Korban Selamat Tragedi Bus Terjun ke Jurang: Kami Teriak-teriak, Belum Ada yang Tolong

Saat dikonfirmasi oleh Tribun Jabar,Kepala BPBD KBB, Duddy Prabowo membenarkan kejadian meluapnya debit air Curug Malela tersebut.

Duddy mengatakan pihaknya yang sudah berkoordinasi dengan Dinas Periwisata Bandung Barat meminta pihak pengelola tempat wisata tersebut untuk sementara ditutup.

"Tidak ada kerusakan, itu hanya sebagian, hanya ke bagian Plaza saja meluapnya, kemarin siang {(Jumat (27/12/2019)} meminta pihak pengelola untuk sementara ditutup," kata Duddy saat dikonfirmasi, Sabtu (28/12/2019).

Soal letaknya yang terlalu membahayakan bagi pengunjung, Duddy menjelaskan pembangunan Plaza di Curug Malela itu sudah sesuai DED (Detail Engineering Design) dan sudah diperhitungkan jika terjadi ada peningkatan debit air.

Baca Juga: Perubahan Iklim Benar-benar Nyata, Lihat saja Perubahan yang Terjadi pada Air Terjun Terbesar di Dunia Ini

Ia pun menghimbau kepada masyarakat jika ingin datang ke tempat wisata Curug Malela harus mematuhi perintah pihak pengelola namun hingga saat ini tempat wisata Curug itu masih ditutup.

Kadisbudpar KBB, Sri Dustirawati membenarkan juga atas kejadian meluapnya aliran sungai Curug Melalu.

Namun menurutnya, meluapnya aliran sungai tersebut tidak sampai ke bagian Plaza, melainkan ke tempat untuk selfie.

Dari data yang dihimpunnya saat kejadian, para pengunjung di lokasi itu sedang sepi jadi tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Dok. Tribun Jabar
Dok. Tribun Jabar

Baca Juga: Susul Gibran Rakabuming Raka, Bobby Nasution Mantap Maju sebagai Calon Wali Kota Medan, Inilah Sepak Terjang Sang Menantu Presiden sebelum Terjun ke Dunia Politik

"Enggak nyampe ke Plaza. Cuma sampai ke batu yang buat selfie. Sekitar jam 3 sore itu kita udah tutup. Sekarang lagi dicek lagi ke lapangan. Gak ada korban, Lagi sepi karena hujannya besar. Jadi wisatawan juga sudah pada di atas," kata Sri.

Sri mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak BPBD dan dinas terkait untuk mengecek kelokasi hulu sungai aliran tersebut.

Pihaknya khawatir akan ada sedimentasi atau pengendapan di hulu sungainya.

"Jadi memang ini harus ada kerjasama juga dengan SKPD lain, harus dilihat di hulunya, takutnya ada sedimentasi, jadi harus dilihat lagi di atas atau di hulunya," katanya.

(Syarif Pulloh Anwari/Tribun Jabar)

Artikel ini telah tayang di Tribun Jabar dengan judulBREAKING NEWS, Curug Malela Baru Saja Diresmikan Sudah Diterjang Banjir, Sementara Ditutup

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Tribun Jabar

Baca Lainnya